Logo Daihatsu
Menu

Penyebab Mobil Diesel Kurang Tenaga di Tanjakan & Solusinya

Otomotif

2023-04-21

Penyebab Mobil Diesel Kurang Tenaga di Tanjakan & Solusinya

Mengetahui penyebab mobil diesel kurang tenaga di tanjakan sejak dini sangatlah perlu. Sebab, permasalahan mobil yang satu ini merupakan permasalahan yang kerap kali terjadi. Lantas bagaimana cara mengatasinya yang tepat? Untuk selengkapnya, yuk perhatikan cara penanganan berikut ini.

Penyebab Mobil Diesel Kurang Tenaga di Tanjakan beserta Cara Mengatasinya

Ada beberapa hal yang menyebabkan mobil diesel menjadi kurang bertenaga ketika berada di tanjakan. Berikut penyebab selengkapnya beserta cara mengatasinya.

1. Filter bahan bakar terlalu kotor

Penyebab pertama mobil diesel kurang tenaga di tanjakan disebabkan oleh kondisi filter bahan bakar yang terlalu kotor. Maka dari itu, Anda perlu membersihkan filter bahan bakar ini.

Apabila komponen ini kotor maka proses pencampuran bahan bakar tersumbat dan kurang optimal. Belum lagi, kotoran di luar akan ikut masuk ke bagian pompa injeksi sehingga proses pendistribusian bahan bakar dalam mobil juga kurang merata. 

Filter bahan bakar yang bakar kotor ini biasanya disebabkan oleh kurangnya perawatan filter hingga penggunaan bahan bakar dengan ron rendah.

Untuk mengetahui apakah kondisi filter bahan bakar mobil, Anda bisa melihat lampu indikator water separator. Apabila menyala maka kondisi filter bahan bakar sudah kotor. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Anda cukup menggantinya dengan filter yang baru.

Baca Juga : Keuntungan dan Kerugian Mesin Diesel

2. Kampas kopling mobil sudah mulai aus

Penyebab kedua mobil diesel kurang tenaga di tanjakan, disebabkan oleh kampas kopling mobil yang sudah mulai aus. Seperti diketahui kampas kopling berfungsi sebagai penyalur tenaga putaran antara transmisi dan mesin.

Apabila komponen ini sudah mulai aus maka dapat menyebabkan gesekan besar antar komponen sistem transmisi. Akibatnya mesin menjadi kurang bertenaga akibat sedikitnya energi dari daya putar sistem transmisi. 

Untuk mengatasi kondisi tersebut, Anda perlu melakukan pengecekan secara rutin terhadap kondisi kampas kopling. Segera ganti komponen ini apabila kondisi kampas kopling sudah mulai menipis. 

3. Pompa tekanan bahan bakar yang sudah mulai aus dan lemah

Penyebab ketiga, disebabkan oleh pompa tekanan bahan bakar yang sudah mulai aus dan melemah. Seperti diketahui, pompa tekanan bahan bakar berfungsi menyemprotkan solar agar dapat mengalir ke bagian injektor.

Apabila komponen ini sudah mulai melemah, maka dapat menyebabkan penurunan tenaga mesin. Untuk mengatasinya, Anda perlu membawa mobil Anda ke bengkel Daihatsu terdekat untuk melakukan penggantian komponen.

4. Penurunan kompresi

Penyebab keempat, mobil diesel kurang bertenaga saat berada di tanjakan disebabkan oleh adanya penurunan kompresi ruang bakar mesin.

Seperti diketahui, mesin diesel memiliki tekanan kompresi yang lebih tinggi dibandingkan dengan kompresi pada mobil bermesin bensin. 

Jika mesin bensin membutuhkan 10/11 kgm maka untuk mesin diesel membutuhkan 30 kgm. Apabila terjadi penurunan kompresi maka proses pencampuran udara dengan bahan bakar menjadi kurang optimal sehingga tenaga mesin menjadi loyo.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Anda perlu membawa mobil Anda ke bengkel Daihatsu terdekat agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Baca Juga : 10 Komponen Mesin Diesel, Cara Kerja dan Fungsinya

5. Berubahnya posisi injection timing

Penyebab kelima, disebabkan oleh berubahnya posisi injection timing. Meski posisi komponen ini jarang sekali berubah, namun kemungkinan posisi bergeser juga dapat terjadi ketika proses penyemprotan bahan bakar. 

Untuk mengatasi permasalahan ini, Anda harus membawa mobil Anda ke bengkel Daihatsu terdekat. Sebab jika dibetulkan tidak pada ahlinya dapat menyebabkan penurunan tenaga mesin yang cukup drastis. Bahkan dapat menyebabkan knalpot mobil mengeluarkan asap berwarna hitam yang cukup pekat.

Demikian beberapa penyebab mobil diesel kurang tenaga di tanjakan dan cara mengatasinya. Agar Anda terhindar dari masalah di atas, sebaiknya Anda lakukan pengecekan komponen mobil secara menyeluruh dan rutin. Apabila ada sedikit masalah, segera kunjungi bengkel Daihatsu terdekat.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Penasaran Mobil Pertama Daihatsu Seperti Apa? Yuk Intip di Sini!

2023-10-10

Saat ini Daihatsu bisa dibilang sebagai salah satu raksasa pabrikan mobil di Indonesia maupun di dunia. Brand yang satu ini, telah banyak meluncurkan mobil-mobil ber

thumbnail

Mengenal 3 Jenis Dongrak dan Bagaiman Cara Menggunakannya

2020-11-15

Setiap mobil wajib memiliki dongkrak, karena alat satu ini dapat membantu sang pemilik mobil untuk mengganti ban kendaraan yang kempes atau terjadi kebocoran. Saat ini,

thumbnail

Tips Memasang Peredam Kabin Agar Tidak Bising

2022-06-24

Suara bising sudah pasti sangat mengganggu kenyamanan, dimanapun Anda berada. Begitu juga jika terdengar suara yang bising saat berada di dalam mobil. Kenyamanan dan ket

thumbnail

Jangan Sampai Rusak, Berikut Fungsi Timing Belt Serta Perawatannya

2021-01-08

Timing Belt merupakan salah satu komponen penting yang harus ada pada mesin. Komponen tersebut berfungsi untuk menggerakkan beberapa bagian mesin lainnya agar ber