Logo Daihatsu
Menu

Penyebab Transmisi Matic Tidak Mau Pindah Gigi dan Solusinya

Otomotif

2022-12-28

Penyebab Transmisi Matic Tidak Mau Pindah Gigi dan Solusinya

Ketika transmisi matic tidak mau pindah gigi, pasti Anda akan langsung terkejut dan panik. Lebih-lebih jika sedang berada di jalan raya. Sekarang ini, mobil matic memang menjadi salah satu pilihan pengendara karena memiliki operasional yang praktis. 

Meskipun merupakan transmisi otomatis, tetapi bukan berarti bila transmisi ini tidak dapat mengalami kerusakan. Nyatanya, ada berbagai penyebab yang membuat transmisi otomatis mengalami kerusakan. 

Penyebab Transmisi Matic Tidak Mau Pindah Gigi

Transmisi matic yang tidak mau pindah gigi dapat terjadi kapan saja. Khususnya untuk mobil yang sudah tua. Kerusakan yang terjadi pada transmisi harus diwaspadai, karena efeknya dapat terjadi kerusakan.

Berikut ini sejumlah penyebab transmisi tidak mau pindah gigi, antara lain : 

1. Switch rem mengalami masalah

Penyebab pertama transmisi tidak mau pindah gigi adalah switch rem yang mengalami masalah. Ketika rem tidak ikut tertekan ketika pengendara menginjak pedal, tuas transmisi yang bisa berpindah otomatis akan gagal. 

Untuk mengetahui apakah penyebab transmisi tidak mau pindah gigi ada pada switch rem, Anda dapat mengeceknya dari lampu rem. Jika Anda menginjak pedal rem tetapi lampu rem tidak menyala, ini berarti terdapat masalah. 

Namun, pemeriksaan mengenai kinerja switch rem ini juga dibutuhkan. Karena, masalah juga bisa disebabkan karena rem membutuhkan penyetelan ulang dan harus diganti dengan yang baru. 

Baca Juga : Penyebab Mobil Matic Tidak Bisa Mundur & Cara Mengatasinya

2. Switch rem yang kotor

Masalah transmisi matic tidak mau pindah gigi juga bisa disebabkan karena switch rem yang kotor. Umumnya, kotoran sisa oli yang menumpuk dapat menjadi kerak, sehingga membuat switch rem tidak dapat bekerja secara maksimal. 

Bila hal ini terjadi, transmisi tidak dapat dipindahkan. Masalah ini biasanya terjadi jika mobil sering ditinggal dalam waktu lama serta tidak pernah dipanasi. Alhasil, kotoran terus menerus menumpuk. 

Cara untuk mengatasi hal ini bisa dilakukan dengan memanaskan mobil, sehingga kerak kotoran dapat dibersihkan. Transmisi akhirnya mudah digeser, tetapi bila sudah dibersihkan tetapi tidak bisa bekerja,  berarti komponen tersebut harus tetap diganti. 

Agar menghindari masalah ini, Anda harus memanaskan mobil minimal 5 menit setiap hari. Panasi mobil sebelum menggunakannya. 

3. Gearbox rusak

Penyebab lainnya bisa disebabkan karena putusnya kabel gearbox atau lapisan pelindung kabel yang mengelupas. Namun, bagaimana cara memastikan jika gearbox yang mengalami kerusakan? 

Bila pedal gas terasa berat ketika diinjak meskipun transmisi sudah berhasil dipindah, hal tersebut menunjukkan jika gearbox mengalami kerusakan. Tanda lainnya adalah perpindahan gigi tidak bisa terjadi. 

Jika gearbox yang menjadi sumber masalah, Anda harus membawa kendaraan ke bengkel resmi untuk melakukan pengecekan lebih lanjut. 

Baca Juga : 6 Cara Memperbaiki Transmisi Mobil Matic Yang Jebol

5. Jarak pedal dan switch yang jauh

Bila berbagai hal di atas bukan menjadi penyebabnya, penyebab lain dapat disebabkan karena jarak switch rem dan pedal yang terlalu jauh. Dengan berjalannya waktu, komponen mesin akan bergeser, bergantung dari penggunaan.

Di bagian rem, pedal dan switch rem dapat menjauh. Bila transmisi tidak mau berpindah, Anda dapat mengatur jarak dua bagian ini menjadi kurang lebih satu centimetre.

Masalah transmisi matic tidak mau pindah gigi memang menjadi momok yang menakutkan. Bila Anda masih belum menemukan penyebabnya, Anda dapat membawa kendaraan ke bengkel resmi Daihatsu. Nantinya, mobil akan dilakukan pengecekan. 

Di cek dan diperbaiki oleh mekanik berpengalaman, seluruh komponen yang digunakan di bengkel resmi juga merupakan komponen asli, sehingga Anda tidak perlu khawatir, mobil akan mengalami masalah. Selain itu bengkel resmi Daihatsu juga memiliki layanan booking service yang memberikan kemudahan bagi pemilik kendaraan untuk melakukan service berkala. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Cara Menyetel Wiper Mobil dengan Mudah

2021-01-05

Wiper mobil merupakan komponen yang berfungsi sebagai penyeka air saat hujan turun. Penyetelan wiper mobil ini harus dilakukan dengan benar agar dapat menjangkau bagian

thumbnail

Apa Fungsi Lampu Kota pada Mobil? Ternyata Penting Lho!

2022-08-18

Pada dasarnya setiap produsen mobil telah melengkapi setia kendaraan yang diproduksi dengan berbagai

thumbnail

Daftar Nilai Oktan Bahan Bakar yang Ada di Indonesia

2021-08-31

Bahan bakar minyak (BBM) yang di produksi oleh PT Pertamina memiliki beberap jenis yang berbeda. Jenis kendaraan dengan mesin bensin menggunakan BBM sesuai dengan nilai

thumbnail

Penyebab Sensor Oksigen Knalpot Mobil Rusak

2022-01-30

Mobil dengan sistem injeksi biasanya sudah mempunyai sensor oksigen yang berfungsi untuk mengukur jumlah udara hasil dari pembakaran mesin. Kabar baiknya, sensor oksigen