Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Inilah Arti Simbol di Dashboard Mobil Agar Nyaman Berkendara
18 April 2023
Inilah Arti Simbol di Dashboard Mobil Agar Nyaman Berkendara

Mengetahui arti simbol di dashboard mobil merupakan hal yang perlu dipelajari. Karena simbol tersebut dapat menjadi sumber informasi apabila mobil mengalami masalah. Di bawah ini akan dijelaskan secara gamblang mengenai beragam simbol di dashboard mobil. Berikut penjelasan selengkapnya.

Arti Simbol di Dashboard Mobil

Ketika Anda menyalakan mobil, maka dashboard akan menyala. Disitu Anda dapat melihat beragam simbol di dalamnya. Setiap simbol tersebut memiliki arti yang berbeda-beda dan fungsi yang berbeda. Agar Anda tidak penasaran mengenai arti simbol di dashboard mobil tersebut, yuk perhatikan penjelasan berikut.

1. Simbol temperatur mesin

Simbol di atas dapat diartikan sebagai simbol temperatur mesin. Simbol ini berfungsi memberikan informasi mengenai kondisi suhu mesin mobil apakah terlalu panas (overheat) atau normal.

Jika suhu mesin mobil terlalu panas maka simbol ini menyala merah. Namun, jika suhu mesin mobil masih normal maka simbol akan menyala dengan warna biru. 

2. Simbol tekanan oli mesin

Apabila Anda melihat simbol berbentuk teko dengan tetesan air, berarti Anda sedang menemukan simbol tekanan oli mesin.

Apabila simbol ini menyala, maka dipastikan jumlah oli di bawah standar jumlah sistem pelumas mobil. Oleh karena itu, Anda sebaiknya perlu melakukan penggantian oli dengan segera. Sebaiknya, pengganti oli ini dilakukan sebelum mobil Anda menempuh jarak 10.000 kilometer. 

Baca Juga : 9 Rekomendasi Hiasan Dashboard Mobil Yang Keren dan Unik

3. Simbol check engine

Simbol di atas merupakan simbol check engine, yaitu simbol yang menginformasikan mengenai kondisi mesin mobil yang bermasalah. Memang benar, apabila mesin mobil bermasalah maka simbol ini akan menyala

Namun, simbol ini juga bisa menyala karena disebabkan oleh banyak faktor lainnya. Sebaiknya, ketika simbol ini menyala, Anda segera bawa mobil Anda ke bengkel Daihatsu terdekat untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

4. Simbol minyak rem

Jika Anda melihat simbol tanda seru di dalam lingkaran, dan di luar lingkaran tersebut terdapat tanda kurung. Itu artinya Anda sedang melihat simbol mengenai minyak rem. Simbol ini akan menyala apabila kapasitas minyak rem berkurang atau di bawah standar kebutuhan. 

5. Simbol pengisian aki

Jika Anda melihat simbol gambar persegi panjang dan di dalamnya terdapat tanda plus dan minus. Itu artinya Anda sedang melihat simbol pengisian aki. Apabila aki mobil sudah soak, maka simbol ini akan terus menerus menyala. Selain itu, simbol ini dapat berfungsi memberikan informasi mengenai keadaan kabel mobil apakah sudah waktunya diganti atau belum.

6. Simbol Electric Power Steering (EPS)

Jika Anda melihat simbol berupa di setir mobil dengan tanda seru di sebelah kanannya di dalam dashboard mobil. Maka Anda sedang melihat simbol EPS (Electric Power Steering). Simbol ini dapat Anda gunakan ketika Anda hendak memutar kemudi atau setir.

Dengan menekan simbol ini maka daya putar kemudi akan menjadi lebih ringan. Selain itu, simbol ini juga memiliki sensor pembaca laju mobil sehingga performa mobil dapat selalu stabil ketika bermanuver.

Baca Juga : 5 Cara Membersihkan Dashboard Mobil yang Kusam Kembali Seperti Baru

7. Simbol bahan bakar

Jika Anda melihat simbol bergambar seperti SPBU mini maka simbol tersebut dapat diartikan sebagai simbol bahan bakar. Simbol ini akan menyala apabila jumlah bahan bakar berkurang dan hampir habis. 

Demikian arti dari beberapa simbol di dashboard mobil. Sebenarnya masih banyak lagi simbol-simbol yang lain. Agar Anda lebih memahami arti simbol tersebut, Anda bisa melihat artinya di buku panduan pengemudi dari pabrikan mobil yang Anda beli. Atau bisa juga Anda ketahui artinya melalui platform media di internet. Semoga informasi di atas bermanfaat. 

Tips Sahabat Lainnya
Doa Bepergian Agar Selalu Dilindungi Allah SWT
Doa Bepergian Agar Selalu Dilindungi Allah SWT
Saat bepergian, biasakan untuk selalu mengawalinya dengan doa. Doa untuk memulai perjalanan adalah cara yang baik dan penting untuk memulainya dengan doa bepergian. Hal ini dikarenakan, tidak akan ada
11 Rekomendasi Merk Cat Mobil yang Awet dan Bagus
11 Rekomendasi Merk Cat Mobil yang Awet dan Bagus
Rekomendasi merk cat mobil dengan kualitas bagus sehingga bisa bertahan lama memang selalu dibutuhkan oleh pemilik mobil hingga pecinta otomotif. Hal itu dikarenakan memiliki mobil dengan warna mengil
7 Rekomendasi Pembersih Kaca Mobil Terbaik
7 Rekomendasi Pembersih Kaca Mobil Terbaik
Di musim penghujan seperti ini, semua kendaraan yang beroperasi di jalanan tentu tidak luput dari yang namanya kena hujan. Hujan yang hampir mengguyur setiap hari, membuat kendaraan menjadi cepat koto
20 Rekomendasi Parfum Mobil Terbaik & Wangi Tahan Lama
20 Rekomendasi Parfum Mobil Terbaik & Wangi Tahan Lama
Selera wangi parfum mobil itu tergantung masing-masing individu. Cocok untuk orang lain belum tentu cocok untuk kita. Daripada bingung, di bawah ini ada 20 terbaik dengan berbagai rentang harga dan v

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku