Logo Daihatsu
Menu

Cara Mundur Mobil Manual dengan Mudah, Yuk Praktikkan!

Otomotif

2022-10-24

4 Cara Mundur Mobil Manual dengan Mudah, Yuk Praktikkan!

Salah satu teknik yang wajib dikuasai oleh pengemudi mobil bertransmisi manual adalah memahami cara mundur mobil manual. Cara tersebut sangat diperlukan ketika mobil Anda sedang ingin parkir mundur. Banyak manfaat yang Anda dapatkan ketika menguasai teknik tersebut seperti mobil tidak menabrak mobil lain di belakangnya dan menghindari mobil tergores. 

Seperti yang Anda ketahui pengoperasian transmisi mobil manual sedikit lebih sulit daripada mobil dengan transmisi otomatis. Namun, Anda tidak perlu khawatir, di bawah ini akan diulas bagaimana cara memundurkan mobil manual dengan mudah seperti berikut.

4 Cara Mundur Mobil Manual dengan Aman dan Mudah

Bagaimana cara mundur mobil manual? Berikut beberapa langkah yang wajib Anda perhatikan ketika sedang memundurkan mobil dengan transmisi manual dengan mudah dan aman.

1. Fokus pada bagian pedal kopling mobil

Ketika Anda ingin memundurkan mobil secara manual, Anda harus fokus kepada pedal kopling mobil. Injak bagian pedal tersebut secara penuh dan tahan bagian tersebut. Cara ini wajib Anda lakukan ketika Anda ingin memindahkan persneling atau gigi transmisi.

Baca Juga : Yuk Intip 4 Jenis Kamera Mundur Mobil Terbaik

2. Pindahkan tuas transmisi ke mode R

Saat sedang memundurkan mobil, transmisi mobil harus berada pada posisi N (netral). Kemudian injak bagian pedal kopling mobil, dorong tuas transmisi ke arah kanan, kemudian ke bawah menuju mode R (gigi mundur).

3. Lepas bagian pedal kopling

Langkah selanjutnya, lepaskan bagian pedal kopling yang sebelumnya Anda injak sambil melihat kaca spion kanan, kiri, dan tengah untuk mengetahui situasi di belakang mobil. Hal tersebut wajib Anda lakukan guna persiapan untuk memundurkan mobil.

4. Mobil siap dimundurkan secara perlahan

Langkah selanjutnya, Anda sudah mulai bisa memundurkan mobil. Caranya mudah, injak bagian pedal gas mobil secara perlahan, untuk memundurkan mobil. Sambil memundurkan mobil secara perlahan, perhatikan kondisi sekitar area mobil. 

Hal tersebut untuk memastikan posisi mobil Anda apakah terlalu dekat dengan mobil lainnya, baik dari sisi kanan, kiri, atau belakang. Ulangi lagi langkah pemunduran dari awal hingga selesai, jika dirasa posisi mobil Anda terlalu dekat dengan mobil lainnya.

Baca Juga : Cara Parkir Seri dan Paralel Berbeda, Lho! Ini Penjelasannya

Hal Penting Yang Wajib Diperhatikan Ketika Memundurkan Mobil

Berikut beberapa hal yang wajib Anda perhatikan ketika sedang memundurkan mobil dengan aman.

1. Bersikap tenang

Bersikap tenang dan tidak mudah panik merupakan bekal utama untuk menguasai teknik menyetir mobil termasuk teknik memundurkan mobil. Sebab, jika Anda panik, Anda dapat melakukan hal-hal yang tidak terduga, seperti terlalu kencang menginjak pedal gas di saat Anda harus menginjak rem. 

2. Jangan ragu menoleh

Bagi pengemudi pemula, menoleh ke belakang saat memundurkan mobil sangat dianjurkan. Hal tersebut akan memudahkan dan membantu Anda dalam memperhitungkan jarak mundur mobil secara akurat. 

3. Gunakan teknik setir lurus saat memundurkan mobil

Bagi pengemudi pemula, Anda bisa berlatih memundurkan mobil dengan teknik setir mobil berada dalam posisi lurus hingga mahir. Hal tersebut bisa Anda lakukan bersamaan dengan mengatur gigi transmisi mobil manual, mengatur pedal gas dan rem.

4. Hindari melepas pedal kopling secara tiba-tiba

Salah satu hal yang wajib Anda hindari ketika memundurkan mobil adalah melepas pedal kopling secara tiba-tiba. Kondisi tersebut dapat membuat Anda terkejut karena laju mobil tidak stabil terutama jika kecepatan mobil tinggi. 

Selain itu, jika kondisi tersebut dilakukan saat tuas transmisi belum netral, maka mesin mobil bisa mati secara tiba-tiba. Sebaiknya Anda menginjak pedal rem dengan perlahan ketika pedal kopling ditekan agar proses pemunduran mobil aman.

Begitulah ulasan lengkap mengenai cara mundur mobil manual secara aman dan mudah dipraktikkan. Semoga bermanfaat. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Efek Buruk Mengurangi Tekanan Angin Ban Mobil

2021-10-28

Kenyamanan dan keamanan saat berkendara merupakan hal yang sangat penting. Seperti misalnya keadaan tekanan angin ban mobil yang sesuai dan tidak dalam kondisi yang diku

thumbnail

Ini 5 Aplikasi GPS Mobil Terbaik yang Bisa Kamu Unduh

2020-11-05

Memasang aplikasi GPS mobil merupakan langkah terbaik bagi para pengendara. Mungkin masih banyak yang bingung bahkan bertanya-tanya untuk apa memasang dan membeli layanan GPS tracker.  

thumbnail

Tips Servis Mobil di Bengkel Resmi Plus Keuntungannya

2021-08-15

Merawat kendaraan pribadi, seperti mobil, memang susah susah gampang. Jika Anda sudah memutuskan untuk membeli mobil, maka Anda harus siap dengan perawatan yang harus di

thumbnail

Fungsi Rocker Arm: Komponen & Cara Kerjanya

2022-08-15

Bicara soal sistem sirkulasi udara mesin dan pembakaran mesin tentu tidak terlepas dari sistem mekanisme katup. Di dalam sistem mekanisme katup sendiri terdapat komponen yang bernama rocker arm. Pe