Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Cara Mengatasi Selang Radiator Mobil Bocor, Ini Penyebabnya!
28 Agustus 2023
Cara Mengatasi Selang Radiator Mobil Bocor, Ini Penyebabnya!

Mengetahui penyebab dan cara mengatasi selang radiator mobil bocor merupakan hal yang diperlukan. Selang radiator yang bocor tersebut dapat memicu risiko overheat sehingga dapat menyebabkan berbagai komponen mobil rusak serta konsumsi bahan bakar boros. Agar permasalahan tersebut dapat Anda hindari, yuk perhatikan ulasan berikut.

Penyebab Selang Radiator Mobil Bocor 

Kebocoran pada selang radiator mobil dapat disebabkan oleh beberapa faktor berikut ini.

1. Selang radiator berkerut dan tertekuk

Kebocoran selang radiator mobil biasanya kerap terjadi akibat selang radiator tersebut berkerut atau tertekuk. Kondisi inilah yang menyebabkan selang radiator menjadi retak. Jika kondisi tersebut dibiarkan begitu saja dalam jangka waktu yang cukup panjang, maka retakan akan semakin melebar. Kondisi inilah yang memicu selang radiator mobil menjadi bocor. 

2. Selang atau konektor kurang rapat dan rusak

Penyebab selanjutnya, bisa disebabkan karena selang atau konektor kurang rapat dan rusak. Kurang rapat dan rusaknya konektor bisa ditandai dengan adanya tetesan cairan pendingin di sekitar area klem, serta konektor. 

3. ECD (Electrochemical Degradation) atau Degradasi Elektrokimia

Kebocoran selang radiator mobil juga dapat disebabkan oleh peristiwa degradasi elektrokimia. Peristiwa ini dapat terjadi karena di dalam sistem pendingin terdapat berbagai jenis logam. Ketika muatan yang dialirkan oleh sistem pendingin tidak sesuai dengan area yang dituju maka muncul muatan listrik yang dapat memicu keretakan pada selang radiator mobil.

Baca Juga : Kenali Bahaya dan Pencegahan Radiator Mobil Bocor

Cara Mengatasi Selang Radiator Mobil yang Bocor

Ketika selang radiator mobil Anda bocor, Anda tidak perlu panik. Anda cukup melakukan beberapa cara berikut.

1. Periksa secara rutin selang radiator mobil

Memeriksa secara rutin selang radiator mobil, dapat meminimalisir risiko kebocoran selang radiator. Sebab, Anda bisa mengecek kondisi selang radiator mobil Anda apakah tertekuk atau sudah berkerut. Dengan begitu, Anda bisa menentukan langkah perbaikan yang tepat, misalnya dengan meluruskan posisi selang radiator ataupun melakukan penggantian selang radiator yang sudah berkerut.

2. Mengencangkan klem selang radiator mobil yang kurang rapat atau bocor

Apabila kebocoran selang radiator mobil disebabkan oleh kondisi klem yang kendur atau tidak rapat. Anda bisa mengencangkan klem tersebut. Namun, apabila klem sudah rusak dan tidak dapat dikencangkan. Anda bisa melakukan penggantian klem dengan yang baru. Pastikan Anda membeli klem yang serbaguna sehingga dapat disesuaikan dengan kondisi sistem mobil saat dingin ataupun panas.

3. Melapisi rumah thermostat dengan threebond dan silicon red

Cara mengatasi selanjutnya, Anda bisa melapisi rumah thermostat dengan threebond dan silicon red. Lapisi juga saluran air yang terhubung ke bagian radiator hingga ke saluran air yang terhubung ke mesin. 

4. Lakukan penggantian selang radiator yang retak atau rusak

Cara selanjutnya, Anda bisa melakukan penggantian selang radiator yang retak atau rusak agar tidak menimbulkan kerusakan di komponen mobil lainnya. 

5. Kunjungi bengkel resmi dan profesional

Cara terakhir, Anda bisa mengunjungi bengkel resmi dan profesional seperti bengkel Daihatsu. Cara ini bisa Anda lakukan, jika Anda merasa kurang ahli mengatasi permasalahan mobil secara mandiri. Dengan membawa mobil Anda ke bengkel Daihatsu, Anda bisa melakukan penggantian selang radiator mobil yang bocor dengan bantuan mekanik yang kompeten. Selain itu, suku cadang yang digunakan merupakan suku cadang asli dan berkualitas tinggi. Dengan begitu, usia keausan selang radiator mobil Anda lebih lama. 

Demikian beberapa penyebab dan cara mengatasi kebocoran selang radiator mobil yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat. 

Tips Sahabat Lainnya
Doa Bepergian Agar Selalu Dilindungi Allah SWT
Doa Bepergian Agar Selalu Dilindungi Allah SWT
Saat bepergian, biasakan untuk selalu mengawalinya dengan doa. Doa untuk memulai perjalanan adalah cara yang baik dan penting untuk memulainya dengan doa bepergian. Hal ini dikarenakan, tidak akan ada
Awali Dengan Membaca Doa Perjalanan, Ini Manfaat dan Sunnah Bepergian
Awali Dengan Membaca Doa Perjalanan, Ini Manfaat dan Sunnah Bepergian
Seberapa sering Sahabat bepergian dalam setahun? Apakah kamu tergolong individu yang sering melakukan perjalanan atau yang paling sering diam di rumah? Tahukah kamu, melakukan perjalanan atau
Di Tengah Isu Virus Corona, Daihatsu Tetap Luncurkan Ayla dan Sirion Terbaru
Di Tengah Isu Virus Corona, Daihatsu Tetap Luncurkan Ayla dan Sirion Terbaru
Tidak ada yang pernah mengira sebelumnya bahwa virus Corona ini akan berdampak pada banyak hal di dunia. Termasuk di Indonesia sendiri pada saat awal isu virus Corona di Wuhan, masyarakat Indonesia ma
Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin
Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin
Zaman terus bergulir dan perkembangan di dunia otomotif terus melaju. Beberapa dekade ke depan, perdebatan antara perbedaan mesin diesel dan mesin bensin akan dikalahkan dengan tren baru yang akan mun

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku