Logo Daihatsu
Menu

Mengenal Cara Kerja Mesin 4 Tak Pada Kendaraan Kesayangan

Otomotif

2021-03-22

mengenal mesin 4 tak

Hampir seluruh lapisan masyarakat kini telah memiliki kendaraan pribadi, baik kendaraan roda dua maupun empat. Ketika diperhatikan secara detail, Anda bisa menemukan informasi yang menyebutkan bahwa mesin kendaraan menggunakan 4 stroke engine. Sebenarnya bagaimana cara kerja mesin 4 tak? Berikut ulasannya.  

1. Langkah Hisap (Intake)

Langkah hisap atau intake merupakan tahapan ketika katup intake membuka lalu menghisap campuran bahan bakar yang sebelumnya telah dikabutkan. Dalam langkah hisap sendiri terjadi beberapa proses. 

Pertama tama, piston bergerak dari TMA (titik mati atas) lalu dilanjutkan menuju TMB (titik mati bawah). 

Setelahnya klep inlet terbuka yang membuat bahan bakar mengalir masuk ke bagian silinder mesinnya. Tahapan selanjutnya kruk As berputar hingga 180°, noken As berputar hingga 90°, serta menghasilkan tekanan negatif. 

Kondisi inilah yang membuat pasa piston mampu menghisap kabut udara dan terjadi penyaluran bahan bakar menuju silinder. 

Proses ini berhasil membuat kabut udara serta bahan bakar masuk ke dalam silinder akibat dipengaruhi oleh tenaga mesinnya. Sedangkan besarnya tenaga mesin yang mampu diproduksi, dipengaruhi oleh faktor jumlah pembakaran pada sumber energi mesin. Setelah cara kerja mesin 4 tak pertama selesai dilakukan, otomatis mesin akan masuk ke tahapan selanjutnya. 

Baca Juga: Cara Kerja Karburator Mobil

2. Langkah Kompresi (Compression)

Prinsip kerja 4 stroke engine selanjutnya yaitu tahapan kompresi. Pada tahapan kali ini klep inlet akan menutup, sedangkan piston akan bergerak mendorong ke arah ruang bakar akibat adanya momentum kruk as flywheel. Pada tahapan kali ini pun terjadi dalam beberapa langkah sebelum masuk ke tahapan ketiga. 

Pertama tama piston bergerak menuju TMB menuju ke TMA yang diikuti dengan klep in dan klep ex mulai menutup. Bahan bakar yang sudah berada di dalam kubah pembakaran akan dimampatkan. 

Sebelum TMA menginjak pada posisi 15°, busi kendaraan mulai menghasilkan bunga api yang membantu proses pembakaran. 

3. Langkah Tenaga atau Pembakaran (Combustion)

Langkah tenaga atau pembakaran ini merupakan cara kerja mesin 4 tak paling penting. Sebab pada tahapan inilah pembuatan tenaga penggerak kendaraan mulai dilakukan. 

Tenaga didapatkan dari campuran udara dan bahan bakar yang mulai dikompresi, lalu dinyalakan oleh bantuan busi mesin di ruang pembakaran. 

Saat busi mesin mulai menyala, otomatis kecepatan pembakaran akan merambat hingga menghasilkan ledakan yang tertahan pada bagian dinding kepala silinder. 

Kondisi inilah yang menimbulkan umpan balik saat menghasilkan tenaga. Ledakan sempurna di dalam ruang pembakaran membuat piston terlempar dari TMA menuju TMB. 

Alhasil klep intel menutup sempurna, lalu klep buang perlahan membuka akibat terjadinya dorongan. Selanjutnya terjadilah proses transformasi gerak bolak balik pada piston yang mampu menghasilkan energi rotasi pada kruk As. Bahkan putaran noken As berubah menjadi 270° yang diklaim mampu hasilkan energi yang ramah bagi lingkungan. 

Baca Juga: Sudah Tahu Cara Kerja Kopling Mobil? Simak Penjelasannya Disini

4. Langkah Buang (Exhaust)

Langkah buang tidak kalah penting dalam rangkaian cara kerja mesin 4 tak. Sebab piston mendorong gas sisa pembakaran yang dikeluarkan dari silinder akan mengarah menuju pipa knalpot. 

Proses pembuangan gas sisa pembakaran harus terjadi optimal demi menekan resiko munculnya gas baru yang tereduksi bersama dengan tenaga baru. 

Sesuai pemberian namanya sendiri, 4 stroke engine merupakan mesin yang melewati 4 tahapan untuk hasilkan energi. Kini sudah banyak kendaraan yang telah disematkan dengan mesin canggih satu ini. 

Tidak menghasilkan gas emisi berlebihan, menjadi salah satu alasan mengapa mesin canggih ini menyandang gelar ramah lingkungan. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Aplikasi Waze Vs Google Maps, Mana yang Paling Diminati?

2020-11-23

Mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan Waze dan Google Maps. Jenis aplikasi navigasi yang dikembangkan Google ini, tentunya sering anda gunakan sebagai petunjuk jala

thumbnail

Fungsi Exhaust Valve pada Mobil dan Cara Kerjanya

2023-01-17

Mengetahui lebih dini mengenai fungsi exhaust valve sangat bermanfaat. Dengan begitu Anda bisa membedakan dengan fungsi valve lainnya. Berikut fungsi selengkapnya, b

thumbnail

Apa itu STNK? Ini Kepanjangan dan Fungsinya!

2024-01-31

STNK adalah sebuah surat atau dokumen penting yang diterbitkan oleh pihak kepolisian Republik Indonesia dan wajib dimiliki oleh setiap pemilik kendaraan bermotor. ST

thumbnail

Cara Kerja Baterai Aki Mobil & Tips Merawatnya Agar Awet

2023-03-20

Aki mobil merupakan penyimpan dan penyuplai energi listrik p