Logo Daihatsu
Menu

Sudah Tahu Cara Kerja Kopling Mobil? Simak Penjelasannya Disini

Otomotif

2021-01-08

cara kerja kopling mobil

Bagi pemilik mobil terutama transmisi manual pastinya mengenal komponen penting bernama kopling. Menjadi penghubung antara poros engkol dengan gigi transmisi mobil, kopling memang memegang peranan yang sangat penting bagi kendaraan roda empat. Lantas bagaimana sebenarnya cara kerja kopling mobil? Berikut ulasannya.

1. Ketika Pedal Kopling Ditekan

Bisa dibilang, kopling merupakan komponen mobil yang seringkali dimanfaatkan untuk menghubungkan putaran pada dua buah poros, yaitu poros engkol (crankshaft) dan poros roda gigi transmisi (input shaft)

Selain itu, Hal ini juga bisa disebut dengan clutch, kopling sendiri memiliki fungsi guna sebagai penerus serta pemutus putaran mesin terhadap transmisi.

Sebetulnya, secara garis besar kerja kopling hanyalah memutuskan atau menyambungkan tenaga dari mesin menuju transmisi.

Dikala Anda menekan pedal kopling, maka putaran dari mesin menuju transmisi akan terputus. Sehingga tidak ada putaran mesin yang dilanjutkan menuju transmisi. Pada posisi ini, release fork menekan release bearing.

Cara kerja kopling mobil yang dilakukan disini juga berdampak pada penekanan diafragma spring, yang nantinya akan mengungkit pressure plate. Alhasil, plat kopling pun terlepas dan bebas dari putaran mesin.

Kinerja inilah yang menyebabkan tenaga dari mesin menuju transmisi menjadi terputus. Namun berkat penekanan ini, kendaraan kesayangan akan melaju.

Beda halnya dengan cara kerja kopling mekanik, yang mana dikala mesin dinyalakan dan kondisi persneling masuk tapi handle kopling tidak ditarik, secara otomatis kopling tetap akan menghubungkan putaran mesin ke poros primer.

Putaran poros ini nantinya akan diteruskan oleh gigi primer, sehingga rumah kopling dan kanvas di kendaraan Anda ikut berputar.

Saat Anda menyalakan mesin lalu perseneling masuk dan handle kopling ditarik, maka tali kopling akan menarik tuas dan mendorong tutup pegasnya. Cara kerja kopling mobil tipe mekanik selanjutnya yaitu plat dasar dapat mundur dan plat penjepit kanvas kopling secara otomatis akan meregang. Putaran mesin tersebut hanya hingga pada kanvas kopling.

Bila Anda melakukan pemindahan gigi pada kendaraan kesayangan, maka yang akan terjadi yaitu pedal persneling mendapatkan tekanan dan handle kopling akan memutar pengangkat secara otomatis.

Hal ini akan menyebabkan posisi peluru memiliki penahan bola, dan pengangkat terdorong dan mendorong kopling ke arah luar.

2. Ketika Pedal Kopling Tidak Ditekan

Keadaan seperti yang dijelaskan sebelumnya, akan berbanding terbalik jika pedal kopling tidak ditekan. Pasalnya, di kondisi ini putaran dari mesin menuju transmisi akan terhubung.

Hal ini membuat putaran mesin dalam kendaraan akan dilanjutkan langsung menuju transmisi. Di mana release fork akan kembali ke posisi semula dan tidak ada tekanan menuju diafragma spring.

Di posisi seperti ini pula, pegas pada clutch cover akan bebas dari tekanan release bearing. Hal ini yang nantinya membuat plat penekan yang berada di clutch cover menekan dan menjepit bagian clutch disc.

Cara kerja kopling mobil selanjutnya adalah saat clutch disc dijepit oleh plat penekan di clutch cover, maka tenaga dari mesin menuju transmisi akan tetap tersambung.

Bisa dibayangkan, jika terdapat sebuah kendaraan roda empat yang tidak dilengkapi dengan komponen bernama kopling. Hal yang terjadi tidak lain, kendaraan tersebut tidak akan bisa melaju. Jadi bisa disimpulkan bahwa kehadiran kopling bagi mobil, baik itu mekanik maupun otomatis, keduanya memegang peranan yang penting.

Baca Juga: Cara Menghasilkan Setelan Kopling Mobil yang Benar


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

5 Tips Menghindari Kerusakan Body Mobil, Karat dan Jamur Tidak akan Mampir!

2021-06-09

Kerusakan body mobil adalah hal yang sangat dihindari oleh pemilik kendaraan. Hal ini dikarenakan perawatannya pasti memakan biaya yang tidak sedikit. Maka dari itu, tip

thumbnail

8 Cara Mengganti Ban Mobil Sendiri Dengan Benar

2021-08-08

Ketika ban mobil bocor atau kempes di tengah jalan dan mengharuskan pergantian ban. Sementara, tidak ada orang yang bisa membantu. Mau tidak mau Anda harus bisa menggant

thumbnail

Fungsi Tatakan Plat Nomor Mobil dan Tips Memilihnya

2023-07-04

Tatakan plat nomor mobil saat ini sudah banyak dijual baik secara offline ataupun online. Aksesoris yang satu ini banyak diminati masyarakat karena mampu menghilangk

thumbnail

Rangkaian Lampu Hazard Mobil, Fungsi dan Komponennya!

2024-02-23

Rangkaian lampu hazard mobil merupakan hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum membeli mobil. Sebab pada rangkaiannya terdapat beragam komponen yang berfungsi untu