Logo Daihatsu
Menu

Fungsi Master Silinder dan Cara Kerjanya, Yuk Simak!

Otomotif

2023-11-22

Fungsi Master Silinder dan Cara Kerjanya, Yuk Simak!

Master silinder merupakan komponen mobil yang memiliki fungsi penting dalam sistem pengereman mobil. Komponen ini memiliki cara kerjanya yang sederhana dalam menjalankan fungsinya. Agar Anda lebih mengenali fungsi dan cara kerja selengkapnya dari komponen ini, mari perhatikan ulasan berikut.

Fungsi Master Silinder Mobil

Ada beberapa fungsi master silinder mobil yang perlu Anda ketahui. Berikut fungsi selengkapnya.

1. Mengubah energi gerak

Fungsi pertama, sebagai pengubah energi gerak yang berasal dari pedal rem menjadi energi tekanan hidrolis. Tenaga mekanis dari pedal rem akan di konversi menjadi tenaga hidrolis. Nantinya tenaga hidrolis akan digunakan dalam proses pengereman melalui bantuan selang yang terdapat di master silinder. 

2. Wadah pedal rem 

Fungsi kedua, sebagai wadah ketika pedal rem ditekan atau diinjak. Pada kondisi tersebut, piston akan terdorong oleh push rod sehingga mengenai master silinder. Pada kondisi tersebut, master silinder akan mengecilkan volume ruangan sehingga menekan fluida. Akibatnya fluida mendorong kampas rem pada saat mobil di rem. 

3. Fitur keselamatan mobil

Jika dilihat dari kedua fungsi di atas, master silinder memiliki fungsi utama sebagai fitur keselamatan mobil. Komponen ini biasanya terdapat di area firewall pada mesin mobil. Komponen ini memiliki reservoir yang di dalamnya terdapat tabung yang tersambung pada tiap roda silinder dan terisi minyak rem. Ketika rem diinjak maka tekanan dari master silinder akan diteruskan ke silinder roda sehingga memperlambat laju mobil.

Cara Kerja Master Silinder

Untuk cara kerjanya sendiri, master silinder memiliki mekanisme kerja yang sederhana. Adapun cara kerjanya sebagai berikut.

1. Ketika pedal rem ditekan

Ketika Anda menekan pedal rem, maka bagian piston akan bergerak ke kanan sehingga menyebabkan piston cup menutup saluran compensating port. Kondisi akan menyebabkan saluran antara reservoir tank dan silinder tertutup. Akibatnya minyak rem akan tertekan sehingga terjadi perintah untuk melakukan mekanisme pengereman pada rem depan. 

Ketika Anda menekan pedal rem jauh lebih dalam, maka piston akan bergerak ke arah kiri. Kondisi ini menyebabkan tekanan hidrolis semakin besar sehingga mengalahkan tekanan return spring piston 2. Akibatnya compensating port akan tertutup dan menekan fluida sehingga terjadi mekanisme pengereman pada rem belakang. 

Tekanan yang berasal dari kedua piston akan disalurkan ke bagian silinder roda. Tekanan fluida tersebut akan diubah menjadi gerakan yang mendorong kampas rem sehingga menimbulkan gesekan antar komponen pengeraman. Alhasil laju mobil lambat laut bisa dihentikan.

2. Ketika pedal rem tidak ditekan

Ketika pedal rem tidak Anda rekan, maka tidak terjadi pergerakan piston karena push road ada pada posisi bebas dan tidak mendorong piston. Akibatnya piston tetap berada pada posisi semula, yakni berada di antara inlet port dan compensating port serta return spring menahan posisi piston.

3. Ketika pedal rem dilepas

Ketika Anda melepaskan pedal rem, maka push rod dan piston akan bergerak kembali ke posisi awal. Dalam proses kembalinya posisi piston tersebut, fluida atau minyak rem yang telah sampai di silinder roda tidak serta merta kembali sepenuhnya. 

Pada saat piston bergerak ke arah kanan, akan terjadi kekosongan pada silinder. Akibatnya fluida atau minyak rem yang berasal dari reservoir tank akan diteruskan ke bagian inlet port sebagai efek dari kekosongan silinder tersebut. Setelah minyak rem atau fluida kembali dari silinder roda, maka compensating port akan mengembalikan minyak rem sedikit demi sedikit.

Mengingat fungsinya yang penting bagi sistem pengereman, pastikan Anda selalu mengecek kondisi master silinder mobil Anda. Apabila terjadi kerusakan, segera kunjungi bengkel resmi Daihatsu terdekat. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Ini 5 Aplikasi GPS Mobil Terbaik yang Bisa Kamu Unduh

2020-11-05

Memasang aplikasi GPS mobil merupakan langkah terbaik bagi para pengendara. Mungkin masih banyak yang bingung bahkan bertanya-tanya untuk apa memasang dan membeli layanan GPS tracker.  

thumbnail

Efek Samping Keramik Busi Mobil Retak

2022-04-28

Mengendarai kendaraan dalam kondisi prima pastinya akan terasa nyaman dan aman. namun apa jadinya jika kenyamanan ini bisa berkurang akibat

thumbnail

Ini Bedanya Header Knalpot Racing dan Knalpot Bawaan Mobil

2022-06-26

Biasanya banyak orang yang mengganti header knalpot racing dengan knalpot bawaan untuk bisa meningkatkan performa mobil. Namun terkadang masih ada yang belum mengetahui

thumbnail

Bagi yang Belum Tahu, Ini Sejumlah Fungsi Tuas Pada Mobil Matic

2021-08-15

Seperti halnya pada mobil transmisi manual. Mobil matic juga dilengkapi dengan tuas. Tuas mobil matic sendiri punya ciri khas berupa kehadiran kombinasi huruf dan angka