Logo Daihatsu
Menu

Cara Merekam Perjalanan di Google Maps dan Menyimpannya

Otomotif

2023-07-31

Cara Merekam Perjalanan di Google Maps dan Menyimpannya

Mengetahui cara merekam perjalanan di Google Maps beserta cara menyimpannya dapat mempermudah perjalanan. Dengan begitu, Anda tidak perlu repot-repot mengetik ulang rute perjalanan di Google Maps ketika hendak melakukan perjalanan di tujuan yang sama. Daripada Anda semakin penasaran, yuk perhatikan cara merekam dan menyimpan perjalanan di Google Maps seperti berikut.

Cara Merekam dan Menyimpan Perjalanan di Google Maps dengan Mudah

Ada beberapa cara merekam dan menyimpan perjalanan ketika menggunakan layanan peta online di Google Maps yang perlu diketahui. Berikut cara selengkapnya.

1. Cara merekam dan menyimpan rute perjalanan Google Maps di smartphone iOS dan Android

Ketika Anda berniat untuk melakukan perekaman perjalanan di Google Maps melalui smartphone berbasis iOS dan Android. Dan menyimpan rekaman tersebut, Anda perlu mengikuti langkah-langkah berikut ini. 

  • Pertama-tama, Anda unduh terlebih dahulu aplikasi Google Maps di smartphone Anda, apabila aplikasi tersebut belum Anda miliki. Jika aplikasi tersebut sudah terinstall di smartphone, Anda tinggal membuka aplikasi Google Maps dengan menekan ikon aplikasi tersebut yang berada pada layar utama smartphone Anda.
  • Langkah selanjutnya, ketik tujuan perjalanan yang hendak Anda rekam. Anda bisa memasukkan lokasi tujuan perjalanan Anda secara manual, ataupun memilih lokasi tujuan pada fitur peta Google Maps. Caranya mudah, Anda tinggal menekan ikon “Search atau Cari”, kemudian ketik lokasi atau alamat tujuan. Apabila perjalanan yang akan Anda rekam tersebut, sudah pernah Anda kunjungi sebelumnya, maka Google Maps akan segera mengenali alamat tujuan tersebut, dan secara otomatis akan menunjukkan rute perjalanan ke alamat yang Anda tuju.
  • Langkah selanjutnya, Anda pilih ikon bergambar alat transportasi. Pilih sesuai dengan alat transportasi yang Anda gunakan, misalnya mobil. Kemudian pilih rute yang Anda inginkan, maka Google Maps akan memberikan rute terbaik beserta estimasi waktu perjalanan. 
  • Langkah selanjutnya, Anda bisa menggunakan fitur Pin untuk menandai tempat peristirahatan hingga destinasi wisata selama perjalanan. Caranya sangat mudah sekali. Anda tinggal menekan dan menahan titik lokasi tertentu pada peta. Kemudian Anda bisa menambahkan Pin, jangan lupa beri deskripsi dan nama untuk tempat-tempat yang Anda tambahkan pada fitur Pin tersebut. 
  • Langkah selanjutnya, Anda bisa mencari fitur Your Timeline atau linimasa ketika perjalanan Anda sampai. Caranya, Anda perlu menekan ikon menu Google Maps, yang terletak pada sudut kiri paling atas. Kemudian pilih menu Your Timeline. Setelah itu, Anda buka riwayat perjalanan, pilih tanggal sesuai dengan perjalanan Anda barusan. Maka Google Maps secara otomatis akan memberikan informasi seputar rute perjalanan yang sudah Anda rekam tersebut. Anda bisa membuka riwayat perjalanan tersebut, ketika hendak melakukan perjalanan yang sama di lain waktu. 

Baca Juga : Aplikasi Penunjuk Jalan, Pilih Waze atau Google Maps?

2. Cara menyimpan rute perjalanan di Google Maps melalui Home Screen smartphone Android

Adapun caranya sebagai berikut.

  • Buka terlebih dahulu aplikasi Google Maps.
  • Kemudian tekan ikon tiga titik yang terletak di area kolom rute perjalanan, tepatnya di sebelah kanannya.
  • Kemudian pilih menu “Home Screen atau Add Route”. Tunggu sebentar hingga bagian home screen memunculkan ikon shortcut. Jika sudah muncul, Anda ketuk ikon tersebut hingga memunculkan riwayat rute tujuan atau perjalanan Anda.

Baca Juga : Yuk Simak Cara Melacak Mobil Dengan Google Maps yang Mudah

Demikian cara yang bisa Anda contoh ketika hendak melakukan perekaman perjalanan dan menyimpan riwayat perjalanan tersebut di Google Maps. Bagaimana, tidak sesulit yang Anda bayangkan, bukan? 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Mobil Macet di Rel Kereta Api, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

2020-12-15

Sahabat sering mendengar kasus kecelakaan yang melibatkan mobil dan kereta api? Mobil macet di rel kereta api merupakan salah satu kecelakaan yang sering terjadi bahkan

thumbnail

Sebagai Tanda Bahaya, Kenali Komponen Lampu Hazard

2020-11-18

Lampu Hazard identik dengan tanda bahaya. Ia mempunyai tanda segitiga merah. Fungsi inilah yang membuatnya tidak boleh ditekan sembarang. Pengendara harus memastikan kon

thumbnail

Fungsi Water Pump Mobil, Ciri Kerusakan & Cara Mengatasinya

2023-03-10

Water pump mobil memiliki peranan yang penting dalam menstabilkan suhu mesin mobil. Tidak hanya itu, komponen ini juga memiliki beberapa fungsi lainnya. Oleh karena

thumbnail

Jenis-Jenis Transportasi Udara Berdasarkan Penggunaan dan Mesin Penggerak

2021-01-05

Transportasi udara adalah moda transportasi yang beroperasi di udara. Seperti halnya transportasi darat dan laut, transportasi udara juga punya fungsi yang beragam. Terg