Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Cara Membersihkan Kerak Oli Mesin Mobil dengan Efektif
21 November 2023
Cara Membersihkan Kerak Oli Mesin Mobil dengan Efektif

Performa yang dihasilkan mobil tergantung dari kondisi mesin yang prima. Oleh karena itu, pemilik mobil harus rutin membersihkan mesin mobil. Namun, saat membersihkannya tidak semudah yang dipikirkan. Sebab ada kerak oli mesin mobil yang menempel yang tidak bisa dibersihkan hanya mengguyur air dan sabun pembersih layaknya membersihkan bodi mobil. Lantas bagaimana cara yang efektif untuk membersihkan kerak tersebut?

Cara Efektif Membersihkan Kerak Oli Mesin

Ada beberapa cara yang perlu Anda ketahui ketika hendak membersihkan kerak oli pada mesin mobil. Adapun caranya sebagai berikut.

1. Menghindari sinar matahari

Langkah pertama, Anda perlu memindahkan mobil yang akan Anda bersihkan mesinnya dari paparan sinar matahari. Hal tersebut perlu Anda lakukan, agar panas matahari tidak mengenai komponen mobil yang terbuat dari plastik dan karet. Sebab komponen tersebut mudah memuai dan getas apabila terkena panas matahari.

2. Menyiapkan peralatan pembersihan

Langkah kedua, Anda perlu menyiapkan seluruh peralatan untuk membantu Anda ketika hendak membersihkan mesin mobil. Mulai dari kain microfiber, sikat gigi, spons, hingga pembersih khusus seperti engine conditioner. Pembersih ini berfungsi memproduksi busa yang membantu proses pembersihan kerak oli pada mesin menjadi lebih mudah. 

Selain engine conditioner, Anda perlu menggunakan engine flush untuk membersihkan kerak oli mesin yang membandel. Penggunaan engine flush ini biasanya digunakan sebelum Anda melakukan proses pembersihan mesin. Tepatnya, Anda taburkan engine flush ini ke bagian mesin sebelum mesin mobil dipanaskan. Bentuk dari engine flush sendiri mirip dengan detergen.

Cara penggunaan engine flush ini sangat mudah yakni, memasukkan pembersih ini ke lubang oli mesin yang belum diganti. Kemudian nyalakan mesin hingga 15 menit. Pastikan posisi gas stasioner dengan RPM 2000. 

3. Memanaskan mesin mobil terlebih dahulu

Langkah ketiga, Anda perlu memanaskan mesin mobil kurang lebih 15-20 menit agar noda pada mesin mobil mudah dibersihkan. 

4. Melepas bagian aki mesin

Langkah keempat, Anda perlu melepas bagian aki mobil sebelum membersihkan mesin. Hal tersebut guna menghindari korsleting listrik apabila Anda menyiram mesin dengan air. Jangan lupa bungkus komponen-komponen elektronik yang melekat pada mesin dengan bahan anti air seperti plastik, atau aluminium foil. 

5. Membersihkan bagian mesin mobil

Langkah kelima Anda tinggal membersihkan bagian mesin mobil. Adapun langkah selengkapnya sebagai berikut.

  • Semprot engine conditioner ke bagian kerak oli mesin kemudian sikat perlahan dengan sikat gigi hingga bersih. 
  • Gunakan engine degreaser apabila engine conditioner belum mampu membersihkan mesin mobil dengan baik. Semprot ruang mesin dengan engine degreaser kemudian sikat dengan sikat gigi dengan perlahan. Kemudian siram dengan air sabun, dan sikat lagi hingga bersih.
  • Jika noda dan kerak oli sudah luntur, siram lagi dengan air mengalir.
  • Kemudian keringkan ruang mesin dengan kain microfiber.

Selain pembersih khusus di atas, kerak oli pada mesin mobil juga bisa Anda bersihkan dengan air panas, bensin, alkohol, hingga minyak tanah.

6. Memasang aki kembali

Langkah keenam, Anda perlu memasang kembali bagian aki yang sudah Anda lepas. 

7. Menyalakan mesin

Langkah terakhir, apabila aki sudah terpasang dengan tepat. Anda perlu menyalakan mesin untuk mengetes kondisi mesin.

Baca Juga : Penyebab Munculnya Kerak Karbon Pada Ruang Bakar

Demikian beberapa cara yang bisa Anda lakukan ketika hendak membersihkan kerak oli pada mesin mobil. Selain cara di atas,Anda bisa meminta bantuan mekanik ahli dalam membersihkan mesin dengan mengunjungi bengkel resmi Daihatsu terdekat. 

Tips Sahabat Lainnya
Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin
Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin
Zaman terus bergulir dan perkembangan di dunia otomotif terus melaju. Beberapa dekade ke depan, perdebatan antara perbedaan mesin diesel dan mesin bensin akan dikalahkan dengan tren baru yang akan mun
Penyebab Rusaknya Power Steering Mobil
Penyebab Rusaknya Power Steering Mobil
Bagi pecinta mobil tentu tak asing dengan istilah power steering. Power steering yang notabene merupakan teknologi yang sudah diaplikasikan di mobil terbaru memiliki segudang manfaat. Ada banyak sekal
Keuntungan dan Kerugian Mesin Diesel
Keuntungan dan Kerugian Mesin Diesel
Di dunia otomotif, kita mengenal dua jenis mesin. Yang pertama adalah mesin diesel dan yang kedua adalah mesin bensin. Di Indonesia sendiri kebanyakan mobil pribadi menggunakan mesin bensin. Sangat be
Arti Dari Kode Ukuran Ban Mobil
Arti Dari Kode Ukuran Ban Mobil
Untuk dapat memilih ban bagi kendaraan otomotif seperti mobil, hal pertama yang harus dipahami adalah spesifikasi dari ban tersebut. Spesifikasi dari ban sebenarnya dapat dipahami apabila seseorang ma

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku