Logo Daihatsu
Menu

Lebih Praktis, Begini Tata Cara Cek Koil Mobil Injeksi yang Bisa Dicoba

Otomotif

2021-01-14

cara cek koil mobil

Tak hanya berperan penting dalam kendaraan bermesin bensin semata, koil atau ignition coil pula memiliki tanggung jawab besar pada kendaraan roda empat injeksi. Dimana koil berfungsi guna menyalurkan listrik bertegangan tinggi yang diciptakan oleh kumparan sekunder atas perintah ECU menuju busi. Agar kondisinya tetap baik, hendaknya Anda melakukan cara cek koil mobil injeksi berikut.

1. Mempersiapkan Peralatan yang Dibutuhkan

Sebelum melakukan pengecekan coil pada kendaraan kesayangan, persiapkan terlebih dahulu beberapa peralatan yang dibutuhkan. Pertama siapkan satu buah busi berkondisi bagus yang bisa berfungsi secara normal dan setipe dengan busi pada mobil tercinta. Bila tidak tersedia, maka Anda perlu melepas salah satu busi yang telah terpasang pada mobil.

Persiapkan pula beberapa kunci guna membuka koil kendaraan roda empat. Selanjutnya lepas seluruh socket injektor dari injektornya secara langsung. 

Anda juga bisa melepaskan relay khusus untuk injektor, agar mencegah semburan bahan bakar saat proses pemeriksaan berlangsung. Kemudian tarik rem tangan dan tuas persneling posisi netral.

Baca Juga: Yuk, Intip Bagaimana Cara Setting Idle Up AC Mobil Injeksi dengan Benar

2. Mengajak Satu Orang Guna Membantu Anda

Ketika Anda akan mengecek koil mobil, cobalah untuk meminta bantuan pada orang terdekat. Hal ini tentunya bertujuan agar Anda bisa bekerja lebih mudah saat memeriksa keadaan koil busi pada kendaraan. Tak hanya itu saja, kehadiran orang lain ini juga bisa membantu Anda dalam men-starter engine selama proses pengecekan.

3. Melepaskan Seluruh Kabel Injektor dan Koil Busi

Usai meminta bantuan kepada orang terdekat, selanjutnya buka kap mesin pada mobil. Kemudian cari soket injektor yang terdapat di dalam bagian engine. 

Lepaskan semua soket injektor tersebut beserta relay dari induk injektornya. Hal ini bertujuan guna mencegah semburan bahan bakar saat proses pengecekan dilakukan.

Bila socket telah dilepaskan, cari kunci pas nomor 10 atau sesuai dengan ukuran baut koil busi pada kendaraan Anda. Kemudian lepas seluruh koil dari mobil. 

Perlu diingat, dalam melakukan hal ini jangan sampai Anda melepas kabel koil pada busi. Anda pun harus melakukannya secara perlahan dan hati hati.

4. Memasang Busi yang Telah Dipersiapkan

Setelah melepaskan semua koil, berikutnya yakni memasang busi untuk memeriksa kondisi koil busi. Anda bisa memasangnya busi yang telah dipersiapkan sebelumnya pada koil yang telah terlepas dari mesin. Caranya yaitu pegang bagian belakang koil yang dekat dengan socket lalu tempelkan bodi busi ke bagian bodi mesin guna mendapatkan grounding.

5. Menghidupkan Engine

Untuk cara satu ini, Anda bisa menyuruh rekan Anda untuk coba menghidupkan mesin kendaraan. Hal ini harus dilakukan saat Anda sedang memegang koil yang businya menempel pada bodi mesin. Kemudian cara cek koil mobil yang terakhir, yakni perhatikan nyala percikan api yang keluar dari busi apakah telah menyala dengan baik.

Baiknya, proses pemeriksaan koil pada kendaraan ini dilakukan sebelum komponen mengalami kerusakan. Karena jika Anda tidak segera melakukan perawatan secara rutin, maka yang mengalami kerusakan bukan hanya koil pada busi semata namun komponen engine lainnya juga bisa terkena masalah. Tentunya hal ini tidak ingin terjadi pada mobil tercinta, bukan?

Baca Juga: Yuk, Simak Cara Starter Mobil yang Benar dan Aman


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Rem Mobil Bunyi Mendesis? Mungkin Ini Sebabnya!

2020-11-17

Rem mobil bunyi mendesis adalah salah satu masalah yang lazim dialami pada rem mobil. Jangan sampai menyepelekan masalah ini saat menimpa mobil Sahabat. Sebab, hal itu b

thumbnail

Hati-hati, Efek Buruk Ini Bisa Terjadi Saat Stang Piston Mobil Bengkok

2022-04-12

Mobil bisa dikendarai dengan aman dan nyaman saat semua komponennya bisa berfungsi dengan baik. Namun apa jadinya jika salah satu komponen tersebut  mengalami kerus

thumbnail

Tips Hemat Memperbaiki Transmisi CVT Mobil

2022-05-20

Siapa sih yang tidak nyaman dengan kendaraan bertransmisi CVT? Ya, transmisi yang tidak menggunakan girboks ini memang lebih ringan dan banyak digemari oleh pengendara,

thumbnail

Penyebab Bearing Roda Mobil Cepat Rusak

2022-02-14

Bearing adalah salah satu komponen mobil yang paling penting karena berfungsi untuk mendukung putaran poros pada ban atau roda mobil. Jadi, supaya roda mobil bisa digera