Logo Daihatsu
Menu

Perbedaan Mobil SUV Dan MPV yang Wajib Dipahami

Otomotif

2020-11-09

perbedaan suv dan mpv lengkap

Selama beberapa waktu terakhir, mobil SUV dan MPV tengah menjadi perbincangan hangat dan banyak diminati oleh pasar otomotif Indonesia.

Tingginya minat masyarakat, didukung dengan banyaknya mobil berbekal spesifikasi mobil SUV dan MPV yang semakin merajalela. Namun, tahukah Anda perbedaan SUV dan MPV lengkap? Daripada salah kaprah, simak perbedaannya berikut. 

1. Kapasitas Penumpang 

Perbedaan paling mendasar antara mobil MPV dan SUV terletak pada fungsinya. Mobil MPV (Multi Purpose Vehicle) merupakan salah satu jenis mobil keluarga multifungsi, sehingga cocok digunakan untuk mengangkut sejumlah penumpang dengan barang bawaannya sekaligus. Sedangkan mobil SUV (Sport Utility Vehicle) didesain khusus sebagai kendaraan yang mampu menerobos aneka macam kontur jalanan.

Dengan kata lain, kendaraan MPV didesain khusus untuk keluarga dengan mengedepankan kenyamanan serta keamanan selama berkendara. Berdasarkan fungsinya, kendaraan satu ini dapat menampung sekitar 7 orang dewasa sekaligus. Sebab jok pada baris kedua dapat dialih fungsikan menjadi bagasi untuk menyimpan barang bawaan, karena tempat duduk tersebut dapat dilipat. 

Mobil SUV cocok bagi mereka yang mencari kendaraan multifungsi dan kokoh untuk menerjang berbagai kontur jalan. Itulah perbedaan SUV dan MPV lengkapnya. 

2. Material Bodi Kendaraan

Sebelum membeli kendaraan, tentunya bodi kendaraan adalah komponen pertama yang akan diperhatikan. Namun siapa sangka jika dari segi bodi kendaraan, Anda sudah bisa menentukan apakah mobil tersebut sesuai dengan kebutuhan.

Misalnya saja pada bodi mobil SUV, kendaraan ini didesain khusus agar mampu menerjang berbagai medan jalanan tanpa hambatan. 

Oleh sebab itu, produsen mobil SUV mendesain bodi kendaraannya berada di atas sasis. Hal ini dilakukan agar kendaraan dapat melintasi medan yang dipenuhi dengan batuan terjal hingga tanah berlumpur. 

Perbedaan SUV dan MPV lengkap semakin terasa, karena mobil MPV dibuat sedikit lebih lebar dan didesain lebih tinggi demi kenyamanan penumpangnya. 

Baca juga: Sebelum Beli Mobil Baru Ketahui Beda 4 Jenis Mobil Ini 

3. Konsumsi Bahan Bakar 

Sebagai jenis mobil yang menghasilkan tenaga dan torsi dalam jumlah besar, mobil SUV tentunya mengkonsumsi bahan bakar jauh lebih boros dibandingkan mobil MPV. 

Perlu mendapatkan asupan energi lebih banyak, mengingat medan yang harus dilaluinya cukup ekstrim. Sedangkan mobil MPV dilengkapi pengelolaan bahan bakar yang membuatnya irit konsumsi BBM. 

Baca juga: 5 Tips Cermat Memilih Mobil Keluarga yang Baik

4. Kapasitas Mesin 

Perbedaan kedua jenis mobil ini terletak pada segi penggunaan mesinnya. Bekalan mesinnya yang dibawa kedua jenis mobil ini tidaklah sama, mengingat dari segi fungsinya saja sudah berbeda. Pada mobil MPV, para produsen kerap membekalinya dengan mesin berkapasitas di bawah 1.500cc. 

Sebagai mobil gagah nan sporty, mobil SUV disokong dengan tenaga mesin jauh lebih kuat dibandingkan mobil MPV. 

Demi memaksimalkan penggunaannya, mobil satu ini umumnya dibekali mesin dengan kubikasi lebih dari 1.500cc. Dilihat dari kapasitas mesinnya, perbedaan SUV dan MPV lengkap ini tampak jelas terasa.

Berdasarkan ulasan singkat di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa kedua jenis mobil tersebut sangatlah berbeda. 

Bahkan perbedaannya sudah tertorehkan jelas pada fungsinya, dimana MPV lebih cocok digunakan sebagai mobil keluarga. Sedangkan mobil SUV cocok bagi mereka yang menginginkan mobil gagah yang mampu melibas berbagai medan jalanan.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

5 Tanda Air Radiator Mobil Habis & Cara Mengatasinya

2022-08-10

Air radiator mobil adalah sebuah cairan pendingin dan komponen penting yang berfungsi untuk menjaga suhu pada mesin supaya stabil dan tidak overheat. Jangan sampai komponen ini habis. Lantas, apa

thumbnail

Fungsi Intake Valve dan Cara Kerjanya pada Mobil

2023-01-09

Memahami fungsi intake valve beserta cara kerjanya pada mobil bisa dibilang perlu. Seperti diketahui valve pada mobil terbagi menjadi dua yaitu intake dan exhaust. D

thumbnail

Mengenal Istilah Dilarang Parkir, Tanda sampai Aturan yang Berlaku

2021-02-08

Tak dapat dipungkiri, lama-kelamaan ruas jalan saat ini semakin sesak dipenuhi kendaraan pribadi. Hal itu dipicu oleh meningkatnya jumlah kepemilikan kendaraan. 

thumbnail

Aki Basah vs Aki Kering. Pilih Mana?

2021-02-19

Aki atau accumulator yang biasa disingkat accu merupakan salah satu jenis baterai yang umumnya digunakan sebagai penyuplai daya listrik