Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Hand Grip (Pegangan Tangan di Mobil). Inilah Fungsinya!
10 Januari 2023
Hand Grip (Pegangan Tangan di Mobil). Inilah Fungsinya!

Bagi Anda pemilik mobil dengan jenis Sport Utility Vehicle (SUV) dan Multi Purpose Vehicle (MPV) ada salah satu fitur yang tidak dimiliki oleh mobil lain. Fitur tersebut ialah pegangan tangan di mobil, atau lebih dikenal dengan istilah hand grip. Lantas apa fungsi hand grip sebenarnya di mobil? Untuk selengkapnya, perhatikan ulasan berikut ini.

Fungsi Hand Grip (Pegangan Tangan di Mobil)

Berikut beberapa fungsi hand grip (pegangan tangan di mobil) yang perlu Anda ketahui.

1. Agar posisi duduk tidak berubah

Ketika mengemudikan mobil, kerap kali kondisi jalanan yang kurang rata dapat memperbesar gaya pseudo atau sentrifugal. Kondisi tersebut mengubah posisi duduk para penumpang meskipun mereka sudah menggunakan sabuk pengaman.

Berubahnya posisi penumpang dapat berpotensi terjadi benturan kepala penumpang ke area dashboard mobil. Dengan memegang hand grip maka kondisi tersebut dapat dihindari meski mobil sedang melewati jalanan yang curam ataupun jalanan yang rusak.

2. Memudahkan penumpang ketika hendak keluar ataupun masuk

Seperti Anda ketahui, setiap mobil memiliki jarak ketinggian antara kolong mobil dengan aspal yang berbeda. Pada mobil dengan jenis mobil SUV, fitur hand grip (pegangan tangan di mobil) sendiri disematkan dengan tujuan mempermudah pengemudi ataupun penumpang untuk masuk ataupun keluar dari mobil.

Hand grip sendiri memang dirancang khusus untuk memudahkan anak-anak atau seseorang yang memiliki tinggi badan kurang tinggi ketika hendak keluar ataupun masuk mobil. Fitur hand grip sendiri juga dapat memudahkan penyandang disabilitas yang menggunakan kursi roda.

3. Sebagai alternatif gantungan baju

Hand grip juga bisa dijadikan alternatif gantungan baju, apabila Anda mengemudikan mobil sendiri. Karena handgrip sebenarnya dirancang untuk kenyamanan dan keamanan penumpang ketika berada di dalam mobil.

Tips Menggunakan Hand Grip yang Benar

 Berikut beberapa tips yang perlu Anda perhatikan sebelum menggunakan hand grip (pegangan tangan di mobil), antara lain :

1. Hindari memegang handgrip ketika sedang menyetir

Bagi para pengemudi wajib menghindari memegang handgrip ketika menyetir. Sebaiknya, tangan pengemudi tetap berada di bagian setir atau kemudi mobil agar keamanan selalu terjaga. Memegang hand grup di bangku kemudi justru akan memecah konsentrasi pengemudi ketika mengemudikan mobil.

2. Selalu gunakan sabuk pengaman

Adanya fitur hand grip di mobil, bukan berarti Anda bisa mengabaikan penggunaan sabuk pengaman. Seperti Anda ketahui, sabuk pengaman dirancang demi keamanan pengemudi dan penumpang mobil sehingga mencegah adanya benturan.

Ataupun mencegah penumpang atau pengemudi terpental keluar dari mobil ketika kecelakaan. Selain itu, penggunaan sabuk pengaman juga diwajibkan oleh pihak kepolisian dunia. Menggunakan sabuk pengaman dan hand grip yang sesuai, dapat meningkatkan tingkat keamanan penumpang di dalam mobil.

3. Gunakan hand grip dengan bijak

Meski handgrip dapat mengurangi guncangan atau mencegah perpindahan posisi duduk ketika mobil berjalan. Penggunaan hand grip harus tetap bijak. Anda tidak disarankan untuk memegang fitur tersebut dari awal hingga akhir perjalanan karena dapat meningkatkan risiko cedera pada pergelangan tangan ataupun otot tangan.

Sebaiknya, Anda pegang handgrip ketika mobil hendak melewati jalanan yang curam, terjal, ataupun jalanan rusak. Anda bisa mengikuti imbauan dari pengemudi ketika mobil hendak melewati jalanan yang rusak.

Sekarang Anda sudah mengerti apa fungsi dari hand grip (pegangan tangan di mobil) dan bagaimana cara menggunakannya yang benar. Jangan lupa untuk membersihkan bagian hand grip rutin agar tidak kotor dan menimbulkan bakteri penyebab penyakit. 

Tips Sahabat Lainnya
Memilih Cover Mobil Anti Air yang Bagus dan Aman
Memilih Cover Mobil Anti Air yang Bagus dan Aman
Perawatan mobil tentu harus menyeluruh dari mulai mesin hingga body luarnya. Membiarkan penampilan bodi luar mobil yang rusak akan berpengaruh juga terhadap nilai mobil tersebut seperti cat yang kusam
Di Tengah Isu Virus Corona, Daihatsu Tetap Luncurkan Ayla dan Sirion Terbaru
Di Tengah Isu Virus Corona, Daihatsu Tetap Luncurkan Ayla dan Sirion Terbaru
Tidak ada yang pernah mengira sebelumnya bahwa virus Corona ini akan berdampak pada banyak hal di dunia. Termasuk di Indonesia sendiri pada saat awal isu virus Corona di Wuhan, masyarakat Indonesia ma
Keuntungan dan Kerugian Mesin Diesel
Keuntungan dan Kerugian Mesin Diesel
Di dunia otomotif, kita mengenal dua jenis mesin. Yang pertama adalah mesin diesel dan yang kedua adalah mesin bensin. Di Indonesia sendiri kebanyakan mobil pribadi menggunakan mesin bensin. Sangat be
Adab Bepergian, Membaca Doa Naik Kendaraan Darat
Adab Bepergian, Membaca Doa Naik Kendaraan Darat
Apa yang Sahabat lakukan ketika hendak bepergian? Banyak orang yang akan menjawabnya dengan jawaban membaca doa. Namun tahukah kamu, selain membaca doa perjalanan atau doa naik kendaraan darat, m

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor