Logo Daihatsu
Menu

Apa itu Penutup Kerangka Mobil dan Fungsinya?

Otomotif

2022-08-19

Apa itu Penutup Kerangka Mobil dan Fungsinya?

Karoseri merupakan nama penutup kerangka mobil yang berfungsi sebagai badan kendaraan yang berada di atas casis. Sebenarnya di industri otomotif, karoseri mempunyai penggunaan yang begitu panjang, khususnya di Indonesia. 

Teknologi karoseri diadopsi dari Jerman oleh perusahaan yang ingin menerapkan teknologi modern, terbaik serta berstandar Eropa di Indonesia. Awalnya, karoseri yang dibuat di Indonesia mempunyai harga tinggi. 

Sayangnya, suatu ketika perusahaan ini berhenti memproduksi. Kemudian, terdapat desainer karoseri yang menetap di Indonesia serta membuat karoseri lagi. Sekarang, karoseri sebagai industry penutup kerangka sudah menjadi semakin berkembang. 

Sekilas Mengenal Penutup Kerangka Mobil

Diatas kita sudah menyebutkan bahwa penutup kerangak mobil sering disebut dengan karoseri. Kata karoseri pada dasarnya berasal dari bahasa Belanda yang memiliki arti rumah-rumah kendaraan yang dibangun pada rangka mobil.

Awalnya, karoseri di Indonesia berasal dari bahan kayu, kemudian bahan tersebut dilapisi dengan plat logam tipis sehingga kuat ketika digunakan. 

Dengan berjalannya waktu, industri otomotif semakin lama semakin berkembang di sisi teknologi konstruksi. Hal tersebut membuat perkembangan karoseri juga mulai menggeliat. 

Puncaknya di tahun 1970, di masa tersebut mobil penumpang sampai minibus dibangun menggunakan sasis pickup, sedangkan bus menggunakan sasis truk. Saat industry otomotif semakin bertumbuh, jenis kendaraan yang menggunakan karoseri juga semakin bertambah. 

Bila dulunya hanya bis serta truk yang menggunakan karoseri, di era tersebut, mobil pemadam serta ambulans juga mempergunakan karoseri. Karoseri mempunyai teknologi baru di dalam proses perkembangannya yaitu monocoque. 

Monocoque ini berasal dari bahasa Yunani serta Prancis yang memiliki arti single serta cangkang. Sehingga bisa disimpulkan jika arti dari monocoque adalah sasis yang memiliki struktur tunggal. 

Baca Juga : Apa itu Polimer Pada Pembuatan Ban Mobil? Intip Disini!

Fungsi Penutup Kerangka Mobil

Karoseri tentu memiliki fungsi tersendiri. Karoseri mempunyai fungsi umum sebagai penutup bagian kendaraan, sedangkan karoseri secara umum merupakan modifikasi yang menyeluruh serta membuat penutup kendaraan secara langsung dari chasis. 

Contoh kendaraan yang menggunakan karoseri ini seperti truk, bus, ambulans serta mobil kebakaran. Selain itu pengerjaan karoseri juga dilakukan di bengkel resmi karoseri. 

Keunikan Karoseri

Karoseri memiliki keunikannya tersendiri, berikut beberapa diantaranya, antara lain:

1. Dibuat Sesuai dengan Pesanan

Umumnya, karoseri diproduksi sesuai pesanan konsumen, sehingga desain serta fungsi yang dimilikinya bisa berbeda-beda antara konsumen A dengan konsumen B. Contohnya, membuat karoseri yang digunakan untuk mobil pemadam kebakaran. 

Tentu saja karoseri ini harus spesifik, apakah mobil tersebut nantinya digunakan untuk memadamkan kebakaran pada gedung bertingkat atau di komplek perumahan. 

2. Karoseri Dibuat Secara Khusus

Keunikan yang lainnya adalah, karoseri dibuat dengan khusus. Karoseri dibuat sesuai pesanan serta spesifikasi yang diinginkan oleh konsumen. Antara satu karoseri dengan yang lain mempunyai perbedaan sehingga terlihat unik. 

Baca Juga : Apa itu Ban Tubeless dan Keunggulannya Dibanding Ban Biasa?

3. Dapat Disesuaikan

Pesanan karoseri ini dapat disesuaikan sesuai kebutuhan, sehingga hasil akhir dari karoseri dapat membuat konsumen puas.

4. Ada Berbagai Macam Pilihan

Pilihan dari karoseri ini cukup banyak. Di Indonesia, perusahaan karoseri tersebar dimana-mana sehingga akan memudahkan kita memilih. Tetapi, lebih baik memilih perusahaan yang tepercaya karena hasil produknya sudah diakui di pasaran. 

Semoga sejumlah informasi yang berkaitan dengan penutup kerangka mobil di atas bisa memberi pengetahuan baru bagi Anda. Bukan hanya itu, Anda juga tidak boleh lupa melakukan perawatan berkala untuk mobil kesayangan.

Pastikan kondisi kendaraan tetap prima dengan melakukan service di bengkel resmi atau dealer Daihatsu. Anda dapat melakukan booking service terlebih dahulu agar tidak menunggu terlalu lama untuk melakukan service kendaraan. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Roof Rail: dari Fungsi hingga Tips Pemasangan agar Mobil Tetap Aman

2022-08-19

Roof rail adalah aksesoris mobil yang bisa membuat sehingga mobil tampak gagah. daripada lainnya yang tidak memilikinya. Namun, ada beberapa mobil yang tidak dilengkapi

thumbnail

4 Jenis Kaca Film Mobil & Tips Memilihnya

2022-08-19

Kaca film pada kendaraan bukanlah sekedar pelengkap aksesoris semata, karena komponen satu ini hadir dengan berbagai jenis yang memiliki fungsi berbeda. Untuk mendapatka

thumbnail

Cara Setting Remote Alarm Mobil Mode Silent & Unsilent

2022-08-19

Ketika mengaktifkan serta menonaktifkan alarm, dari berbagai merek mobil, Anda pasti akan mendengar bunyi bib-bib yang berasal dari klakson serta dibarengi dengan kedipan lampu sein serta

thumbnail

Tips Membersihkan Serbuk Putih pada Terminal Aki

2022-08-19

Aki merupakan salah satu komponen penting dalam mesin mobil. Yang mana memiliki fungsi utama untuk menyuplai daya listrik pada komponen - komponen mesin yang ada di dalam mobil. Tapi bagaimana jika