Logo Daihatsu
Menu

Cara Mudah Melepas Sabuk Pengaman Mobil Yang Benar

Otomotif

2022-08-01

Cara Melepas dan memasang Sabuk Pengaman Mobil

Meskipun terbilang mudah cara melepas dan memasang sabuk pengaman mobil, namun masih banyak orang yang mengabaikannya. Sabuk pengaman diciptakan untuk keamanan pengemudi dan penumpang  mobil apabila terjadi kecelakaan agar mengurangi korban jiwa yang terluka parah.

Cara memakai sabuk pengaman bisa dikatakan tidak sulit. Berikut cara mudah lepas dan pasang sabuk pengaman mobil yang yang harus Anda ketahui.

Cara Memasang Sabuk Pengaman Mobil yang Benar

Sebelum membahas cara mudah melepas sabuk pengaman mobil lebih dalam, sebaiknya Anda mengetahui cara memasang sabuk pengaman.

Penggunaan sabuk pengaman bukan sekedar untuk taat terhadap hukum dan aturan lalu lintas saja, tetapi menggunakannya secara tepat dapat meningkatkan tingkat keamanan ketika berkendara.

Beberapa cara memasang sabuk pengaman yang benar berikut bisa Anda terapkan saat mengemudi :

1. Memakai Sabuk Pengaman Tipe Tiga Titik

Tipe sabuk pengaman tiga titik pada masa sekarang bisa sudah menjadi tren. Banyak produsen mobil yang menggunakan tipe model ini untuk kelengkapan keamanan mobil yang dipasarkan. 

Cara menggunakan jenis sabuk pengaman ini bisa dibilang sederhana dan mudah. Pertama tarik sabuk yang melekat pada holder. Kemudian tarik sabuk bagian bahu hingga ke pinggang.

Jika sabuk pengaman tidak bisa ditarik, kemungkinan sabuk terpelintir. Pastikan sabuk tidak terpelintir, dan pastikan sabuk bagian bawah terpasang tepat melintasi pinggang Anda. Pastikan untuk selalu duduk dalam posisi tegak saat mengemudi.

2. Memakai Sabuk Pengaman Tipe Dua Titik

Sabuk pengaman tipe dua titik tentu tidak asing bagi Anda yang sering bepergian menggunakan pesawat. Cara menggunakannya juga terbilang mudah untuk dilakukan.

Pertama, Anda hanya perlu menarik sabuk pengaman dan pastikan terpasang dengan baik pada pinggul dengan posisi sejajar.

Pastikan juga sabuk pengaman yang Anda pasang tidak terpelintir. Setelah itu coba tarik sabuk pengaman dengan pelan, jika sabuk sudah terpasang dan tidak lepas berarti sabuk pengaman sudah terpasang dengan aman.

Baca Juga : Cara Mengenakan Sabuk Pengaman Mobil Yang Dengan Benar

Cara Melepas Sabuk Pengaman Mobil

Setelah mengetahui cara memasang dengan benar, berikut cara melepas sabuk pengaman mobil dengan benar. Meski terlihat sederhana, melepas sabuk pengaman ternyata tidak semudah yang dipikirkan.

Berikut langkah-langkahnya :

  1. Jika Anda asal menarik maka sabuk pengaman akan cepat mengalami kerusakan. Cara yang benar adalah dengan menekan tombol pengunci pada sabuk pengaman maka otomatis akan terlepas.
  2. Apabila Anda sudah beberapa kali menekan tombol pengunci tetapi sulit terlepas, hindari menarik sabuk pengaman secara paksa. Geser sabuk pengaman bagian bawah  hingga masuk ke tombol merah atau tombol pengunci sabuk, lalu tekan tombol pengunci sekali lagi.
  3. Bila Anda mengalami hal ini bisa jadi karena sabuk pengaman kotor dan tersangkut. Jenis sabuk pengaman dua titik ini juga bisa Anda temui pada transportasi umum lainnya seperti pesawat.
  4. Jika Anda sudah melakukan cara melepas sabuk pengaman sesuai prosedur tetapi masih sulit untuk melepasnya, Anda dapat membersihkan sabuk pengaman dengan cairan pembersih karpet atau kain untuk membuatnya lebih mulus.
  5. Agar sabuk pengaman tetap berfungsi dengan baik, sebaiknya Anda selalu mengecek bagian ini untuk mengurangi risiko sabuk pengaman macet.
  6. Apabila diketahui sabuk pengaman rusak, jangan paksa untuk menggunakan mobil saat ingin bepergian.

Supaya sabuk pengaman bisa digunakan dengan baik, lakukan perawatan mobil secara berkala di bengkel resmi atau dealer Daihatsu terdekat agar selalu aman dan nyaman saat mengemudi.

Di dealer Daihatsu, Anda juga bisa mengganti sabuk pengaman mobil jika sudah tidak layak pakai atau rusak.

Baca Juga :  Sabuk Pengaman Penting untuk Mengurangi Risiko Kecelakaan

Manfaat Ketika Sabuk Pengaman Terpasang dengan Benar

Berikut manfaat yang Anda dapatkan jika sabuk pengaman terpasang dengan benar.

1. Melindungi Tubuh dari Benturan

Sabuk pengaman berfungsi melindungi bagian tubuh seperti kepala dan badan terhadap benturan yang diakibatkan keadaan rem mendadak atau kecelakaan.

2. Mengurangi Cedera Kecelakaan

Selain menahan benturan, sabuk pengaman berfungsi menahan tubuh agar tetap  berada di kursi mobil sehingga meminimalisir peluang tubuh terlempar pada saat terjadi kecelakaan yang fatal.

3. Memberikan Kenyamanan Saat Berkendara 

Jika Anda memakai sabuk pengaman dengan benar, Anda akan merasakan kenyamanan berkendara dengan tidak gampang capek di bagian punggung. Selain itu, Anda tidak perlu khawatir tiba-tiba kena tilang karena lupa pasang sabuk pengaman.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Kelebihan dan Kekurangan Transmisi CVT yang Harus Diketahui Setiap Pengendara

2022-08-01

CVT atau continuously variable transmission adalah transmisi otomatis yang berkecepatan tunggal dengan rasio kecepatan yang berubah-ubah secara otomatis dengan me

thumbnail

Sudah Tahu Apa Itu Tune Up Mobil? Berikut Penjelasannya

2022-08-01

Sebagian besar pemilik mobil, pastinya telah mengenal istilah tune up. Meski tidak jauh beda dengan servis, namun dalam pengerjaannya antara kedua kegiatan ini sangatlah

thumbnail

Manfaat Cover Mobil

2022-08-01

Memiliki mobil di zaman sekarang bukan lagi hal yang sulit. Orang dapat membeli mobil dengan cara mencicilnya dengan DP yang ringan. Dengan adanya sistem cicilan ini, mo

thumbnail

16 Arti Kode Sekring Mobil & Cara Membaca Dengan Mudah

2022-08-01

Biasanya kerusakan pada sistem kelistrikan mobil terjadi disebabkan putusnya sekring mobil. Oleh sebab itu, Anda harus mengetahui arti kode sekring mobil dan cara membacanya sebelu