Logo Daihatsu
Menu

Fungsi Filter Udara Mobil, Wajib Ketahui Yuk!

Otomotif

2024-01-15

Fungsi Filter Udara Mobil, Wajib Ketahui Yuk!

Di era globalisasi seperti saat ini, pencemaran udara semakin hari semakin meningkat. Terutama di daerah Jakarta dan sekitarnya. Oleh karena itu, komponen seperti filter udara pada mobil sangat dibutuhkan oleh setiap pengemudi. Lantas apa saja fungsi filter udara mobil sehingga membuatnya begitu penting? Untuk mengetahui apa saja fungsinya, mari perhatikan ulasan berikut.

Fungsi Filter Udara pada Mobil

Filter udara pada mobil memiliki beberapa fungsi penting yang perlu Anda ketahui. Berikut fungsi selengkapnya.

1. Menyaring udara

Fungsi utama filter udara pada mobil, yakni untuk menyaring udara. Seperti penjelasan sebelumnya, kondisi udara di perkotaan terbilang kurang sehat dan penuh dengan zat-zat polutan. Apabila udara tersebut masuk ke dalam mobil tanpa adanya filter udara, maka dapat menyebabkan infeksi saluran napas, atau penyakit lainnya. 

Oleh karena itu, dibutuhkan filter udara untuk menyaring kotoran atau zat-zat polutan dari luar agar tidak masuk ke dalam mobil. Dengan begitu, udara yang berada di dalam mobil menjadi udara yang bersih.

2. Mencegah kerak dan karat

Fungsi selanjutnya, filter udara mobil dapat mencegah munculnya kerak dan karat di komponen mesin. Sebab filter udara mobil, selain bisa mencegah kotoran dan debu dari luar mobil, juga bisa menghalau air hujan yang bercampur dengan udara. Seperti diketahui, debu dan kotoran yang menumpuk dapat menyebabkan kerak yang membandel di komponen mobil. Sedangkan air hujan yang bercampur dengan udara dapat menyebabkan komponen mesin mobil mudah berkarat.

3. Mencegah penurunan performa mesin

Fungsi selanjutnya, filter udara dapat mencegah penurunan performa mesin. Sebab, filter udara dapat menjaga kebersihan ruang pembakaran. Seperti diketahui, apabila ruang pembakaran kotor maka proses pembakaran mesin menjadi kurang optimal sehingga membuat performa mesin menjadi pincang. 

Dengan adanya filter udara, maka sistem injeksi dan sistem pembakaran mesin selalu bersih dari kotoran. Hal ini akan mengoptimalkan proses distribusi dan pembakaran bahan bakar di ruang pembakaran mesin sehingga performa mesin menjadi lebih bertenaga.

Baca Juga : Macam-macam Filter Udara yang Dipakai oleh Mobil

Tips Merawat Filter Udara Mobil

Agar filter udara pada mobil berfungsi dengan baik, Anda harus selalu mengecek kondisi komponen ini. Apabila filter udara sudah kotor, segera lakukan pembersihan filter. Adapun caranya sebagai berikut.

  • Gunakan sarung dan masker sebelum melepas filter udara.
  • Lepas filter udara dari tempatnya. 
  • Gunakan kompresor atau vacuum cleaner untuk membersihkan debu atau kotoran yang melekat pada filter. Sebelum melakukan pembersihan, Anda perlu memastikan tekanan udara yang akan digunakan. Pastikan tekanannya rendah agar tidak merobek filter. 
  • Hindari mencuci dan menyikat filter jenis kertas apabila hendak membersihkannya karena filter ini mudah sobek. Untuk filter jenis busa dan kain, Anda baru bisa mencucinya.
  • Periksa kembali dan evaluasi kembali kondisi filter udara. Apakah terdapat robekan kecil, atau tanda kerusakan. Apabila tidak ada, pasang kembali filter udara ke tempatnya secara perlahan.
  • Setelah terpasang, periksa kembali performa mobil.

Dampak Tidak Merawat Filter Udara Mobil

Ada beberapa dampak negatif yang ditimbulkan ketika filter udara mobil kotor dan tidak terawat.

  • Udara di dalam mobil kurang sehat sehingga berisiko menyebabkan penyakit.
  • Komponen mesin mudah berkerak dan berkarat, bahkan bisa menyebabkan korosi.
  • Performa mobil saat bermanuver menurun.
  • Menimbulkan asap tebal disertai dengan bau bensin yang terbakar.
  • Konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros.

Untuk menghindari hal tersebut, pastikan Anda selalu membersihkan filter udara Anda ketika sudah kotor atau setiap jarak tempuh 10.000 kilometer hingga 15.000 kilometer. Lakukan penggantian di bengkel resmi Daihatsu terdekat, apabila filter udara sudah aus atau jarak tempuh mobil mencapai 15.000 kilometer hingga 25.000 kilometer. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Mobil Parkir Liar? Ini Cara Lapor dan Konsekuensi Pemiliknya

2023-09-29

Mobil parkir liar di wilayah pemukiman padat penduduk seolah-olah menjadi polemik yang tiada hentinya. Bahkan permasalahan tersebut, kerap kali memicu tindakan keker

thumbnail

5 Kelebihan Daihatsu Feroza, SUV Macho Perkotaan

2021-03-06

Kelebihan Daihatsu Feroza tentu saja tidak bisa dianggap remeh. Mobil jenis SUV keluaran Daihatsu pada 1987 ini tidak hanya laris di pasaran Jepang, tetapi juga Amerika,

thumbnail

Airbag Mobil, Meningkatkan Proteksi Berkendara

2020-12-08

Airbag mobil ialah perangkat keselamatan yang biasanya diterapkan di bagian setir. Seperti yang sudah diketahui bahwa penawaran berbagai jenis mobil kian meningkat. Kons

thumbnail

Mengenal Auto Detailing: dari Tahapan Pengerjaannya hingga Biaya yang Dikeluarkan

2021-05-06

Auto detailing adalah teknik dalam merawat bagian kendaraan. Tidak hanya itu, teknik ini juga kerap kali digunakan untuk mempercantik tampilan kendaraan, baik interior m