Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Jenis Jenis Bagasi Mobil, Yuk Pilih yang Terbaik!
21 Desember 2023
Jenis Jenis Bagasi Mobil, Yuk Pilih yang Terbaik

Saat bepergian jauh menggunakan mobil, baik untuk pulang kampung, liburan, dan hal lainnya, pastinya Anda akan membawa banyak barang. Karena hal tersebutlah, peran bagasi mobil sangat penting. Nah, ada beberapa jenis bagasi mobil tambahan yang dapat Anda gunakan agar semua barang bawaan bisa dibawa secara lebih aman. Untuk mengetahuinya bisa langsung saja simak selengkapnya berikut.

Inilah jenis-jenis bagasi untuk mobil dapat Anda pilih sesuai kebutuhan. 

1. Roof Bag 

Jenis pertama ada roof bag. Untuk yang ini adalah jenis yang mirip seperti tas, tapi tentunya ukurannya lebih besar daripada tas pada umumnya. Roof Bag biasa terbuat dari bahan lunak, seperti dari parasut sehingga untuk penyimpanan bisa lebih mudah saat tidak digunakan. 

Karena berupa kain parasut ada baiknya memilih yang benar-benar anti air agar barang bawaan dalam roof bag bisa terlindungi. Ya, untuk penempatannya, bagasi ini ditempatkan di atas mobil, jadi sangat rawan terhadap pancaran sinar matahari, dan bisa terguyur air hujan.

2. Roof Box 

Masih dengan jenis bagasi mobil yang dipasang di atas mobil, selanjutnya ada roof box. Secara fungsi jelas sama seperti roof bag, yaitu untuk menyimpan barang-barang bawaan. Tapi untuk roof box memiliki bahan lebih tahan air. Roof box adalah box dari bahan plastik yang anti air, sehingga tergolong lebih melindungi barang dari air dan sinar matahari. 

Kelebihan lainnya adalah mudah dibongkar dan dipasang kembali, jadi saat tidak dibutuhkan bisa dibongkar, dan dipasang ketika dibutuhkan. Selain itu, pemasangan roof box termasuk mudah, sebab tak perlu membuat lubang di atap mobil, Anda tinggal jepitkan saja di antara atap dan pintu.

3. Roof Rack 

Jenis bagasi mobil tambahan berikutnya adalah roof rack. Seperti namanya ini adalah bagasi yang berbentuk rak, biasanya terbuat dari bahan metal keras, sehingga lebih kokoh. Untuk penempatannya, bagasi satu ini juga diletakkan di atas atap mobil. 

Jika dibandingkan dengan dua jenis sebelumnya, jenis ini lebih terbuka, sehingga ada baiknya untuk tidak meletakan barang yang dapat rusak jika terkena air atau matahari. Perlu diketahui juga, jika penggunanya bisa merusak atap mobil, terlebih jika roof rack terlalu berat, maka atap mobil bisa saja penyok dan juga mempengaruhi kestabilan berkendara.

4. Roof Basket 

Roof basket juga merupakan bagasi yang penempatannya ada di atas atap mobil. Nah, untuk bentuknya hampir mirip seperti roof rack, tapi untuk yang ini dilengkapi dengan jaring. Sehingga bisa mudah untuk disesuaikan kebutuhan, misal Anda dapat menambahkan terpal sebagai pelindung barang bawaan dari panas dan hujan. 

Dengan adanya jaring, tentunya dapat membuat barang bawaan lebih aman. Jika dibandingkan dengan roof rack, roof basket biasanya relatif lebih ringan.

Baca Juga : 9 Cara Efektif Mengatur Barang di Bagasi Mobil Belakang

5. Bags Carrier 

Ada juga bagasi mobil yang dapat dipasang atau diletakkan di bagian belakang mobil. Ya, jika mencari bagasi tambahan yang pemasangannya tidak di atap, maka bisa pilih bags Carrier. Untuk tampilan dan bahan yang digunakan bags carrier ini hampir mirip seperti roof bag, hanya peletakan saja yang berbeda.

Meskipun tidak diletakan di atap, tetap saja baiknya memilih bags carrier dengan bahan terbaik agar barang bawaan terlindungi secara maksimal dari air dan sinar matahari. Selain itu, bags carrier yang ditempatkan di belakang mobil pun tergolong kuat, sebab tak jarang ada yang menggunakannya untuk membawa sepeda. 

Silakan pilih roof box, roof bag, roof rack, roof basket, atau bags carrier untuk memudahkan menyimpan dan menambah barang bawaan selama berkendara. Pastikan memilih yang tepat, agar berkendara tanpa khawatir. Semoga bisa bermanfaat. 

Tips Sahabat Lainnya
Penyebab Rusaknya Power Steering Mobil
Penyebab Rusaknya Power Steering Mobil
Bagi pecinta mobil tentu tak asing dengan istilah power steering. Power steering yang notabene merupakan teknologi yang sudah diaplikasikan di mobil terbaru memiliki segudang manfaat. Ada banyak sekal
Keuntungan dan Kerugian Mesin Diesel
Keuntungan dan Kerugian Mesin Diesel
Di dunia otomotif, kita mengenal dua jenis mesin. Yang pertama adalah mesin diesel dan yang kedua adalah mesin bensin. Di Indonesia sendiri kebanyakan mobil pribadi menggunakan mesin bensin. Sangat be
Arti Dari Kode Ukuran Ban Mobil
Arti Dari Kode Ukuran Ban Mobil
Untuk dapat memilih ban bagi kendaraan otomotif seperti mobil, hal pertama yang harus dipahami adalah spesifikasi dari ban tersebut. Spesifikasi dari ban sebenarnya dapat dipahami apabila seseorang ma
Air Radiator Mobil yang Bagus
Air Radiator Mobil yang Bagus
Memilih air radiator untuk mesin mobil yang bagus sangat penting untuk menjaga suhu mesin mobil agar tetap ideal. Penggunaan air radiator mobil yang tidak tepat dapat berimbas kepada mesin mobil yang

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku