Logo Daihatsu
Menu

5 Cara Memakai Sabuk Pengaman Mobil dengan Benar

Otomotif

2021-01-05

cara memakai sabuk pengaman mobil

Berkendara dengan mobil sangat rentan terjadi kecelakaan, sehingga produsen mobil pun memberikan seat belt. Fitur satu ini sebagai pengaman yang belum dipakai secara maksimal oleh pengemudi dan penumpang. 

Oleh sebab itu, cara memakai sabuk pengaman mobil yang tepat berikut ini sangat dibutuhkan agar terhindar dari kecelakaan. 

1. Gunakan Sabuk Bagian Atas 

Produsen mobil tentu sudah memberikan seat belt sesuai stAndar dan postur tubuh pengemudinya. Akan tetapi, sering kali pengemudi justru merasa seat belt mobil kurang nyaman dan memakainya tak sesuai aturan. 

Banyak yang hanya menyelipkan sabuk bagian atas ke belakang punggung, sehingga tidak berfungsi maksimal. Hal ini sangat disayangkan, karena produsen mobil telah memperhatikan keselamatan Anda secara saksama. 

Fungsi utama dari seat belt ini diharapkan mampu menjaga tubuh seimbang saat terjadi guncangan. Oleh sebab itu, saat terjadi kecelakaan diharapkan tubuh tidak terbentur benda di depannya.

2. Perhatikan Tali Bagian Bawah 

Yang tak kalah penting, yaitu memperhatikan tali yang ada di bagian bawah seat belt. Desain utama dari fitur ini harus berada di sekitar pinggang, sehingga mampu memberi kekuatan pada panggul. 

Cara memakai sabuk pengaman mobil yang benar ini membuat Anda aman saat kecelakaan, sehingga tubuh tidak terlempar jauh.

3. Posisi Duduk

Seperti halnya saat Anda duduk di bangu pada umumnya, tubuh harus diposisikan secara tepat. Saat berkendara, pastikan pengemudi dan penumpang duduk dengan posisi yang benar. 

Hal ini membuat perjalanan jauh Anda terasa lebih menyenangkan dan terhindar dari rasa sakit karena duduk di posisi yang tidak nyaman.

Selain itu, pastikan Anda duduk dengan tegak dan punggung berada tepat di sAndaran. Dengan begitu seat belt dapat dipasang dan dapat melindungi tubuh Anda. 

Hindari menurunkan jok melebihi kebutuhan sehingga posisi seat belt berada di perut. Bila hal ini terjadi, maka dapat menyebabkan cedera parah.

Baca juga: 7 Fitur Keselamatan Mobil yang Wajib Anda Tahu

4. Hindari Tali Terpelintir

Memasang seat belt harus di posisi yang tepat yaitu melintang dari satu sisi ke sisi lainnya. Cara memakai sabuk pengaman mobil yang tepat ini harus berada di dada bagian atas secara rata.

Seat belt seharusnya jatuh ke sisi lainnya dengan posisi berada di lingkar pinggang, agar panggul Anda dapat dilindungi.

Yang harus diperhatikan yaitu hindari memakai seat belt dalam keadaan terpelintir. Hal ini dapat menurunkan fungsi yang seharusnya diusung oleh seat belt itu sendiri. 

Kekuatan yang diberikan oleh tali tidak rata tentu kurang maksimal, sehingga Anda menjadi kurang aman saat berkendara dan risikonya pun lebih tinggi.

5. Seat Belt Terkunci

Saat memasang seat belt, pastikan Anda menguncinya dengan benar hingga terdengar bunyi klik. Hal ini menAndakan bahwa seat belt telah dalam posisi yang kuat dan aman untuk digunakan. 

Fungsi dan tugas utama dari tali pengaman ini dapat bekerja secara maksimal. Oleh sebab itu, cara memakai sabuk pengaman mobil ini penting diperhatikan.

Berkendara dengan mobil memiliki tantangan tersendiri, seperti terjadinya kecelakaan yang merugikan. Hal tersebut dapat diminimalisir dengan memakai seat belt secara tepat. 

Hindari tali yang terpelintir, seat belt berada di dada, pundak, dan pinggang. Dengan begitu perjalanan Anda pun akan terasa nyaman dan aman.

Baca juga: Jenis Pelanggaran Lalu Lintas dan Dendanya  


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Plat BG Daerah Mana? Yuk, Temukan Jawabannya di Sini!

2024-01-31

Ketika berkunjung ke Kota Pempek, Anda akan disuguhkan pemandangan kendaraan dengan kode plat BG. Namun, apakah kode tersebut hanya digunakan di daerah tersebut saja

thumbnail

Penyebab Ban Mobil Terkunci dan Solusinya

2021-01-28

Di musim hujan seperti ini, cukup banyak kejadian ban mobil terkunci dengan sendirinya. Hal ini bisa membuat panik loh. Sahabat bisa bayangkan jika Sahabat sedang butuh

thumbnail

3 Penyebab Mobil Tidak Bisa Menyala dan Susah Distarter

2021-01-14

Kendaraan kesayangan tak bisa dinyalakan terkadang membuat sang pemilik menjadi kebingungan. Apalagi bila Anda masih awam dengan berbagai masalah yang terjadi pada mobil