Logo Daihatsu
Menu

Cara Mengecek Dinamo Starter yang Bermasalah

Otomotif

2021-01-12

cara mengecek dinamo starter mobil

Dinamo merupakan komponen dalam mobil yang perlu dirawat secara berkala. Pasalnya, jika bagian krusial ini rusak maka dapat berpotensi menyebabkan mobil susah distarter. Oleh sebab itu, Anda perlu lakukan perawatan mobil dengan mengecek komponen dalam dinamo. Untuk cara mengecek dinamo starter mobil, berikut penjelasannya.

1. Soket Otomatis 

Cara pertama yang perlu dilakukan untuk memperbaiki dinamo starter, adalah memeriksa soket otomatis dalam dinamo starter

Mula mula, periksa kabel kecil yang menghubungkan soket dan dinamo starter terlebih dahulu. Jika kabel kecil dalam kondisi terputus, segera perbaiki. Jika kondisi kabel masih bagus, lanjutkan pemeriksaan ke bagian sekring.

Untuk mengetahui apakah bagian relay atau sekering mengalami kerusakan, nyalakan mobil. Kemudian, jika Anda mendengar bunyi klek maka kemungkinan hal inilah yang menjadi penyebab mobil susah distarter. Namun jika Anda tidak menemui adanya masalah pada soket otomatis, sebaiknya bawa mobil ke bengkel untuk mendeteksi kerusakan.

2. Klem Aktif

Tak bisa dipungkiri, mobil yang susah distarter selalu dihubungkan dengan aki yang soak. Namun sebelum memutuskan membeli aki mobil baru, masih ada cara mengecek dinamo starter mobil yang bisa diterapkan. Bisa jadi, baut pada klem aki tidak menempel dengan sempurna alias longgar. 

Sebagai langkah awal, buka dahulu kap mesin dan cari tahu keberadaan penyimpanan aki. Kemudian, Anda perlu memeriksa apakah klem kabel aki yang ada pada terminal positif atau negatif lepas. Apabila bagian tersebut longgar, maka cobalah untuk menjumper aki. Coba dorong mobil ke depan agar aki mobil terpasok dan bekerja secara maksimal.

3. Kabel Aki

Kerusakan dinamo starter pada kendaraan roda empat juga dapat diakibatkan oleh kondisi kabel aki yang rusak. Akibatnya, indikator aki pada dashboard akan mati dan mobil tak bisa distarter. 

Untuk menangani hal tersebut, lakukan pemeriksaan rutin dengan memeriksa apakah kabel longgar atau terputus.

Namun jika Anda tak menemukan adanya kerusakan pada bagian kabel, maka kemungkinan besar ada cara mengecek dinamo starter mobil melalui diagnosis bengkel. 

Mau tidak mau, Anda harus membawanya ke bengkel untuk pemeriksaan secara mendetail. Jika Anda tidak segera membawa mobil ke tempat servis, dikhawatirkan mobil akan mengalami turun mesin.

Baca Juga: Langkah Lengkap Terkait Cara Memperbaiki Aki Kering

4. Jumper Aki Mobil

Bagi Anda yang paham dunia otomotif, tentu tahu bahwa kinerja dinamo starter tergantung pada kondisi aki. Jadi, ketika kondisi aki lemah dan soak maka aki tersebut tidak akan kuat untuk menyalurkan daya listrik ke dinamo starter. Inilah yang menjadi akibat mobil tak bisa di starter.

Cobalah untuk jumper aki mobil dengan menggunakan aki lainnya. Umumnya, mobil akan langsung menyala ketika mendapatkan jumper dari aki lain. Namun jika hal tersebut masih juga belum berhasil, mau tidak mau Anda harus membawanya ke bengkel. 

Biasanya, pihak bengkel akan melakukan pergantian aki mobil yang baru sebagai cara mengecek dinamo starter mobil.

Komponen dinamo starter yang rusak memang harus segera diperbaiki. Tujuannya adalah agar kerusakan tersebut tidak menjalar ke bagian lainnya. Jika dinamo starter mengalami kerusakan total, secara otomatis mobil tidak bisa nyala. Untuk itu, selalu lakukan pengecekan berkala, terutama pada komponennya. 

Baca Juga: Penyebab Kelistrikan Mobil Mati Total Beserta Solusinya


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Cara Merawat Mobil Saat Musim Hujan Tiba

2020-11-17

Merawat mobil saat musim hujan adalah keharusan. Melakukan hal tersebut sama dengan menyelamatkan mobil Sahabat dari kerusakan jangka panjang. Ada sejumlah cara yang bisa Sahabat lakukan saat henda

thumbnail

Tips Berkendara di Jalan Berkabut Agar Aman dan Selamat

2021-01-06

Tips berkendara di jalan berkabut adalah hal yang perlu diketahui, jika nanti terpaksa melewati jalan berkabut. Mengetahui hal itu bikin kita lebih siap saat melewati ja

thumbnail

Cara Mematikan Wiper Mobil dan Simbol yang Dimilikinya

2022-07-22

Wiper memiliki fungsi untuk membersihkan kaca mobil di bagian depan serta belakang. Meskipun tidak semua mobil memiliki komponen ini. Pembersihan dengan menggunakan wiper dapat menghilangkan minyak

thumbnail

Dampak Negatif Oli Gardan Mobil Tidak Pernah Diganti

2022-01-30

Di dalam mesin mobil, terdapat berbagai macam komponen. Yang mana ada beberapa komponen yang sangat penting untuk diganti secara berkala. Oli gardan termasuk di dalamnya, Tapi bagaimana jika oli ga