Logo Daihatsu
Menu

Manfaat Memberikan Grease pada Terminal Positif Aki Mobil

Otomotif

2022-05-22

Pemberian Grease pada Terminal Positif Aki Mobil

Anda mungkin seringkali menemukan para mekanik atau pekerja di bengkel yang memberikan grease atau gemuk pada bagian terminal positif dari aki mobil. Tindakan ini walaupun terkesan sepele tapi ternyata memiliki manfaat yang cukup penting.

Manfaat Pemberian Grease pada Terminal Positif Aki Mobil

Grease atau gemuk umumnya diberikan pada terminal positif dari aki mobil tipe konvensional atau basah. Tujuan utamanya adalah untuk mencegah munculnya kerak atau jamur pada bagian terminal positif tersebut.

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan munculnya jamur yang mengganggu ini, seperti kelembapan, oksidasi air aki yang merupakan cairan elektrolit, panas yang berlebih pada kutub positif dari aki, longgarnya penjepit kedua kutub pada aki, ataupun karena volume air aki yang berlebih.

Jamur pada aki mobil biasanya berwarna putih dan menumpuk di area kepala aki. Pemberian grease diketahui bisa mencegah munculnya jamur ini.

Meskipun bermanfaat, pemberian grease pada terminal positif aki juga tidak boleh terlalu berlebihan. Pemberian grease yang berlebihan justru bisa berisiko mengganggu aliran arus listrik dari aki ketika mesin mobil dihidupkan. Disarankan untuk mengoleskan grease secukupnya saja hingga membentuk lapisan tipis.

Tips Membersihkan Jamur yang Terlanjur Muncul Pada Kepala Aki

Jika Anda sudah terlanjur menemukan jamur putih yang menumpuk di bagian terminal positif aki mobil, tidak perlu panik. Jamur atau kerak berwarna putih ini memang bisa berisiko memperpendek usia pemakaian aki, tapi cara membersihkannya sebenarnya cukup sederhana.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Jamur Pada Kaca Mobil

Jamur ini umumnya akan bisa dibersihkan dengan mudah menggunakan air panas yang disiramkan langsung ke area yang terkena jamur tersebut. Supaya pembersihannya bisa lebih efektif dan cepat, disarankan menggunakan air panas dengan suhu minimal sekitar 70oC. 

Jika air panas masih belum bisa menghilangkan jamur dengan sempurna, Anda bisa lanjut membersihkannya dengan menggunakan sikat gigi bekas yang disikatkan perlahan ke area kepala aki yang berjamur. Cara ini akan sangat membantu membersihkan celah atau bagian yang sempit dan sulit terjangkau pada aki.

Supaya lebih mudah dalam membersihkannya, Anda bisa juga melepaskan aki terlebih dulu dengan hati-hati. Setelah proses pembersihan selesai dilakukan, jangan lupa untuk menyiapkan kain lap bersih yang kering dan grease atau gemuk. 

Kain lap berguna untuk mengelap air bekas proses pembersihan yang mungkin menetes di tempat lain dan bisa meningkatkan kelembapan, sementara grease bisa Anda gunakan untuk mempermudah pemasangan kembali aki yang sudah dilepas tadi dan sekaligus melumuri bagian kutub positifnya untuk mencegah timbulnya jamur lagi.

Mencegah Timbulnya Jamur Pada Aki Mobil Dengan Service Rutin

Salah satu cara yang paling ampuh untuk mencegah timbulnya jamur putih yang bisa mengurangi usia aki adalah dengan rajin melakukan servis secara rutin. Bagi Anda pengguna mobil Daihatsu, Anda sekarang tidak perlu khawatir dan bingung lagi ketika jadwal service rutin sudah dekat, karena sekarang sudah ada layanan Daihatsu We Care khusus untuk Anda.

Service rutin idealnya dilakukan tiap 6 bulan sekali atau pada kelipatan 10.000 KM, dan layanan service Daihatsu We Care yang lengkap akan bisa sangat membantu Anda. Beberapa layanan unggulan kami di antaranya adalah booking service, spare part 24 jam atau gratis, servis super cepat, mobile service, hingga adanya garansi servis.

Sekarang Anda tidak perlu lagi dipusingkan dengan berbagai penghambat servis rutin, seperti rasa malas dan ribet atau kesibukan aktivitas. Untuk informasi lebih lengkapnya, bisa dilihat di laman home page kami.


Tag

Otomotif

Share This