Logo Daihatsu
Menu

Berapa Denda Jika Tidak Pakai Sabuk Pengaman Mobil?

Otomotif

2022-08-08

Berapa Denda tilang Jika Tidak Pakai Sabuk Pengaman Mobil?

Pengemudi kendaraan roda 4 atau lebih wajib menggunakan sabuk pengaman. Jika tidak mereka akan mendapatkan sanksi dan denda tidak pakai sabuk pengaman mobil.

Sudah umum jika banyak yang menyepelekan hal ini. Tidak menggunakan sabuk pengaman merupakan pelanggaran lalu lintas yang sering dilanggar oleh pengemudi dan penumpang mobil.

Hal ini sering dianggap sepele padahal sangat sekali membahayakan keselamatan dan mengancam jiwa.

Selain itu, Anda bisa kena denda tidak pakai sabuk pengaman mobil. Simak informasi dibawah ini untuk mengetahui besaran denda tilang sabuk pengaman terbaru 2022.

Besaran Denda Tilang Sabuk Pengaman 2022 

Pada postingan sebelumnya, kita sudah membahas besaran denda tilang tidak punya SIM. Tentu saja, hal ini juga berlaku jika Anda tidak mengenakan sabuk pengaman mobil.

Sabuk pengaman merupakan salah satu fitur keselamatan yang terpasang di mobil bukan hanya untuk aksesori semata.

Denda tilang sabuk pengaman mobil dan aturannya sudah termuat dalam pasal 289 pada Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 yang berbunyi :

Kewajiban penggunaan sabuk pengaman merupakan kewajiban bagi setiap pengemudi dan penumpang depan mobil sesuai aturan perundang-undangan lalu lintas dan angkutan jalan. 

Bagi pelanggar aturan tidak memakai sabuk pengaman akan dikenakan denda berupa kurungan penjara maksimal satu bulan atau didenda dengan besaran denda Rp250.000.

Aturan Undang-Undang diatas harus diterapkan pada saat kAnda mengemudi atau menjadi penumpang kendaraan mobil. Jika tidak, Anda akan dikenakan denda tilang elektronik (E-Tilang) sesuai besaran denda dan hukuman diatas.

Fungsi Sabuk Pengaman

Lantas  mengapa penggunaan sabuk pengaman penting saat berkendara, berikut fungsi beberapa fungsi sabuk pengaman:

1. Melindungi Bagian Terpenting dari Badan

Pada saat mobil berhenti mendadak, bisanya tubuh akan ikut terdorong ke depan sehingga kemungkinan kepala atau wajah bisa saja terbentur benda di depannya.

Sementara kepala merupakan bagian vital apabila mengalami benturan yang cukup keras dapat berisiko mengganggu kerja sistem saraf, hingga menyebabkan kematian. 

2. Menahan Penumpang Tetap berada di Tempat Duduk

Sabuk pengaman selain melindungi bagian terpenting tubuh dari benturan, juga berfungsi memberikan kenyamanan pada penumpang ataupun pengemudi pada saat mengendarai mobil.

Penggunaan sabuk pengaman yang tepat mampu memberikan tahanan kepada penumpang agar tetap berada di posisi kursi yang didudukinya pada saat terjadi insiden kecelakaan sehingga mengurangi dampak tubuh terpental jauh dari mobil.

Baca Juga : Cara Hitung Denda Pajak Kendaraan Bermotor

Cara Memakai Sabuk Pengaman Mobil yang Tepat

Selain mengetahui fungsi sabuk pengaman, pengetahuan tentang cara memakai sabuk pengaman yang tepat juga perlu diperhatikan. Berikut cara menggunakannya.

1. Pastikan Sabuk Bagian Atas Terpasang Dengan Benar

Pada dasarnya hampir semua produsen mobil mendesain sabuk pengaman sesuai dan pas digunakan pada pundak bagian atas para pengguna mobil.

Tetapi masih banyak orang yang beralasan tidak nyaman saat menggunakan sabuk pengaman dalam posisi tersebut, dan hanya mengaitkan sabuk pengaman di belakang punggung.

Padahal tali sabuk pengaman ini berfungsi melindungi diri sehingga memberikan hasil keselamatan yang maksimal. Pastikan sabuk bagian atas terpasang di atas pundak dengan benar. 

2. Pastikan Tali Sabuk Pengaman Bagian Bawah

Agar  tubuh tidak terpental dan terlempar pada saat kecelakaan terjadi, sebaiknya tali sabuk pengaman bagian bawah berada di atas pinggang Anda.

3. Pastikan Posisi Duduk Tegak

Pastikan Anda duduk dengan posisi tegak dan hindari menurunkan sandaran secara berlebihan karena dapat menahan perut dan menyebabkan cedera apabila terjadi kecelakaan.

Baca Juga : Cara Mudah Melepas Sabuk Pengaman Mobil Yang Benar

4. Pastikan Sabuk Pengaman Terpasang Dengan Baik

Untuk menghindari tali sabuk terpelintir saat menggunakan sabuk pengaman, pastikan sabuk pengaman Anda menempel dengan baik di dada bagian atas dan paha.

5. Pastikan Terkunci Dengan Benar dan Coba Tarik Kembali

Pasang sabuk pengaman ke slot kunci hingga berbunyi klik, jika sudah terpasang Anda dapat menarik sabuk untuk memastikan keamanan. Apabila sabuk tidak terlepas dari slot kunci berarti sabuk pengaman sudah benar-benar terkunci dan aman. 

Begitulah informasi mengenai besaran denda tilang jika tidak mengenakan sabuk pengaman mobil dan beberapa cara mengenakan sabuk pengaman yang tepat.

Selain itu, penggunaan sabuk pengaman juga dapat mengurangi resiko kecelakaan parah.

Selain sabuk pengaman, banyak pula bagian mobil lainnya yang perlu Anda perhatikan agar perjalanan Anda selalu aman.

Lakukan service secara berkala mobil Anda di bengkel Daihatsu terdekat untuk menemukan berbagai kendala pada mobil Anda untuk segera diatasi sebelum semakin parah dan berisiko saat perjalanan.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Cara Mengurangi Emisi Gas Buang

2021-03-01

Emisi gas buang adalah sisa hasil pembakaran bahan bakar kendaraan bermotor yang dikeluarkan melalui sistem pembuangan mesin.

thumbnail

Begini Cara Membuat Daihatsu Taruna Irit Bahan Bakar

2021-03-20

Walaupun punya banyak kelebihan, Daihatsu Taruna punya satu kekurangan yang mesti diantisipasi. Penggunaan bahan bakarnya yang kurang irit adalah kekurangan tersebut.

thumbnail

Tips Mengendarai Mobil Agar Penumpang Tidak Mual Selama di Perjalanan

2021-08-31

Tidak semua orang yang berkendara dengan mobil menikmati perjalanannya. Ini sangat mungkin terjadi, terlebih bagi penumpang yang memang mudah untuk mual dalam perjalanan

thumbnail

Cara Mengatasi Body Kulit Jeruk yang Mulai Kusam

2022-04-28

Siapa yang tidak ingin memiliki kendaraan yang tampil cantik dan menarik? Sudah pasti semua orang menginginkan hal tersebut, khususnya bagi pecinta otomotif. Pada kendar