Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Cara Membaca Dipstick Oli Mobil yang Benar, Yuk Ketahui!
02 Januari 2023
Cara Membaca Dipstick Oli Mobil yang Benar

Saat ini cara mengecek kualitas oli mobil bisa dilakukan dengan cara yang sederhana dan cepat, tidak seperti dahulu. Pada zaman dahulu, Anda harus mengunjungi bengkel terlebih dahulu untuk mengetahui kualitas oli mobil. Dengan adanya dipstick atau alat pengukur kualitas oli mobil, hal tersebut bisa Anda lakukan secara mandiri di rumah. Lantas bagaimana cara membaca dipstick oli mobil yang benar? Untuk selengkapnya perhatikan ulasan berikut. 

Cara Membaca Kualitas Oli yang Benar Menggunakan Dipstick

Berikut beberapa cara yang perlu Anda perhatikan ketika hendak membaca kualitas oli mobil dengan menggunakan dipstick.

1. Memarkir terlebih dahulu mobil di tempat yang permukaannya rata

Sebelum Anda melakukan pemeriksaan oli menggunakan dipstick, Anda perlu memarkir mobil di tempat yang memiliki permukaan yang rata. Hal tersebut perlu dilakukan agar hasil pembacaan oli dengan dipstick akurat. 

2. Pastikan mesin dalam kondisi mati

Agar hasil pengecekan oli menggunakan dipstick mendapatkan hasil yang akurat, Anda perlu melakukan pengecekan oli ketika mesin mobil mati. Apabila kondisi mesin hidup, maka akan mempengaruhi hasil dan dapat menyebabkan kulit Anda melepuh saat memeriksa oli. 

3. Buka bagian kap mesin mobil dan cabut bagian dipstick oli

Cara membaca dipstick oli mobil selanjutnya, Anda perlu membuka bagian kap mesin mobil dan mencabut bagian dipstick oli.

Baca Juga : Cara Mengecek Oli Transmisi Mobil Matik Paling Gampang, Bisa Dilakukan Sendiri!

4. Memperhatikan bagian indikator kapasitas atau volume oli

Langkah cara membaca dipstick oli mobil berikutnya, Anda wajib memperhatikan dua titik kecil pada ujung dipstick. Kedua titik tersebut berfungsi sebagai informasi kondisi oli mobil. Salah satu titik tersebut memberikan informasi kepada Anda mengenai kapasitas maksimum oli atau jika oli sudah terisi penuh.

Sedangkan titik lainnya menunjukkan informasi mengenai kapasitas minimum oli yang seharusnya Anda isi. Anda juga harus memperhatikan beberapa tanda atau arti kode pada dipstick seperti berikut.

  • Kondisi oli berada di bawah tulisan low

Ketika kondisi oli mobil Anda berada di bawah tulisan low, maka Anda wajib mengisi oli mobil lagi. Kurangnya kapasitas oli mobil bisa saja disebabkan karena adanya kebocoran mesin.

  • Kondisi oli di atas tanda full

Apabila Anda melihat kondisi oli mobil di atas tanda full, Anda harus segera menguranginya. Kondisi tersebut dapat menyebabkan poros mesin menjadi lebih berat ketika bekerja. Alhasil performa mesin menjadi tersendat-sendat.

  • Kondisi oli berada di tengah-tengah posisi tanda full dan low

Apabila kondisi oli berada di tengah-tengah tanda full dan low, maka artinya oli mobil Anda sesuai dengan kapasitas yang dibutuhkan. 

5. Memperhatikan warna oli mobil

Selain perlu memperhatikan indikator volume oli mobil, Anda juga perlu memperhatikan kondisi warna oli mobil. Dari warna tersebut, Anda bisa mengetahui kualitas oli mesin mobil Anda.

Apabila warnanya sudah pekat, segera lakukan penggantian oli karena jika tidak dapat menyebabkan gesekan yang terlalu besar antar komponen mesin mobil.

Kondisi tersebut dapat mempercepat usia keausan komponen mesin mobil. Selain itu, juga dapat menyebabkan performa mobil menurun. Namun, jika warna oli mobil masih kuning maka kualitas oli masih bagus.

Baca Juga : Penyebab Oli Mesin Mobil Berwarna Putih Susu, Yuk Simak!

Bagaimana, sangat mudah sekali bukan? Sekarang Anda bisa mengecek kondisi oli Anda secara mandiri di rumah menggunakan dipstick.

Pastikan Anda selalu menggunakan oli mobil ternama atau oli yang berkualitas agar komponen-komponen mesin mobil Anda terawat. Kondisi mesin yang terawat dapat meningkatkan kualitas performa mesin. Selamat mencoba. 

Tips Sahabat Lainnya
Doa Bepergian Agar Selalu Dilindungi Allah SWT
Doa Bepergian Agar Selalu Dilindungi Allah SWT
Saat bepergian, biasakan untuk selalu mengawalinya dengan doa. Doa untuk memulai perjalanan adalah cara yang baik dan penting untuk memulainya dengan doa bepergian. Hal ini dikarenakan, tidak akan ada
Tips Mengenali Gejala Busi Mobil Rusak
Tips Mengenali Gejala Busi Mobil Rusak
Busi memegang peranan penting sebagai salah satu komponen suku cadang kendaraan otomotif termasuk mobil. Busi mobil yang bermasalah dapat menyebabkan mesin mobil tidak dapat bekerja secara seimbang ak
7 Rekomendasi Pembersih Kaca Mobil Terbaik
7 Rekomendasi Pembersih Kaca Mobil Terbaik
Di musim penghujan seperti ini, semua kendaraan yang beroperasi di jalanan tentu tidak luput dari yang namanya kena hujan. Hujan yang hampir mengguyur setiap hari, membuat kendaraan menjadi cepat koto
Arti Dari Kode Ukuran Ban Mobil
Arti Dari Kode Ukuran Ban Mobil
Untuk dapat memilih ban bagi kendaraan otomotif seperti mobil, hal pertama yang harus dipahami adalah spesifikasi dari ban tersebut. Spesifikasi dari ban sebenarnya dapat dipahami apabila seseorang ma

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku