Logo Daihatsu
Menu

Fungsi Tang Crimping dalam Otomotif & Cara Menggunakannya

Otomotif

2022-12-21

Fungsi Tang Crimping dalam Otomotif & Cara Menggunakannya

Pada pembahasan sebelumnya, kita sudah membahas mengenai fungsi tang kombinasi. Tentu saja tang kombinasi berbeda dengan fungsi tang crimping. Tang crimping biasanya digunakan oleh teknisi yang bergelut di dunia networking.

Tang crimping ini biasanya digunakan untuk memasang kabel dengan port RJ45. Namun, ternyata fungsi tang crimping tersebut juga digunakan oleh orang yang bergelut di dunia otomotif, terutama yang berkutat masalah kelistrikan pada mobil.

Bagi Anda yang belum mengenal apa itu tang crimping, berikut ini penjelasan, fungsi, hingga cara menggunakannya.

Apa itu Tang Crimping?

Tang crimping memang jarang dijumpai oleh banyak orang. Tang crimping ini bentuknya unik karena memang memiliki fungsi yang berbeda dengan tang kebanyakan. Tang crimping ini terbagi beberapa bagian.

Di bagian kepala tangnya, terdapat crimping hole atau lubang crimping. Tiap tang crimping berbeda-beda, ada yang berisi satu lubang, ada yang isi tiga lubang. Di bagian bawahnya terdapat crimper yang punya fungsi memasukkan kabel dalam konektor RJ45.

Di bagian bawah crimper terdapat wire striper yang berfungsi untuk menguliti kabel. Di sebelah wire striper terdapat wire cutter yang berfungsi untuk memotong kabel.

Tak hanya itu, untuk beberapa merk tang crimping juga terdapat ratchet labor di bagian gagangnya. Ratchet labor ini berfungsi pengaman saat memotong maupun menguliti kabel.

Baca Juga : Fungsi Kunci T Sebagai Alat Mekanik Mobil & Cara Menggunakan

Fungsi Tang Crimping

Setelah Anda tahu bentuk dan bagian dari tang crimping, berikut ini adalah beberapa fungsi tang crimping dalam dunia otomotif.

  1. Menguliti isolator kabel dengan rapi tanpa ada serabut kabel yang patah.
  2. Dapat memotong kabel listrik mobil yang tebal dan keras dengan mudah.
  3. Memipihkan kabel dengan rapi

Cara Menggunakan Tang Crimping

Cara menggunakan tang crimping relatif mudah. Meskipun tang crimping beda merk beda bentuk, Anda dapat mengenali fungsi bagian-bagiannya dari bentuknya. Misalkan untuk memotong kabel, Anda bisa mengecek bagian yang tajam seperti pisau. Biasanya terletak di bagian tengah-tengah atau di body tang crimping.

Untuk mengupas kulit kabel, biasanya ada di bagian bawah dekat dengan gagang tang, bentuknya hampir seperti ada bagian pisau namun terdapat celah lubang untuk memasukkan kabel. Sedangkan untuk memipihkan kabel biasanya terletak di body tang crimping. Anda bisa mengenali bagian ini dengan mudah.

Karena bentuk tang crimping di pasaran berbeda, Anda bisa melihat cara menggunakan tang crimping tersebut pada bagian bungkus produk. Di sana Anda akan melihat beberapa keunggulan dan fungsi yang dimiliki oleh tang crimping tersebut. Semakin mahal harga tang ini, biasanya memiliki fungsi tambahan dan pengamanan untuk penggunanya.

Baca Juga : Hand Tool Mobil - Pengertian, Contoh, dan Fungsinya

Berapa Harga di Pasarannya?

Harga tang crimping di pasaran biasanya berkisar antara 24 ribu hingga 350 ribuan. Tentu saja jika harga murah, fitur yang dimiliki tag tersebut terbatas. Tak hanya itu, biasanya ketahanannya juga kurang bagus. Biasa dipakai sebentar sudah aus bagian pemotong kabelnya.

Namun, jika Anda membeli yang harga 350 ribuan, fiturnya lebih banyak dan ketahanannya bisa bertahun-tahun. Tang crimping yang mahal ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang memang lebih sering menggunakan saja. Jika Anda tipikal sekali atau dua kali pakai, mending beli yang murah karena hanya untuk kepentingan yang sesekali saja.

Itulah penjelasan mengenai tang crimping, fungsi, cara menggunakan, dan harganya di pasaran. Jika Anda butuh memotong kabel dan mengatur instalasi listrik di mobil Anda, sangat disarankan mengunjungi bengkel resmi Daihatsu. Di sana mobil Anda akan ditangani oleh teknisi yang berpengalaman dan akan menyelesaikan semua masalah mobil Anda.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Wajib Tahu! Yuk Kenali Fungsi Kondensor Mobil Beserta Cara Kerjanya

2021-01-12

Memiliki kendaraan bermotor roda empat tentunya harus mengetahui fungsinya dengan baik. Pemilik kendaraan ada baiknya untuk mengetahui sekilas agar jika terjadi kerusaka

thumbnail

Mengetahui Istilah Water Hammer Pada Mobil Dan Tips Mengatasinya

2020-12-14

Musim hujan yang akhir akhir ini melanda Indonesia memiliki curah yang cukup tinggi, sehingga beberapa titik mengalami banjir. Ha

thumbnail

3 Komponen yang Harus Dicek Ketika Starter Mobil Bunyi Cetek Cetek

2021-01-12

Adanya bunyi bunyian pada mesin pada saat mobil dinyalakan, bisa  menjadi penanda bahwa terdapat masalah serius yang harus segera diperbaiki. Pastinya terdapat sala

thumbnail

Bahaya Pakai Koil Busi Imitasi

2022-02-21

Performa kendaraan yang Anda miliki sudah semestinya dijaga dan dirawat dengan baik. Kendaraan yang memiliki performa kurang bagus akan mengakibatkan kerusakan dalam jan