Logo Daihatsu
Menu

Fungsi CKP dan CMP pada Mobil dan Cara Kerjanya, Yuk Simak!

Otomotif

2023-09-29

Fungsi CKP dan CMP pada Mobil dan Cara Kerjanya, Yuk Simak!

Mengetahui fungsi sensor CKP dan CMP pada mobil beserta cara kerjanya merupakan hal yang diperlukan. Sensor CKP dan CMP tersebut memiliki peranan penting terhadap keberlangsungan sistem EFI pada mobil. Lantas apa saja fungsi dari sensor-sensor tersebut? Agar Anda tidak salah memahaminya, mari perhatikan ulasan berikut ini.

Apa Itu CKP? Apa Saja Fungsinya?

CKP merupakan akronim dari crankshaft position. Komponen ini hanya terdapat pada mobil dengan sistem non karburator atau injeksi. Secara umum, sensor CKP terletak pada bagian samping kanan mesin, belakang, ataupun depan mesin. Sekilas sensor CKP nampak mirip dengan sensor CMP. Namun, sensor CKP nampak lebih kokoh dan keras. Sensor CKP sendiri memiliki beberapa fungsi sebagai berikut.

1. Fungsi deteksi (sensoring)

Fungsi utama dari sensor CKP, sebenarnya untuk sensoring atau mendeteksi putaran mesin serta putaran top piston. Sinyal yang dihasilkan dari sensor CKP selanjutnya digunakan ECU untuk menentukan kecepatan mesin. Selanjutnya, sensor CKP akan mengoptimalkan kinerja pengapian dan injeksi bahan bakar.

2. Menyesuaikan kecepatan putaran mesin

Selanjutnya, sensor CKP berfungsi menyesuaikan putaran mesin agar selalu ideal.

3. Membaca posisi serta sudut crankshaft

Sensor CKP, juga memiliki fungsi membaca posisi serta sudut crankshaft. Data yang terbaca tersebut nantinya akan digunakan ECU untuk mengetahui apakah piston berada pada TMA (Titik Mati Aras) atau TMB (Titik Mati Bawah).

4. Menentukan waktu pengapian dan injeksi

Sensor CKP juga memiliki fungsi lainnya, yakni sebagai penentu waktu pengapian dan injeksi. Fungsi ini akan berjalan, ketika ECU sudah menerima data dari CKP.

Apa Itu CMP? Apa Saja Fungsinya?

CMP merupakan akronim dari camshaft. Sensor CMP sendiri terletak pada bagian distributor pada awal rilis mobil EFI. Sedangkan pada mobil EFI zaman sekarang, sensor CMP terletak di belakang sensor CKP. Adapun fungsi sensor CMP sebagai berikut.

1. Membaca posisi poros camshaft

Fungsi utama, sensor CMP yakni, membaca posisi camshaft secara akurat dengan bantuan sensor CKP. Dengan begitu, sensor CMP mampu menentukan posisi silinder berada pada posisi TMA (Titik Mati Atas) dengan tepat. Informasi tersebut nantinya akan diteruskan ke ECU untuk menentukan kapan waktu membuka dan menutup intake valve dan exhaust valve.

2. Menentukan waktu pengapian dan injeksi bahan bakar

Selain itu, sensor CMP berfungsi menentukan kapan waktu terbaik untuk melakukan pengapian dan injeksi bahan bakar pada seluruh ruang pembakaran mesin secara terstruktur. 

Cara Kerja Sensor CKP dan CMP pada Mobil

Cara kerja sensor CKP dibagi menjadi dua, yakni tipe hall effect dan induksi. Pada sensor tipe hall effect, sensor tidak mengandalkan magnet permanen dalam mekanisme kerjanya sehingga perubahan dari medan magnet tidak mempengaruhi kinerja sensor jenis ini. Sensor hall effect hanya mengandalkan tegangan listrik sebesar 5 V agar bisa bekerja. Sedangkan untuk tipe induksi, sensor CKP mampu menghasilkan tegangan AC rendah (kurang lebih 1 hingga 2 V) secara bolak balik.

Untuk cara kerja sensor CMP sendiri, juga dibagi dua berdasarkan jenis sensor. Pada sensor induktif, tersemat koil induksi dengan tahanan 200-2500 ohm sehingga mampu menghasilkan tegangan sebesar 1-2 V. Sedangkan pada sensor hall effect, sensor CMP membutuhkan tegangan yang lebih tinggi yakni 5-12 V.

Mengingat fungsi sensor CKP dan CMP yang begitu krusial terhadap proses pengapian dan injeksi bahan bakar. Sebaiknya, Anda selalu cek kondisi sensor tersebut, apabila bermasalah segera servis sensor tersebut ke bengkel Daihatsu terdekat.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Tarif Pajak Progresif Terbaru 2023 Jenis & Contohnya

2023-04-03

Mengetahui besaran tarif pajak progresif terbaru 2023 sangat penting, terutama untuk Anda yang sedang ingin menambah kendaraan baru. Dengan begitu Anda bisa menghitu

thumbnail

Apa itu Kompresi pada Mobil? Ini Daftar Rasionya!

2022-12-15

Kompresi secara bahasa artinya adalah pemampatan. Dalam proses kompresi tentu saja menimbulkan tekanan. Oleh karena itu dalam dunia otomotif, kompresi adalah pemampa

thumbnail

Penyebab Sensor Mundur Mobil Bunyi Terus & Cara Memperbaiki

2023-01-13

Apakah mobil Anda mengalami masalah sensor mundur bunyi terus ? Hal ini tentunya sangat meresahkan maupun lingkungan sekitar. Lalu apa penyebab dari kejadian tersebu

thumbnail

Daftar Harga Daihatsu Zebra Bekas

2021-04-26

Daihatsu Zebra merupakan mobil yang masih menjadi favorit beberapa orang meski sudah terhitung puluhan tahun dipakai. Mesinnya yang bandel dan perawatan yang mudah membu