Logo Daihatsu
Menu

Fungsi Parking Brake Lever dan Komponennya, Yuk Simak!

Otomotif

2023-02-08

Fungsi Parking Brake Lever dan Komponennya, Yuk Simak!

Memahami tentang fungsi parking brake lever beserta komponennya merupakan hal yang penting. Lalu, apa sajakah fungsi brake lever pada pengereman tersebut? Untuk mengetahuinya, simaklah pada ulasan berikut ini.

Pengertian Parking Brake Lever

Sebelum membahas fungsinya, akan dijelaskan dulu sekilas tentang pengertian dari parking brake lever. Bagi yang belum tahu, komponen ini merupakan salah satu komponen yang terdapat di rem tromol.

Pada umumnya, komponen tersebut berfungsi untuk rem parkir yang memakai sistem hidrolik serta menggunakan tekanan untuk menekan kampas rem. Untuk menggunakan rem parkir ini, bisa dilakukan dengan menarik tuas pada samping kursi pengemudi.

Adanya rem parkir ini dapat berguna untuk mengunci roda pada saat Anda parkir kendaraan agar tidak tergelincir. Mengingat pentingnya peran rem tersebut, penting bagi Anda untuk mencoba memahami tentang fungsi beserta komponennya.

Fungsi Parking Brake Lever 

Fungsi Parking Brake Lever

Selanjutnya akan dibahas tentang fungsi dari komponen pada rem tromol ini. Berikut ini adalah penjelasan selengkapnya.

1. Menjaga Mobil Pada Posisinya

Fungsi pertama dari komponen rem ini adalah untuk membuat mobil tetap berada pada posisinya. Oleh karena hal ini, rem ini biasa juga disebut dengan nama rem tangan ataupun rem parkir di kalangan pengguna mobil.

2. Memudahkan Pengendalian Mobil

Selanjutnya, rem parkir ini dapat berfungsi untuk membuat mobil lebih mudah dikendalikan. Contohnya seperti pada saat mobil melalui jalan yang kondisinya tidak rata seperti saat berada di turunan ataupun tanjakan.

3. Sebagai Rem Darurat

Fungsi yang ketiga adalah rem parkir bisa menjadi sebagai rem darurat. Hal ini bisa digunakan sebagai rem darurat saat Anda melalui jalanan yang macet ataupun ketika kendaraan mengalami rem blong.

Baca Juga : Menjaga Rem Tangan Bekerja dengan Baik

Komponen Lain Pada Rem Tromol

Selain ada komponen rem parking, pada rem tromol juga terdapat berbagai komponen lainnya yang saling bekerja sama. Berikut ini adalah beberapa komponen lain yang terdapat pada sistem pengereman tersebut.

1. Parking Brake Cable

Komponen parking brake cable mempunyai bentuk dari kabel baja yang berfungsi menarik rem tromol. Adanya komponen ini membuat mobil bisa stabil saat melakukan pengereman untuk berhenti.

2. Silinder Roda

Berikutnya ada juga komponen pada sistem rem tromol yang bernama silinder roda. Fungsi dari komponen silinder roda ini adalah untuk mengubah fluida pressure menjadi gerakan mekanis. 

3. Rem Kampas dan Sepatu

Rem kampas merupakan sistem hidrolik yang disimpan di bagian sepatu rem. Bentuk dari sepatu rem tersebut umumnya seperti bentuk lingkaran yang tersusun atas dua sepatu.

Fungsi dari kampas rem ini sangatlah penting pada saat sistem pengereman berlangsung. Apabila kondisi kampas sudah menipis, maka Anda harus segera mengganti dengan yang baru agar rem bisa berjalan maksimal.

4. Return Spring

Selanjutnya, ada juga komponen lain yang terdapat di rem tromol bernama return spring. Komponen tersebut mempunyai fungsi untuk membuat sepatu rem kembali pada posisinya seperti semula setelah pengereman dilakukan.

5. Brake Shoe Holder

Komponen ini umumnya terletak pada bawah rem tromol dengan bentuk mirip screw. Fungsi dari brake shoe holder adalah untuk menyetel celah pada kampas rem dan permukaan rem tromol saat ada gerakan dari pedal dan tuas rem yang ditarik.

6. Backing Plate

Backing plate merupakan piringan terbesar yang ada di dalam sistem rem tromol. Fungsi dari backing plate ini adalah sebagai pelindung dan rangka pada sistem pengereman tromol.

7. Drum Brake

Komponen terakhir adalah drum brake yang mempunyai bentuk seperti tabung atau drum. Fungsi komponen tersebut adalah sebagai media gesek bersama kampas agar roda dapat berhenti melaju.

Itulah tadi penjelasan tentang fungsi parking brake lever serta komponen lainnya. Semoga informasi tersebut bisa memberikan wawasan tambahan tentang sistem pengereman pada kendaraan mobil Anda.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Ketahui Persyaratan Perpanjang SIM 2023 Online dan Offline

2023-10-30

Mengetahui berbagai macam persyaratan perpanjang SIM baik offline maupun online merupakan hal penting. Dengan mengetahui syaratnya, proses perpanjangan akan jadi leb

thumbnail

20 Rekomendasi Parfum Mobil Terbaik & Wangi Tahan Lama

2022-10-11

Selera wangi parfum mobil itu tergantung masing-masing individu. Cocok untuk orang lain belum tentu cocok untuk kita. Daripada bingung, di bawah ini ada 20

thumbnail

Penting, Ketahui Penyebab Lampu Mobil Kurang Terang

2021-08-31

Sistem penerangan pada mobil tak hanya sekedar digunakan sebagai hiasan saja. Melainkan lampu mobil tersebut berfungsi sebagai active safety system. Lampu mobil k

thumbnail

Pedal Gas Mobil Matic: Fungsi dan Cara Penggunaannya

2023-07-31

Mengetahui cara penggunaan pedal gas mobil matic perlu bagi pengemudi mobil pemula. Sebab jika asal-asalan menginjak pedal gas dapat berpotensi besar menyebabkan kec