Logo Daihatsu
Menu

Inilah Aplikasi Cek KIR Mobil dan Tips Pendaftarannya Lengkap

Otomotif

2023-07-31

Inilah Aplikasi Cek KIR Mobil dan Tips Pendaftarannya Lengkap

Aplikasi cek KIR mobil saat ini sudah bisa di unduh oleh masyarakat melalui platform pengunduhan aplikasi di smartform. Seperti diketahui, uji KIR mobil merupakan sebuah uji kelayakan mobil dalam mengangkut penumpang maupun barang ketika berkendara di jalan raya. 

Dengan adanya aplikasi pengecekan KIR mobil tersebut, pemilik mobil tidak perlu wira-wiri ke Samsat. Yuk, langsung ketahui aplikasi selengkapnya beserta cara pendaftarannya seperti berikut.

Aplikasi Cek KIR Mobil

Ada beberapa aplikasi pengecekan KIR mobil yang bisa Anda unduh di smartphone. Berikut aplikasi selengkapnya.

1. Aplikasi e-KIR DLLAJ

Aplikasi e-KIR DLLAJ merupakan aplikasi yang dibuat oleh Dinas Perhubungan. Aplikasi ini memiliki nama yang berbeda-beda tergantung wilayah domisili Anda. Jika Anda tinggal di Jakarta, maka aplikasi yang perlu Anda unduh, memiliki nama e-KIR Jakarta. Untuk wilayah Madiun, aplikasi tersebut bernama Si Pintar Dishub Kab Madiun. Untuk wilayah Yogyakarta diberi nama aplikasi JSS. Untuk wilayah Surabaya, aplikasi uji KIR, diberi nama E-UJI KIR SURABAYA. Sedangkan untuk wilayah lainnya memiliki nama yang berbeda lagi.

2. Aplikasi SIKIR Online

Aplikasi ini, bisa Anda gunakan untuk mengecek uji KIR mobil dari seluruh wilayah yang ada di Indonesia. Anda tinggal menyesuaikan wilayah Anda saja ketika hendak melakukan pengecekan. Anda hanya perlu mengisi Provinsi tujuan dan PKB tujuan di formulir pendaftaran aplikasi tersebut.

Baca Juga : Uji Emisi Mobil: Cara, Biaya, Lokasi, Syarat & Manfaat

Cara Mendaftar Aplikasi Cek Uji KIR

Ada beberapa cara yang bisa Anda contoh ketika Anda hendak mendaftarkan diri untuk menggunakan layanan aplikasi cek uji KIR. Berikut cara selengkapnya. 

1. Unduh terlebih dahulu aplikasi cek uji KIR

Pertama-tama, Anda buka dahulu platform pengunduhan aplikasi di smartphone Anda, seperti Play Store. Kemudian ketik aplikasi e-KIR DLLAJ sesuai wilayah Anda ke kolom pencarian aplikasi. Contohnya, ketik e-KIR Jakarta, tunggu sebentar hingga aplikasi tersebut muncul di halaman platform pengunduhan aplikasi. Kemudian unduh aplikasi tersebut.

2. Install aplikasi cek uji KIR

Setelah aplikasi tersebut sudah Anda unduh, langkah selanjutnya Anda perlu menginstall aplikasi tersebut.

3. Lakukan proses registrasi aplikasi

Langkah selanjutnya, Anda perlu melakukan registrasi atau pendaftaran aplikasi dengan mengisi data diri Anda sesuai yang diminta aplikasi. Misalnya, nama, tempat tanggal lahir, nomor identitas diri, nomor telepon, email aktif, informasi lengkap mengenai kendaraan Anda yang akan diuji.

4. Tunggu hingga proses registrasi di verifikasi

Selanjutnya, Anda perlu menunggu hingga pihak atau petugas verifikasi Dinas Perhubungan menyetujui proses registrasi aplikasi Anda.

5. Kunjungi lokasi uji KIR

Jika proses registrasi aplikasi telah di verifikasi oleh Dinas Perhubungan, maka Anda akan mendapatkan pemberitahuan melalui email atau nomor telepon Anda. Selanjutnya, Dinas Perhubungan akan memberitahukan lokasi pengecekan uji KIR mobil kepada Anda melalui aplikasi tersebut.

6. Lakukan proses uji KIR

Selanjutnya, Anda bawa mobil Anda ke lokasi pengujian KIR, lalu ikuti prosedurnya sampai selesai. Jika mobil Anda dinyatakan lulus uji KIR, maka hasil pengujian tersebut bisa Anda lihat langsung di aplikasi uji KIR yang Anda unduh. 

Demikian cara yang perlu Anda perhatikan ketika hendak mendaftarkan kendaraan Anda untuk uji KIR melalui aplikasi. Selain melalui aplikasi, pengecekan uji KIR bisa Anda lakukan secara online melalui website seperti http://ngekironline.co.id/. 

Selain rutin melakukan uji KIR setiap enam bulan sekali, Anda juga perlu melakukan perawatan mobil secara rutin di bengkel Daihatsu terdekat agar performa mobil saat akselerasi meningkat dan kenyamanan berkendara terjaga. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Jangan Panik, Simak 3 Penyebab dan Cara Memperbaiki Koil Mobil Yang Rusak

2021-01-14

Permasalahan kerusakan pada koil mobil bisa dikarenakan banyak sebab. Meski kerusakan ini kerap sekali terjadi, nyatanya Anda perlu pengetahuan lebih akan cara perbaikan

thumbnail

3 Fungsi Sekring Mobil, Jenis, dan Cara Kerjanya

2022-11-22

Fungsi utama sekring pada mobil sangatlah krusial terutama pada sistem kelistrikan mobil. Komponen ini bertanggung jawab mencegah risiko kerusakan komponen-komponen

thumbnail

Mengenal Bemper Mobil, Mulai dari Fungsi hingga Modifikasi

2020-12-03

Bemper mobil merupakan komponen terluar mobil yang ada di bagian depan atau belakang. Bentuk bemper mobil cukup bervariasi, tergantung dari jenis mobil itu sendiri. Dahulu, bemper mobil

thumbnail

Berapa Standar RPM Normal Mobil Matic? Ketahui Disini!

2022-08-09

Bicara soal otomotif memang tidak akan pernah kehabisan materi untuk dibahas termasuk