Logo Daihatsu
Menu

Penyebab Mur Roda Mobil Susah Dibuka dan Tips Mengatasinya

Otomotif

2022-05-22

mur roda mobil susah dibuka

Roda merupakan salah satu komponen kendaraan yang penting. Untuk itu roda kendaraan perlu dijaga dengan baik. Pengecekan roda kendaraan sebelum digunakan perlu dilakukan agar bisa digunakan dengan nyaman. Saat Anda akan mengganti ban kendaraan, tidak sedikit merasa kesulitan karena kondisi baut dan juga mur mengalami macet.

Tips Mengatasi Mur Mobil Susah Dibuka

Penyebab dari mur roda mobil susah dibuka bisa jsa terjadi karena ulir atau drat mengalami karatan. Kedua komponen yang berkarat inilah yang menyebabkan mur dan baut susah untuk dibuka. Agar hal ini tidak terjadi, maka Anda bisa mengatasi hal ini dengan mengikuti tips yang ada di bawah ini.

1. Menggunakan Cairan Penetran

Agar Anda bisa melepaskan mur yang susah dibuka pada roda mobil, maka Anda bisa memberikan cairan penetran. Cukup dengan menyemprotkan cairan ini ke bagian mur pada roda. Ini dilakukan dengan tujuan agar debu halus dan karat pada bagian mur dan baut bisa dengan mudah hilang. Dengan begitu Anda bisa membuka mur tanpa kesulitan.

2. Menggunakan Alat Bantu Untuk Memutar Mur Roda

Selain menggunakan cairan, Anda juga bisa memanfaatkan alat bantu untuk memutar mur pada roda mobil. Anda bisa menggunakan alat ungkit yang lebih panjang dan disambungkan ke kunci roda. Apabila carai ini Anda lakukan, maka mur pada roda bisa terlepas dengan mudah. Selalu sediakan alat bantu ini agar bisa digunakan kapan saja saat dibutuhkan.

3. Memasang Mur Dengan Cara Menyilang

Untuk membuka mur roda yang berkarat memang dibuuthkan tenaga yang cukup banyak. Selain membuka mur berkarat ini apabila Anda akan mengencangkan mur roda, maka tidak boleh dilakukan secara berurutan. Hal ini bisa menyebbakan daya ikatnya menjadi kurang merata dan pelek tidak memegang sempurna pada as roda.

Pemasangan mur roda perlu dilakukan secara menyilang dan secara bertahap agar daya tekan pada semua baut bisa seimbang. Ini dilakukan agar ban mobil Anda tidak goyang saat dikendarai dengan kecepatan tinggi dan memiliki potensi baut roda patah.

4. Menggunakan Kunci Momen

Saat Anda memasang kembali ban mobilnya, disarankan untuk menggunakan kunci momen atau kunci torsi dengan kekuatan yang sesuai rekomendasi pabrikan. Apabila Anda tidak memiliki kunci momen, maka bisa usahakan tidak memasang mur dan baut secara berlebihan. Anda bisa memasangkan mur hingga dirasa tidak bisa berputar lagi.

5. Merotasi Ban Secara Berkala

Pada saat mur roda mobil susah dibuka, Anda bisa rotasi ban secara rutin. Ini dilakukan untuk mencegah mur macet saat akan dibuka. Untuk merotasi mur mobi, Anda bisa melakukannya setiap 10.000 km atau setiap 6 bulan sekali. Selain itu juga bisa dilakukan bersamaan saat Anda melakukan servis secara berkala.

6. Bersihkan Bagian Mur dan Baut Pada Roda

Tips terakhir yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi mur yang susah dibuka, Anda perlu membersihkan mur, baut dan lubang baut pada pelek secara berkala. Pastikan tidak ada kotoran dan karat yang menempel. Selain itu jangan lupa untuk diberikan pelumas pada mur agar bisa mudah dibuka saat dibutuhkan.\

Baca Juga: Penyebab Dinding Ban Mobil Benjol

Beberapa tips di atas memang perlu Anda lakukan saat mengalami mur roda mobil susah dibuka. Pastikan dirawat dan dibersihkan mur roda secara berkala agar hal ini tidak terjadi pada Anda. Ingin mendapatkan informasi yang tidak kalah menarik, silahkan kunjungi kami di Daihatsu


Tag

Otomotif

Share This