Logo Daihatsu
Menu

Cara Membuat Kopling Mobil Enteng dan Nyaman, Ini Rahasianya!

Otomotif

2023-01-19

Cara Membuat Kopling Mobil Enteng dan Nyaman, Ini Rahasianya!

Kopling mobil sangat berpengaruh terhadap kenyamanan berkendara terutama ketika macet. Kopling yang berat tentu akan membuat pengemudi kelelahan ketika jalanan lumpuh akibat macet. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui cara membuat kopling mobil enteng dan nyaman. Lantas bagaimana caranya dan apa saja rahasianya? Untuk selengkapnya, perhatikan ulasan berikut.

3 Cara Membuat Kopling Mobil Enteng dan Nyaman

Berikut beberapa cara yang perlu Anda ketahui untuk membuat kopling mobil Anda menjadi enteng dan nyaman ketika digunakan.

1. Mengatur setelan pedal kopling

Rahasia agar pedal kopling Anda terasa enteng dan nyaman terletak pada setelannya. Untuk penyetelan pedal kopling terbagi menjadi dua yaitu penyetelan ketinggian dan penyetelan jarak gerak bebas. Untuk selengkapnya perhatikan ulasan berikut.

Cara menyetel ketinggian pada pedal kopling

Berikut cara menyetel ketinggian pada pedal kopling yang benar.

  • Baut dan mur pada pedal kopling tentu memiliki ukuran yang berbeda-beda. Anda bisa menggunakan kunci pas ukuran 14 atau 12 untuk membuka baut dan mur tersebut.
  • Selanjutnya, Anda bisa menemukan baut penyetelan ketinggian pada pedal kopling bagian atas.
  • Selanjutnya, putar bagian mur pengunci ke arah kiri sampai kendur agar baut penyetelan pedal kopling gampang diputar.
  • Selanjutnya, Anda bisa memutar baut penyetelan tersebut ke arah kiri sehingga ketinggian dari pedal kopling bisa dinaikkan.
  • Apabila Anda merasa setelan pedal kopling terlalu tinggi, Anda bisa menurunkan ketinggian pedal tersebut dengan memutar baut penyetelan ke arah kanan.
  • Anda bisa menyesuaikan ketinggian pedal kopling dengan tinggi pedal rem. 
  • Apabila tinggi pedal kopling sudah dirasa pas, Anda bisa memutar kembali mur pengunci agar baut penyetelan bisa terpasang dengan kokoh dan kuat.

Baca Juga : Sudah Tahu Cara Kerja Kopling Mobil? Simak Penjelasannya Disini

Cara menyetel jarak gerak bebas pada pedal kopling

Untuk penyetelan jarak gerak bebas pada pedal kopling disarankan memiliki jarak 1,5-3 cm tergantung dari tipe kopling. Untuk kopling tipe hidrolik, Anda perlu mengikuti langkah-langkah berikut ketika hendak melakukan penyetelan.

  • Cari terlebih dahulu mur pengunci. Biasanya terdapat di pedal kopling bagian belakang.
  • Anda bisa menggunakan kunci pas ukuran 10 atau 8 untuk mengendurkan dan mengencangkan mur pengunci.
  • Selanjutnya putar bagian batang pendorong dari kopling hidrolik dengan tang mengikuti arah jarum jam. Hal tersebut dilakukan agar jarak gerak bebas menjadi lebih pendek.
  • Selanjutnya atur jarak gerak bebas sesuai dengan ukuran yang disarankan.
  • Langkah terakhir, Anda bisa mengencangkan mur penyetelan hingga terkunci dengan sempurna.

Sedangkan untuk menyetel kopling mekanik, Anda perlu memperhatikan beberapa langkah berikut.

  • Gunakan kunci pas ukuran 10 atau 12 untuk mengencangkan dan mengendurkan mur pengunci.
  • Anda bisa menemukan mur pengunci pada pedal kopling bagian belakang. Putar mur tersebut ke arah kanan agar jarak gerak bebas menjadi pendek. Jika Anda ingin memperpanjang jarak, Anda bisa memutarnya ke arah kiri.
  • Atur jarak sesuai standar yang dianjurkan. Bila sudah pas, Anda bisa mengencangkan mur.

2. Beri minyak kopling

Memberikan minyak kopling dapat mengurangi gesekan antar komponen. Kondisi tersebut dapat membuat kopling menjadi mudah dipindahkan dan enteng. Jangan lupa lakukan mengganti minyak kopling apabila kopling sudah mulai berat dan ganti dengan minyak kopling yang berkualitas.

3. Ganti kabel kopling dan kopling set apabila ada kerusakan

Agar kopling Anda selalu nyaman, Anda perlu mengecek bagian kabel kopling dengan rutin. Apabila ada kerusakan seperti plastik pecah, kabel kotor hingga berkarat. Anda bisa menggantinya dengan kabel yang baru. Jika Anda ingin cara yang lebih sederhana lagi, Anda bisa mengganti kopling set yang sudah mulai aus dengan kopling set yang baru.

Demikianlah pembahasan mengenai cara membuat kopling mobil enteng. Setelah membaca ulasan di atas, sekarang Anda bisa membuat kopling mobil enteng secara mandiri.

Baca Juga : Cara Mengakali Kabel Kopling Mobil Putus Agar Berfungsi Kembali


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Cara Mengganti Kampas Rem Tromol Belakang Mobil, Yuk Cek!

2023-03-13

Cara mengganti kampas rem tromol belakang mobil perlu Anda pelajari. Apalagi Anda pemilik mobil dengan keluaran tahun lama. Saat ini penggunaan rem tromol, hanya dig

thumbnail

Apa Itu Posisi Duduk Ideal 3K?

2021-11-20

Ketika berkendara, Anda harus tahu bagaimana posisi duduk yang ideal demi menunjang kenyamanan. Hal ini biasa disebut dengan posisi duduk 3K, lalu apakah sudah mengetahui tentang konsep tersebut?

thumbnail

Yuk, Ketahui Kelebihan Dan Kekurangan Radio

2020-11-23

Seiring perkembangan zaman yang semakin modern, mulai banyak bermunculan media massa yang lebih canggih. Hal ini membuat bentuk media masa klasik, misalnya radio, kian d

thumbnail

Cara Cek Pajak Banten Terbaru, Bisa Online Lho!

2024-01-31

Cek pajak Banten terbaru, ternyata sudah bisa dilakukan secara online. Jadi warga Banten bisa melakukan pengecekan pajak kendaraan kapan saja tanpa perlu mengantri d