Logo Daihatsu
Menu

Penyebab Mesin Mobil Pincang Saat RPM Rendah dan Solusinya

Otomotif

2023-09-29

Penyebab Mesin Mobil Pincang Saat RPM Rendah dan Solusinya

Mesin mobil pincang saat RPM rendah membuat kenyamanan berkendara terganggu. Permasalahan tersebut, kerap kali membuat panik para pengemudi khususnya pengemudi pemula. Lantas mengapa permasalahan tersebut dapat terjadi? Apa saja penyebabnya? Dan bagaimana solusi yang tepat mengatasi permasalahan tersebut? Untuk menjawab pertanyaan itu semua, Anda perlu memperhatikan ulasan berikut ini.

Penyebab Mesin Mobil Pincang Saat RPM Rendah

Ada beberapa hal yang menyebabkan mesin mobil menjadi pincang ketika RPM mobil rendah. Berikut penyebab selengkapnya.

1. Adanya masalah pada injektor atau karburator

Injektor yang bermasalah atau rusak menjadi faktor utama mesin mobil menjadi pincang ketika RPM rendah. Seperti diketahui, injektor berperan penting dalam proses injeksi bahan bakar ke bagian silinder mesin. Dengan begitu bahan bakar bisa bercampur dengan udara sehingga proses pembakaran mesin menjadi optimal. Apabila komponen ini bermasalah, maka mobil akan bergetar meski kopling belum Anda lepas ketika RPM rendah.

2. Kompresi bermasalah

Penyebab kedua, bisa disebabkan karena adanya masalah kompresi. Pada umumnya kompresi mesin injeksi pada silinder berada di kisaran 10 kpa hingga 12 kpa. Apabila kompresi mobil kurang dari 10 kpa maka mobil akan terasa pincang saat mobil melaju. Saat Anda baru menyalakan mobil, mesin akan bergetar hingga getaran tersebut terasa di bagian kabin.

3. ECU (Engine Control Unit) bermasalah

ECU yang bermasalah juga menjadi faktor penyebab mesin mobil pincang ketika RPM rendah. Seperti diketahui, Ecu berperan penting terhadap kontrol kinerja sistem mobil secara keseluruhan. Mulai dari sistem injeksi hingga sistem pengapian. Contohnya, ketika arus listrik tidak tersalurkan ke bagian koil, maka kinerja injektor akan berhenti sehingga mesin pincang saat kondisi idling atau RPM rendah.

4. Karet engine mounting sudah getas

Getas atau rusaknya karet engine mounting juga dapat menyebabkan mobil pincang ketika RPM rendah. Sebab komponen ini berfungsi untuk meredam getaran, apabila rusak maka getaran mesin tidak dapat diredam dengan baik.

5. Busi aus

Busi merupakan komponen mobil yang berperan penting terhadap keberhasilan proses pembakaran campuran dan bahan bakar. Apabila komponen ini rusak, maka proses pembakaran menjadi kurang optimal sehingga mesin mobil menjadi pincang ketika RPM rendah.

Selain beberapa faktor di atas, sebenarnya masih banyak lagi penyebab mesin mobil menjadi pincang ketika RPM rendah. Mulai dari, kopling aus, propeller shaft tidak seimbang, keausan pada konektor propeller, batang piston bengkok, keausan pada as roda, hingga pelek atau ban mobil bergelombang.

Cara Mengatasi Mesin Mobil Pincang Saat RPM Rendah

Untuk mengatasi permasalahan di atas, Anda perlu memperhatikan cara-cara berikut ini.

1. Rutin membersihkan injektor atau karburator

Rutin membersihkan injektor atau karburator dapat mencegah komponen tersebut kotor atau tersumbat. Dengan begitu, risiko mesin mobil pincang ketika RPM rendah dapat dicegah sedini mungkin.

2. Rutin memeriksa dan mengganti ECU

Mengingat fungsi ECU yang sangat penting, sudah seharusnya Anda rutin memeriksa komponen ini. Ganti ECU apabila diperlukan.

3. Rutin memeriksa dan mengganti karet engine mounting

Rutin mengecek kondisi karet engine mounting dapat membuat Anda mengerti kapan waktu yang tepat untuk melakukan penggantian komponen tersebut. Ganti segera, apabila karet sudah getas dan pecah. 

4. Rutin memeriksa dan mengganti busi 

Selanjutnya, Anda perlu memeriksa busi, dan ganti busi apabila bunga api yang dihasilkan api tidak sesuai. Atau ketika mesin sulit untuk dinyalakan.

5. Servis ke bengkel Daihatsu secara berkala

Cara yang satu ini, bisa dibilang cara terbaik mencegah dan mengatasi mesin mobil pincang ataupun permasalahan mobil lainnya. Sebab bengkel Daihatsu memiliki peralatan servis yang modern, suku cadang asli, hingga mekanik yang kompeten sehingga segala permasalahan pada mobil dapat diatasi dengan baik, tepat, dan cepat. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Aplikasi Jual Beli Mobil Paling Populer di Indonesia

2020-12-22

Aplikasi jual beli mobil merupakan lapak virtual yang memberi berbagai kemudahan soal jual beli mobil. Ada banyak informasi, spesifikasi hingga perbandingan harga mobil

thumbnail

Berikut Tips Membersihkan Kaca Spion Mobil yang Bisa Sahabat Lakukan Sendiri

2020-12-22

Tips membersihkan kaca spion mobil adalah hal yang perlu diketahui, saat Sahabat mau membersihkan

thumbnail

Ketahui Penyebab Naiknya Temperatur Mobil Kamu!

2021-01-02

Temperatur mobil adalah keadaan suhu mesin pada mobil. Dengan melihat pada indikator suhu, Sahabat bisa mengetahui penurunan, penaikan, bahkan kestabilan temperatur mobi

thumbnail

Manfaat Memanaskan Mesin Mobil

2022-05-20

Memanaskan mesin mobil secara rutin