Logo Daihatsu
Menu

Cara Pasang Sensor Kamera Parkir Yang Benar, Yuk Intip!

Otomotif

2022-08-09

Cara Pasang Sensor Kamera Parkir Yang Benar, Yuk Intip!

Memasang sensor parkir kamera di mobil sekarang ini sangatlah penting dan dibutuhkan oleh para pengemudi. Hal tersebut karena tidak semua pengemudi pandai dan lihai dalam memarkir mobil terutama bagi kaum wanita dan bagi orang yang baru belajar mengendarai mobil. 

Kamera parkir akan memudahkan Anda dalam memantau pergerakan mobil ketika akan mundur sekalipun tanpa menoleh. Sehingga mobil aman dan menghindari mobil menabrak suatu objek ketika mundur atau bagian belakang mobil tergores.

Untuk mobil keluaran tahun terbaru biasanya sudah dilengkapi dengan fitur ini. Namun, bagi Anda yang masih menggunakan mobil keluaran tahun lama Anda wajib memasang kamera ini.

Baca Juga : Yuk Intip 4 Jenis Kamera Mundur Mobil Terbaik

Cara Pasang Sensor Kamera Parkir yang Benar

Berikut ini adalah langkah-langkah cara pasang sensor parkir mobil yang bisa Anda praktikkan.

1. Beli Sensor Terlebih Dahulu 

Sebelum Anda membeli, sebaiknya Anda pilih sensor kamera parkir mundur atau 360 derajat yang terbaik untuk mobil dan sesuaikan dengan spesifikasi dan model yang Anda sukai.

Jangan lupa pilih kamera yang sudah dilengkapi dengan braket agar lebih mudah ketika kamera di pasang ke bagian bodi mobil.

2. Bongkar Bagian Head Unit

Setelah Anda siapkan kamera yang sudah dibeli, selanjutnya Anda bisa membongkar bagian head unit mobil.

Pastikan Anda sudah menggunakan head unit yang sudah LCD karena apabila masih menggunakan tipe single din maka tidak akan bisa dipasang.

Baca petunjuk pelepasan head unit, dan hindari melakukan pemotongan pada bagian monitor dashboard. 

Lepas secara perlahan agar mematahkan klip. Selanjutnya pasang kabel kamera ke layar monitor dengan rapi untuk menghindari adanya korsleting. Lalu pasang kembali monitor tersebut ke bagian dashboard.

3. Buka Baut Penutup Pintu Bagasi

Selanjutnya, buka baut penutup pintu bagasi. Masukan kabel yang sudah tersambung ke kamera melalui sela lubang yang terdapat di bagian lampu plat nomor. Kemudian sambung kabel tersebut dengan kabel monitor head unit.

4. Pasang Sensor Parkir Kamera Mobil

Langkah berikutnya, pasang kamera di bagian atas plat nomor belakang mobil lalu rekatkan dengan kabel tis atau double tape. Bila perlu tambahkan baut agar kamera tidak berubah posisi. 

5. Rapihkan Kabel

Apabila sensor kamera mobil sudah dipasang dan berfungsi dengan baik, selanjutnya Anda bisa merapikan kabel-kabel yang sudah tersambung dengan menyelipkannya ke tepi plafon melalui pilar C.

Lalu selipkan lagi ke pilar A dan masukan ke bagian dashboard. Anda juga bisa menyelipkan ke bawah karpet mobil sebagai opsi pilihan lainnya.

Baca Juga : Penyebab Sensor Parkir Mobil Tidak Bunyi & Solusinya

Mengapa Memasang Sensor Kamera Parkir Mobil Penting? 

Setelah mengetahui cara memasangnya dengan benar. Berikut beberapa alasan mengapa memasang sensor kamera parkir di mobil begitu penting bagi pengemudi.

  1. Mampu mendeteksi objek yang berada di belakang mobil.
  2. Mampu memberikan peringatan kepada pengemudi mobil berupa berubahnya warna layar head unit menjadi merah apabila bagian belakang mobil terlalu dekat dengan suatu objek.
  3. Membantu jarak pandang pengemudi menjadi lebih jelas pada saat hujan.
  4. Menjaga visibilitas tetap baik ketika malam hari.
  5. Membantu pengemudi untuk selalu menjaga batas jarak aman dengan kendaraan lainnya ketika kondisi jalanan macet berat.

Nah, itulah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan jika menggunakan sensor parkir kamera di mobil Anda.

Jika Anda masih kurang yakin untuk melakukan pemasangan secara mandiri, sebaiknya Anda bisa berkonsultasi dengan bengkel resmi atau dealer Daihatsu untuk mendapatkan penanganan yang tepat.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Fungsi Kampas Rem Mobil & Tanda Harus Diganti

2022-08-15

Di dalam sistem pengereman yang dimiliki mobil, ada berbagai macam

thumbnail

Mesin Bensin vs Mesin Diesel

2021-02-19

Berdasarkan jenisnya, mesin mobil dapat dibagi menjadi dua, yakni mesin bensin dan mesin diesel. Keduanya mempunyai jumlah tahapan kerja yang sama. Langkah kerja kedua m

thumbnail

6 Jenis Roof Rack yang Bisa Menjadi Pilihan saat Membawa Banyak Barang Mudik

2020-12-04

Mudik tentu tidak lengkap rasanya tanpa membawa oleh-oleh untuk kerabat di kampung halaman. Terkadang, banyaknya oleh-oleh bersama barang bawaan membuat perjalanan mudik

thumbnail

Memahami Prinsip dan Cara Kerja Rem Mobil

2020-11-17

Komponen rem pasti tidak akan luput dari segala macam kendaraan. Rem sendiri memiliki fungsi untuk mengurangi laju atau kecepatan kendaraan. Untuk mengatur laju kendaraa