Logo Daihatsu
Menu

Plat ED Daerah Mana? Yuk, Temukan Jawabannya di Sini!

Otomotif

2024-01-31

Plat ED Daerah Mana? Yuk, Temukan Jawabannya di Sini!

Apakah Anda sudah mengetahui daerah asal kendaraan dengan plat ED? Jika belum, Anda perlu mengetahui asal daerah tersebut dengan memperhatikan ulasan di bawah ini.

Plat ED dari Daerah Mana?

Plat ED merupakan kode plat nomor indonesia yang digunakan untuk kendaraan yang beroperasi di daerah Sumba Timur dan Sumba Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Untuk kendaraan yang berada di daerah Sumba Timur, memiliki kode depan plat huruf ED, dan kode belakang plat B. Contoh: ED 1313 BO. Sedangkan untuk kendaraan bermotor yang beroperasi di daerah Sumba Barat, memiliki kode depan plat ED, dan kode belakang A. Contoh: ED 1313 AN.

Untuk mengetahui daftar kode plat nomor belakang yang ada di Indonesia bisa simak informasinya disini ya "Kode Plat Nomor Belakang Kendaraan dan Daerahnya di Indonesia"

Cara Cek Pajak Kendaraan Plat ED

Bagi Anda yang tinggal di daerah Sumba Timur ataupun Barat, Anda perlu mengetahui cara cek pajak kendaraan. Berikut cara selengkapnya.

1. Cek via situs e-Samsat

Pengecekan pajak kendaraan plat ED bisa dilakukan dengan mudah secara online melalu  e-samsat seperti berikut.

  • Buka ponsel atau laptop Anda, lalu gunakan browser untuk mengunjungi situs https://e-samsat.id/. Situs akan menampilkan halaman utama dengan tampilan beberapa kolom, mulai dari kolom plat, nomor, seri, no.rangka, hingga opsi pilih provinsi. 
  • Isi kolom tersebut dengan data yang sesuai.
  • Jangan lupa pilih Provinsi Nusa Tenggara Timur pada opsi menu pilih provinsi.
  • Kemudian, tekan tombol “Cek Sekarang”, maka halaman situs akan menampilkan informasi pajak kendaraan beserta identitas kendaraan dan pemiliknya.

2. Cek via aplikasi SIGNAL

Pengecekan pajak kendaraan selanjutnya, juga bisa Anda cek melalui aplikasi SIGNAL seperti berikut.

  • Unduh aplikasi SIGNAL terlebih dahulu pada Playstore atau Appstore di ponsel.
  • Jika sudah terunduh, segera instalasi aplikasi tersebut.
  • Lakukan pendaftaran akun SIGNAL apabila Anda belum pernah membuat akun aplikasi tersebut. Cara pembuatannya cukup mudah, isi data diri Anda sesuai KTP, alamat email, nomor telepon, sandi email, dan swafoto sesuai permintaan pendaftaran akun.
  • Kemudian lakukan verifikasi akun, dengan memasukkan kode OTP yang dikirim aplikasi melalui SMS atau email.
  • Buka aplikasi, dan pilih menu “Tambahkan Kendaraan Bermotor”.
  • Kemudian pilih opsi “Kendaraan Atas Nama Sendiri”.
  • Kemudian isi kolom nomor polisi dan nomor rangka dengan plat nomor kendaraan beserta 5 digit terakhir nomor rangka kendaraan. Jika sudah terisi, secara otomatis aplikasi SIGNAL akan menampilkan daftar besaran pajak yang perlu dibayarkan.

3. Cek via situs Badan Pengelolaan Aset Daerah (BPAD) NTT

Pengecekan pajak kendaraan plat ED, juga bisa Anda lakukan melalui situs resmi BPAD NTT. Adapun caranya sebagai berikut.

  • Kunjungi situs resmi BPAD NTT, dengan cara ketik https:bpad.nttprov.go.id/Lap/infopajak pada browser ponsel atau laptop.
  • Selanjutnya situs akan menampilkan halaman cek pajak kendaraan. Di halaman tersebut terdapat kolom plat nomor dengan format DH 1234 AN. Isi kode plat nomor kendaraan Anda sesuai dengan format kolom tersebut.
  • Selanjutnya, masukkan 5 digit terakhir nomor rangka pada kolom no rangka. 
  • Jika kolom tersebut sudah Anda isi dengan benar, tekan tombol “Cek” maka rincian pajak kendaraan akan muncul secara lengkap. 

4. Cek via aplikasi resmi Samsat NTT

Pihak Samsat NTT juga mengeluarkan aplikasi pengecekan dan pembayaran pajak untuk warga NTT. Adapun caranya sebagai berikut.

  • Unduh aplikasi “B-Sonto – Samsat Mobile NTT” di ponsel, lalu instalasi.
  • Kemudian pilih menu “Info Pajak Kendaraan”.
  • Kemudian masukkan nomor register kendaraan beserta lima digit terakhir nomor rangka.
  • Kemudian tekan tombol “Cek Sekarang”, maka besaran pajak kendaraan akan tampil.

Baca Juga : 6 Aplikasi Cek Pajak Kendaraan, Lebih Mudah dan Cepat!

Demikian beberapa cara mudah mengecek pajak kendaraan plat ED. Selain cek pajak kendaraan, Anda juga perlu cek kondisi mesin dan komponen mobil Anda secara rutin. Apabila ada kerusakan, segera lakukan perawatan di bengkel resmi Daihatsu. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Inilah Rute Ganjil Genap Jakarta Selatan Terbaru 2023

2023-11-17

Bagi masyarakat Jakarta, khususnya yang akan berkunjung ke wilayah Jakarta Selatan sebaiknya Anda ketahui rute ganjil genap Jakarta Selatan terbaru 2023. Hal tersebu

thumbnail

5 Rekomendasi Busi Mobil Terbaik dan Awet Hingga Tips Memilihnya

2023-10-04

Busi merupakan komponen penting mobil yang berperan besar terhadap keberhasilan proses pembakaran mesin. Komponen ini berfungsi menghasilkan bunga api ketika proses

thumbnail

Inilah 3 Tanda Baterai Remote Mobil Habis dan Cara Menggantinya

2023-02-08

Saat ini banyak sekali mobil yang sudah menggunakan

thumbnail

Begini Cara Melihat Orang dari Satelit Lewat Live View

2020-11-17

Jika Sahabat ingin mengetahui keberadaan seseorang (semisal teman), cara melihat orang dari satelit bisa menjadi pilihan. Cara melihat orang dari satelit sendiri kini bi