Logo Daihatsu
Menu

Cara Mengurus Surat Tilang Biru dan Biayanya 2022

Tips & Trick

2022-09-26

Cara Mengurus Surat Tilang Biru dan Biayanya 2022

Apakah Anda pernah melanggar peraturan lalu lintas dan dikenakan sanksi tilang? Bila pernah, apakah Anda dapat surat tilang warna merah atau biru? Jika Anda mendapatkan surat tilang warna biru. Apakah Anda memahami apa arti dari surat tilang tersebut? 

Jika belum, perhatikan ulasan berikut tentang cara mengurus surat tilang biru 2022.

Apa Arti Surat Tilang Warna biru?

Meski banyak masyarakat Indonesia yang melanggar peraturan lalu lintas, namun tidak semua masyarakat yang kena tilang mengetahui apa maksud dari surat tilang berwarna biru dan merah. 

Surat tilang warna biru adalah bentuk peringatan aparat kepolisian (berbentuk surat) terhadap pelaku pelanggaran lalu lintas yang mengakui kelalaiannya ketika sedang tertangkap razia pelanggaran mobil. Pelanggaran yang sering terjadi adalah lupa memasang sabuk pengaman mobil. 

Apakah surat tilang biru harus ikut sidang? Tidak perlu, jika Anda segera mengakui kesalahan Anda, Anda diberi surat tilang elektronik dan Anda dapat langsung membayar denda melalui e-Tilang.

Sedangkan, surat tilang merah ditujukan kepada pelanggar lalu lintas yang melawan aparat kepolisian meski sudah menyadari kalau dirinya salah.

Baca Juga : Mekanisme Sistem E-tilang

Cara Mengurus Surat Tilang Biru (Terbaru Tahun 2022)

Jika Anda menerima surat tilang, Anda tidak perlu panik. Karena cara mengurus surat tilang ini, proses pembayaran dan pengurusannya terbilang cukup mudah. Tidak seperti surat tilang merah  yang mengharuskan Anda mengikuti sidang tilang untuk mengetahui besaran denda yang harus Anda bayarkan. 

Berikut cara mengurus surat tilang biru 2022 :

1. Cek Terlebih Dahulu Kode Pembayaran Surat Tilang

Ketika Anda terkena tilang dengan surat warna biru, berarti Anda harus melakukan pembayaran biaya denda pelanggaran melalui sistem e-Tilang. Ketika Anda sudah mendapatkan surat tilang, maka Anda menerima kode pembayaran besaran denda. 

2. Lakukan Pembayaran Denda

Setelah Anda mendapatkan kode pembayaran, segera bayar e-Tilang melalui ATM atau bisa juga lewat internet banking (biasanya menggunakan Bank BRI).

3. Simpan Bukti Pembayaran Denda

Setelah proses pembayaran berhasil, maka Anda akan mendapatkan bukti lunas pembayaran denda. Simpan bukti pembayaran denda tersebut, bawa bukti tersebut ketika Anda akan mengambil STNK atau SIM yang disita polisi satlantas. 

Sangat mudah sekali, bukan? Setelah Anda mengetahui cara membayarnya, selanjutnya Anda juga perlu mengetahui kisaran biaya denda tilang  pelanggaran lalu lintas.

Baca Juga : Segini Besaran Denda Tilang Tidak Punya SIM

Berapa Biaya Surat Tilang Warna Biru?

Banyak yang bertanya-tanya, untuk surat tilang warna biru bayar berapa biaya terbaru 2022?  Untuk informasi selengkapnya, simak dibawah ini :

1. Tidak Memiliki SIM

Sesuai pasal 281 UU No. 22 Th. 2009 LLAJ, maka pengendara yang tidak memiliki SIM dikenakan denda tilang paling banyak sebesar Rp. 1.000.000 atau di denda pidana kurungan selama 4 bulan (paling lama).

2. Memiliki SIM tetapi lupa dibawa atau ditunjukkan kepada polisi satlantas

Di denda dengan kisaran biaya maksimal Rp. 250.000 atau denda pidana kurungan selama 1 bulan sesuai dengan bunyi pasal 288 ayat 2.

3. Tidak memasang plat nomor kendaraan

Sesuai pasal 280, maka dikenakan denda maksimal Rp. 500.000 atau dikurung selama 2 bulan.

Baca Juga : Berapa Denda Jika Tidak Pakai Sabuk Pengaman Mobil?

4. Lupa pasang spion mobil, bumper, lupa menggunakan lampu mundur, lampu utama, lampu rem, klakson, penghapus kaca.

Pelanggar akan dikenakan denda maksimal sebesar Rp. 500.000 atau dikurung 1 bulan (paling lama) sesuai dengan bunyi pasal 285 ayat 2.

5. Perlengkapan kurang lengkap (tidak adanya ban cadangan, dongkrak, segitiga pengaman, peralatan P3K, dan pembuka roda)

Sesuai dengan pasal 278, maka pelanggar akan didenda maksimal sebesar Rp. 250.000 atau dikurung selama 1 bulan (paling lama). Dan masih banyak lagi. 

Untuk informasi biaya denda yang lengkap, Anda bisa mencarinya di internet sesuai aturan undang-undang yang telah ditetapkan. Semoga ulasan tentang cara mudah mengurus surat tilang biru beserta info biayanya di atas dapat menambah wawasan Anda. 


Tag

Tips & Trick

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Trik Sederhana Menjaga Karet Wiper Agar Elastis dan Tahan Lama

2020-11-24

Kala musim hujan datang, karet wiper yang ada di kaca mobil wajib menunjukan performanya dengan baik. Sebab karet khusus yang bentuknya fleksibel ini harus mampu menjaga

thumbnail

Kartu Prakerja : Manfaat, Cara Mendaftar dan Keuntungannya

2020-11-04

Sejak masa pandemi, Kartu Prakerja menjadi salah satu topik yang sering dibahas media. Pro kontra tentang Kartu Prakerja ini muncul di berbagai kalangan. Sebagai salah satu bentuk dukungan bantuan

thumbnail

Tips Jitu Mengatasi Insomnia

2021-05-31

Pada era modern seperti sekarang Insomnia menjadi sebuah yang menakutkan bagi mereka yang sering mengalaminya, dimulai dengan Sahabat akan terjaga (begadang) terus sampa

thumbnail

Pengertian dan Proses Manajemen Waktu Proyek untuk Manajer

2020-11-21

Sebagai individu, setiap orang sebaiknya mampu melakukan manajemen waktu antara urusan personal dan profesional. Namun, manajemen waktu juga diperlukan dalam strategi proyek. Proyek yang dimaksud t