Logo Daihatsu
Menu

Cara Menambah Headrest Jok Mobil Agar Lebih Nyaman Berkendara

Otomotif

2023-10-03

Cara Menambah Headrest Jok Mobil Agar Lebih Nyaman Berkendara

Memahami bagaimana cara menambah headrest jok mobil yang benar dapat meningkatkan kenyamanan berkendara. Meski setiap mobil sudah disematkan headrest, tetapi tidak semua headrest nyaman ketika menyangga leher pengemudi. Akibatnya, pengemudi menjadi tegang ketika berkendara sehingga mengganggu konsentrasi pengemudi ketika berkendara. Tidak usah lama-lama, langsung saja ketahui cara selengkapnya seperti berikut.

Cara Menambah Headrest Jok Mobil yang Tepat

Ada beberapa langkah yang perlu Anda perhatikan ketika hendak menambah headrest jok mobil untuk meningkatkan kenyamanan berkendara. Berikut cara selengkapnya.

1. Lepas headrest jok baris kedua

Langkah pertama, Anda lepas terlebih dahulu headrest jok baris kedua. Kemudian geser jok baris tersebut ke arah depan hingga sampai batas maksimal. 

2. Atur posisi jok baris kedua

Selanjutnya, Anda perlu mengatur posisi jok baris kedua agar mudah direbahkan nantinya. Pastikan posisi jok baris kedua sama rata dengan alas jok baris ketiga. Hal serupa ini juga bisa Anda lakukan jika Anda ingin menduduki jok baris kedua. Anda hanya perlu memajukan jok baris pertama, kemudian lepas headrest. Selanjutnya, Anda tinggal rebahkan jok baris pertama hingga sandarannya sama rata dengan alas jok baris kedua.

Baca Juga : 6 Rekomendasi Sarung Jok Mobil Terbaik Serta Harganya

Bahaya Berkendara Tanpa Menggunakan Headrest

Setelah Anda, mengetahui cara menambah headrest, selanjutnya Anda perlu mengetahui bahaya berkendara tanpa menggunakan piranti tersebut. Berikut bahaya selengkapnya.

1. Berpotensi menyebabkan cedera leher

Seperti yang Anda ketahui, headrest diciptakan oleh pabrikan mobil untuk menyangga leher pengemudi ketika berkendara agar terhindar dari benturan. Apabila piranti ini tidak Anda gunakan, maka dipastikan risiko cedera leher hingga patah leher sangat besar ketika terjadi kecelakaan. Selain cedera leher, potensi cedera lain seperti, cedera pada tubuh bagian belakang atau cedera wajah juga bisa terjadi.

2. Saraf otot leher tegang

Berkendara tanpa headrest, dapat membuat saraf otot leher menjadi tegang. Apabila hal tersebut diabaikan, maka dapat menyebabkan kelelahan ketika berkendara. Akibatnya konsentrasi dan kenyamanan berkendara menjadi berkurang.

3. Melanggar aturan berkendara yang berlaku

Apabila Anda tidak menggunakan headrest ketika berkendara, sama saja Anda telah melanggar standar keamanan berkendara. Anda bisa dijerat dengan masalah hukum apabila terjadi kecelakaan. 

Keunggulan Menggunakan Headrest Mobil Daihatsu

Besarnya peranan headrest terhadap keamanan dan kenyamanan berkendara, membuat Daihatsu menyematkan headrest terbaik pada mobil-mobil keluaran terbaru yang dipasarkan. Saat ini Daihatsu telah menyematkan headrest berbasis DNGA (Daihatsu New Global Architecture). Dimana headrest dari mobil keluaran terbaru Daihatsu, sudah dilengkapi dengan fitur mode sofa. Adapun keunggulan yang bisa Anda dapatkan sebagai berikut.

1. Meningkatkan kenyamanan berkendara

Mode sofa pada headrest mobil Daihatsu, dapat membuat perjalanan jauh Anda semakin nyaman karena Anda bisa beristirahat dengan baik. Bahan sofa yang digunakan Daihatsu merupakan bahan sofa berkualitas tinggi sehingga sangat empuk. Selain itu, jarak sumbu roda mendukung sehingga memaksimalkan kenyamanan berkendara.

2. Meningkatkan keamanan berkendara

Pada mode sofa headrest, Daihatsu juga mengadopsi ISOFIX agar keamanan anak-anak ataupun balita pengguna car seat selalu terjaga.

3. Pengoperasiannya mudah

Penggunaan fitur headrest dan model sofa juga terbilang sangat mudah. Anda cukup menekan satu tombol saja, maka fitur ini sudah dapat Anda operasikan.

4. Tidak mengurangi kapasitas bagasi

Keunggulan lainnya, tidak mengurangi kapasitas bagasi mobil ketika fitur mode sofa ini digunakan. Sangat cocok sekali digunakan untuk keperluan road trip atau mudik lebaran.

Demikian ulasan mengenai cara menambah headrest jok mobil yang baik dan benar. Selain menggunakan headrest, sebaiknya Anda juga perhatikan kondisi mobil apakah sudah prima atau belum. Agar mobil selalu prima, pastikan Anda rutin servis ke bengkel Daihatsu


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Mesin Mobil Bunyi Klotok-Klotok, Ternyata Ini Penyebabnya!

2021-01-04

Mesin mobil bunyi klotok-klotok merupakan satu pertanda kalau ada yang nggak beres pada mesin dan gejala ini tidak bisa dianggap sepele. Kondisi ini sering kali bikin pe

thumbnail

Tips Aman Saat Rem Mobil Mendadak Blong

2022-06-29

Salah satu masalah yang fatal pada mobil yakni mengalami rem mendadak blong. Lebih sialnya lagi, hal ini bisa terjadi kapan saja dan dimana saja, bahkan ketika Anda bera

thumbnail

Dampak Negatif Oli Gardan Mobil Tidak Pernah Diganti

2022-01-30

Di dalam mesin mobil, terdapat berbagai macam komponen. Yang mana ada beberapa komponen yang sangat penting untuk diganti secara berkala. Oli gardan termasuk di dalamnya, Tapi bagaimana jika oli ga

thumbnail

Biaya Cabut Berkas Mobil, Syarat dan Prosedur Terbaru

2022-08-31

Proses cabut berkas atau mutasi mobil, biasanya berkaitan denga