Logo Daihatsu
Menu

Jakarta-Semarang Berapa Jam Naik Mobil? Ini Pilihan Rute Terbaik

Travel

2023-08-03

Jakarta-Semarang Berapa Jam Naik Mobil? Ini Pilihan Rute Terbaik

Berbicara destinasi wisata indah, tidak melulu terdapat di luar negeri. Sebab, bisa Anda temukan di beberapa wilayah di Indonesia, seperti kota Semarang. Seperti diketahui, wisata di kota Semarang ini memiliki panorama yang mirip dengan kota Venesia, Italia karena memiliki banyak sungai dan gondola di dalam kota. Sebelum mengunjungi kota ini dari Jakarta, Anda perlu mengetahui informasi mengenai Jakarta-Semarang berapa jam naik mobil beserta rute perjalanannya. Untuk selengkapnya, yuk perhatikan informasi berikut ini.

Jakarta-Semarang Berapa Jam?

Jakarta-Semarang kira-kira berapa jam jika ditempuh melalui jalur darat dengan naik mobil? Jika dilihat dari jarak antar kota tersebut, yang memiliki jarak kurang lebih 450 meter, estimasi waktu yang dibutuhkan sekitar enam sampai tujuh jam. Dengan syarat kondisi lalu lintas tidak padat dan macet, dan Anda tidak banyak menghabiskan waktu ke rest area.

Rute Jakarta-Semarang Terbaik via Darat dengan Mobil

Ada beberapa rute perjalanan terbaik yang perlu Anda ketahui, jika Anda hendak melakukan perjalanan dari kota Jakarta ke kota Semarang. Berikut rute selengkapnya.

1. Rute Tol

Rute pertama, Anda bisa menggunakan rute jalan tol. Seperti Anda ketahui, jalan tol merupakan rute tercepat jalur darat karena memang didesain pemerintah untuk melakukan rekayasa lalu lintas, ketika kondisi jalanan macet. 

Oleh karena itu, jalan tol sering disebut dengan jalan bebas hambatan. Adapun rute tol yang perlu Anda lalui ketika melakukan perjalanan dari Jakarta ke Semarang, beserta estimasi biaya tol. 

  • Rute Jalan Tol Jakarta-Cikampek, estimasi biaya tol Rp20.000
  • Rute Jalan Tol Cikopo-Palimanan, estimasi biaya tol Rp119.000
  • Rute Jalan Tol Palimanan-Kunci, estimasi biaya tol Rp12.500
  • Rute Jalan Tol Kanci-Pejagan, estimasi biaya tol Rp29.500
  • Rute Jalan Tol Pejagan-Pemalang, estimasi biaya tol Rp60.000
  • Rute Jalan Tol Pemalang-Batang, estimasi biaya tol Rp45.000
  • Rute Jalan Tol Batang-Semarang, estimasi biaya tol Rp86.600
  • Rute Jalan Tol Semarang ABC, estimasi biaya Rp5.500

Jika di total seluruhnya, tarif tol mobil yang perlu Anda bayarkan dari Jakarta ke Semarang sebesar Rp378.100. 

Baca Juga : Dijamin Nagih, Inilah 20 Makanan Khas Semarang yang Wajib Dicicipi

2. Rute Non-tol

Rute kedua, Anda bisa menggunakan rute non jalan tol. Rute ini, tentunya memiliki estimasi waktu yang jauh lebih lama dibandingkan dengan melewati rute sebelumnya. Namun, pemilihan rute non jalan tol, bisa Anda pilih jika Anda ingin mampir ke beberapa kota lainnya, untuk membeli oleh-oleh ataupun sekedar menikmati pemandangan alam di daerah tersebut. Adapun rute non jalan tol Jakarta-Semarang sebagai berikut. 

Pertama, Anda perlu melewati wilayah Bekasi, kemudian lanjut ke Karawang, selanjutnya menuju Subang, Jawa Barat. Setelah sampai disana, Anda perlu melewati perbatasan antara wilayah Jawa Barat dan Jawa Tengah. Kemudian Anda lanjutkan perjalanan ke Brebes, lalu lanjutkan ke Tegal. Untuk sampai ke Semarang, Anda perlu menempuh jarak kurang lebih 85,5 mil atau 143 km dari Tegal. Untuk estimasi waktunya sendiri kurang lebih 110 menit.

Baca Juga : Daftar Tarif Tol Trans Jawa Terbaru 2023 dengan Golongannya

Demikian rute yang bisa Anda pilih jika hendak berkunjung ke Semarang dari Jakarta menggunakan mobil. Agar kenyamanan dan keamanan perjalanan Anda selalu terjamin, Anda perlu mempersiapkan beberapa hal berikut. Siapkan akomodasi biaya perjalanan, makanan dan minuman, uang tunai, kuota internet untuk layanan peta online, obat-obatan, kondisi fisik yang bugar, serta kondisi mobil yang sehat. 

Agar mobil Anda layak digunakan untuk perjalanan jauh, Anda perlu mengecek kondisi ban, mesin, hingga komponen lainnya. Pastikan mobil Anda servis di bengkel Daihatsu untuk mendapatkan performa dan akselerasi mobil yang maksimal. 


Tag

Travel

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

4 Perbedaan Snorkeling dan Diving yang Wajib Diketahui, Dijamin Tidak Salah Sebut Lagi

2020-12-01

Snorkeling disebut pula dengan selam permukaan. Hal tersebut dikarenakan snorkeler melakukan kegiatan penyelaman untuk melihat biota laut, tetapi tubuh mereka tetap mengambang di permukaan.K

thumbnail

Menengok Keindahan Pantai Merah Muda di Nusa Tenggara Timur

2021-01-21

Pantai Merah Muda merupakan salah satu keindahan alam yang tersimpan di Nusa Tenggara Timur (NTT). Karena keindahannya ini lah Pantai Merah Muda menjadi salah satu tempa

thumbnail

5 Wisata Belitung Selain Pantai yang Wajib Dikunjungi

2020-11-10

Bagian dari Provinsi Bangka Belitung, Belitung merupakan kabupaten yang berbatasan dengan selat dan laut sehingga memiliki banyak destinasi berpantai. Dengan masyarakat yang sebagian besar bermata

thumbnail

Deretan Makanan Khas Vietnam yang Populer

2021-04-20

Makanan khas Vietnam merupakan hal wajib yang perlu dicoba oleh seorang traveller saat mengunjungi tempat wisata di berbagai penjuru Vietnam. Karena ketika sudah pulang