Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Mengenal Komponen Mobil Hybrid dan Fungsinya, Yuk Pahami!
10 Oktober 2023
Mengenal Komponen Mobil Hybrid dan Fungsinya, Yuk Pahami!

Di era serba modern seperti saat ini, perkembangan di bidang otomotif semakin berkembang khususnya mobil. Hal tersebut bisa dilihat dari munculnya mobil hybrid atau mobil yang menggunakan dua sumber tenaga yakni mesin bensin dan motor listrik. Di Indonesia sendiri, mobil hybrid semakin diminati karena dapat menjadi solusi mengatasi pencemaran udara dan tingginya harga bensin. 

Jika Anda tertarik dengan mobil ini dan berniat untuk membeli, sebaiknya Anda mengetahui komponen mobil hybrid beserta fungsinya seperti berikut.

Komponen pada Mobil Hybrid beserta Fungsinya

Sama halnya seperti mobil biasa, mobil hybrid memiliki komponen-komponen penting di dalamnya. Dan setiap komponen tersebut memiliki peranan yang penting seperti berikut.

1. Internal combustion engine

Internal combustion engine atau yang lebih dikenal dengan mesin pembakaran berfungsi sebagai mesin utama mobil hybrid. Bisa dibilang komponen ini memiliki fungsi yang sama dengan mesin bensin pada mobil konvensional. 

Di dalam internal combustion engine mobil hybrid juga terdapat komponen lain seperti piston, blok silinder, kepala silinder dan sebagainya. Dengan begitu, internal combustion engine mampu memutar bagian roda mobil. Pada kondisi ini, roda mobil akan diputar secara bergantian oleh internal combustion dan komponen motor listrik sehingga konsumsi bahan bakar semakin irit.

2. Motor listrik

Motor listrik pada mobil hybrid berfungsi sebagai sumber tenaga kedua setelah internal combustion engine. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, motor listrik juga berfungsi menggerakkan roda mobil. Namun, untuk menggerakkan roda tersebut, motor listrik tidak menggunakan bensin sebagai sumber tenaga, melainkan menggunakan baterai.

3. Generator

Komponen yang satu ini memiliki mekanisme kerja menyerupai alternator pada mobil konvensional. Generator berfungsi sebagai produsen listrik yang nantinya akan disalurkan ke motor listrik untuk proses pemutaran roda mobil. Selain itu, komponen ini juga berfungsi sebagai produsen listrik saat proses pengisian baterai.

4. Power split device

Komponen ini berfungsi sebagai penyalur putaran yang berasal dari ICE (mesin pembakaran) dan motor listrik untuk disalurkan ke bagian roda. 

5. Power control unit

Komponen ini berfungsi sebagai inti pengontrolan dari semua sistem yang tersemat pada mobil hybrid. Dengan adanya komponen power control unit, maka energi listrik dapat dikontrol sesuai kebutuhan dan produksi energi dari setiap sumber tenaga. Kemudian sumber energi tersebut digunakan untuk kebutuhan memutar roda ketika mobil hybrid berjalan.

6. Baterai

Komponen ini berfungsi sebagai tempat penyimpanan tenaga khususnya energi listrik. 

Baca Juga : 6 Jenis Baterai Mobil Listrik dan Bahan Baku yang Digunakan

7. Fuel tank

Komponen ini berfungsi sebagai tangki untuk menyimpan bahan bakar bensin layaknya tangki bensin pada mobil konvensional. Nantinya, bensin di dalam tangki ini akan disalurkan ke komponen mesin lainnya ketika mobil hybrid digunakan.

8. Sistem pembuangan

Pada mobil hybrid juga terdapat komponen sistem pembuangan layaknya mobil konvensional. Namun, pada mobil hybrid biasanya menggunakan fitur katalis tiga arah pada bagian knalpot sehingga emisi gas buang bisa berkurang.

9. Konverter DC

Komponen ini berfungsi mengkonversi daya listrik DC bertegangan tinggi yang berasal dari baterai traksi menjadi lebih rendah. Dengan begitu, proses pengisian ulang daya pada baterai tambahan dan pengoperasian fitur mobil dapat berjalan dengan baik. 

10. Transmisi

Komponen ini berfungsi menyalurkan tenaga mekanik dari internal combustion engine atau motor listrik untuk memutar roda. 

Demikian beberapa komponen penting mobil hybrid yang perlu Anda ketahui dan pahami. Setelah membaca ulasan di atas, apakah Anda semakin tertarik dengan mobil hybrid? Jika benar, Anda bisa mengunjungi dealer Daihatsu terdekat untuk mendapatkan penawaran terbaik terkait mobil hybrid.

Tips Sahabat Lainnya
Awali Dengan Membaca Doa Perjalanan, Ini Manfaat dan Sunnah Bepergian
Awali Dengan Membaca Doa Perjalanan, Ini Manfaat dan Sunnah Bepergian
Seberapa sering Sahabat bepergian dalam setahun? Apakah kamu tergolong individu yang sering melakukan perjalanan atau yang paling sering diam di rumah? Tahukah kamu, melakukan perjalanan atau
7 Rekomendasi Pembersih Kaca Mobil Terbaik
7 Rekomendasi Pembersih Kaca Mobil Terbaik
Di musim penghujan seperti ini, semua kendaraan yang beroperasi di jalanan tentu tidak luput dari yang namanya kena hujan. Hujan yang hampir mengguyur setiap hari, membuat kendaraan menjadi cepat koto
AC Mobil Serta Cara Kerjanya
AC Mobil Serta Cara Kerjanya
AC Mobil yang menjadi solusi saat berada di cuaca di Ibu Kota yang sangat terik. Indonesia merupakan negara tropis dengan suhu udara yang cukup panas terlebih saat musim kemarau tiba. Di saat seperti
Engine Mounting Komponen Penting Mesin Mobil
Engine Mounting Komponen Penting Mesin Mobil
Tahukah Sahabat bahwa tatkala mesin mobil dihidupkan maka akan timbul getaran yang cukup tinggi pada setiap komponen mesin. Apabila getaran yang cukup tinggi ini masuk hingga ke bodi mobil, dipastikan

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor