Logo Daihatsu
EN | ID

Tips Sahabat

Bagikan
Kopling Mobil Keras? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya
16 Februari 2023
Kopling Mobil Keras? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Anda pasti pernah merasakan pedal kopling mobil keras saat diinjak. Kondisi ini sangat menjengkelkan karena dapat mengacaukan konsentrasi ketika berkendara. Untuk menghindari hal tersebut terjadi, Anda perlu mengetahui penyebab dan cara mengatasi kopling keras seperti berikut.

Penyebab Kopling Mobil Terasa Keras dan Cara Mengatasinya

Berikut hal-hal yang menyebabkan kopling mobil terasa keras dan cara mengatasinya.

1. Kampas kopling sudah aus

Kampas kopling mobil yang sudah aus atau menipis, dapat menyebabkan gesekan antar komponen pengereman mobil lebih besar. Hal tersebut dapat menyebabkan kerusakan pada komponen mesin dan komponen sistem pengereman mobil lainnya. Serta dapat menyebabkan kopling mobil terasa keras saat diinjak. Untuk mengatasinya, Anda perlu melakukan penggantian kampas kopling yang sudah aus atau sudah menipis dengan komponen yang baru.

2. Kabel kopling kering

Kopling mobil yang terasa keras saat digunakan juga dapat disebabkan oleh keringnya kabel kopling. Kondisi tersebut terjadi karena jumlah oli sebagai pelumas berkurang. Untuk mengatasinya, Anda perlu melakukan pengecekan kabel kopling, dan memberikan pelumas secara rutin.

3. Matahari kopling sudah aus

Kondisi matahari kopling yang sudah aus atau usang karena faktor usia pemakaian dapat menyebabkan kopling menjadi keras. Kondisi tersebut terjadi karena daya tekanan yang dihasilkan matahari kopling (cover clutch) sudah melemah.

Hal tersebut menyebabkan kinerja dari komponen pressure plate terganggu sehingga transmisi mobil sulit digerakkan.Untuk mengatasinya, Anda perlu melakukan penggantian matahari kopling ke dealer Daihatsu terdekat. Pemasangan matahari kopling tidak bisa dilakukan dengan sembarangan, karena apabila kurang tepat kinerja transmisi mobil akan terganggu.

4. Release bearing rusak

Penyebab selanjutnya, disebabkan oleh kondisi release bearing yang rusak. Komponen ini berfungsi sebagai pendorong pegas diafragma cover clutch. Apabila release bearing rusak maka pegas diafragma akan tergerus dan melemahkan tekanan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Anda perlu melakukan penggantian release bearing yang rusak dengan komponen yang baru.

Baca Juga : Kampas Kopling Mobil Baru Tapi Masih Selip

5. Memiliki kebiasaan yang buruk ketika mengemudikan mobil

Kebiasaan buruk ketika mengemudikan mobil juga dapat menyebabkan kondisi kopling mobil menjadi keras. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda perlu menghindari kebiasaan buruk seperti berikut.

  • Kebiasaan melepas dan menginjak kopling secara spontan menyebabkan kopling terasa berat, dan membuat kampas kopling menjadi cepat aus. Untuk mengatasinya, Anda harus menghindari meletakkan kaki Anda di atas kopling sepanjang perjalanan. Injak kopling sesuai kebutuhan saja, yaitu ketika sedang memindahkan gigi atau hendak memberhentikan mobil. Injak dan lepas kopling secara halus dan perlahan.
  • Kebiasaan menggunakan teknik setengah kopling ketika mobil menanjak dapat memperpendek usia komponen pada sistem kopling mobil. Juga dapat menyebabkan, kinerja engine mounting tidak optimal sehingga mesin mobil mudah bergetar. Untuk mengatasinya, Anda hanya perlu menggunakan rem tangan ketika sedang menahan mobil di area tanjakan.
  • Kebiasaan menggunakan gigi dua atau tiga ketika mulai menjalankan mobil atau start. Kondisi tersebut dapat mempercepat kerusakan komponen sistem kopling mobil. Selalu gunakan gigi satu ketika mobil akan melaju atau posisi start. 

Demikian penyebab dan cara mengatasi kondisi kopling mobil yang terasa keras saat diinjak. Agar kondisi kopling Anda terasa ringan saat digunakan.

Pastikan Anda selalu melakukan pengecekan dan perawatan menyeluruh terhadap semua komponen sistem kopling mobil secara rutin dan berkala. Bawa mobil Anda di dealer Daihatsu terdekat agar mendapatkan penanganan dari tenaga ahli dan komponen yang berkualitas. 

Tips Sahabat Lainnya
Tips Mengenali Gejala Busi Mobil Rusak
Tips Mengenali Gejala Busi Mobil Rusak
Busi memegang peranan penting sebagai salah satu komponen suku cadang kendaraan otomotif termasuk mobil. Busi mobil yang bermasalah dapat menyebabkan mesin mobil tidak dapat bekerja secara seimbang ak
AC Mobil Serta Cara Kerjanya
AC Mobil Serta Cara Kerjanya
AC Mobil yang menjadi solusi saat berada di cuaca di Ibu Kota yang sangat terik. Indonesia merupakan negara tropis dengan suhu udara yang cukup panas terlebih saat musim kemarau tiba. Di saat seperti
Adab Bepergian, Membaca Doa Naik Kendaraan Darat
Adab Bepergian, Membaca Doa Naik Kendaraan Darat
Apa yang Sahabat lakukan ketika hendak bepergian? Banyak orang yang akan menjawabnya dengan jawaban membaca doa. Namun tahukah kamu, selain membaca doa perjalanan atau doa naik kendaraan darat, m
20 Rekomendasi Parfum Mobil Terbaik & Wangi Tahan Lama
20 Rekomendasi Parfum Mobil Terbaik & Wangi Tahan Lama
Selera wangi parfum mobil itu tergantung masing-masing individu. Cocok untuk orang lain belum tentu cocok untuk kita. Daripada bingung, di bawah ini ada 20 terbaik dengan berbagai rentang harga dan v

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor