Logo Daihatsu
Menu

Speedometer Mobil: Fungsi, Bagian, dan Cara Kerjanya

Otomotif

2022-10-20

Speedometer Mobil: Fungsi, Bagian, dan Cara Kerjanya

Untuk mengetahui performa kecepatan suatu mobil, Anda perlu memahami apa itu speedometer mobil. Speedometer mobil adalah alat untuk mengukur laju kecepatan kendaraan dan merupakan komponen standar di setiap kendaraan yang beroprasi di jalan.

Komponen ini memiliki beberapa bagian yang memiliki fungsi dan cara kerjanya masing-masing. Untuk mengetahui komponen ini secara lengkap, perhatikan ulasan di bawah ini :

Fungsi Speedometer Mobil

Berikut beberapa speedometer mobil yang perlu Anda ketahui:

  1. Sebagai monitor volume atau kapasitas bahan bakar pada mobil. Anda dapat mengetahui kondisi tangki bahan bakar sudah mulai habis dan diperlukan pengisian bahan bakar ulang atau belum.
  2. Sebagai monitor jarak tempuh mobil. Anda dapat mengetahui perjalanan Anda sudah mencapai kilometer ke berapa.
  3. Sebagai monitor kecepatan mobil saat dikendarai. Anda dapat mengatur kecepatan untuk lebih pelan lagi ketika kecepatan menyentuh batas normal.
  4. Sebagai penunjuk transmisi mobil. Anda mengetahui mobil sudah masuk gigi berapa.
  5. Dapat memonitor kondisi lampu mobil, apakah lampu sein sedang menyala atau tidak, apakah kondisi lampu depan mobil sedang mati atau menyala.
  6. Dapat memonitor kondisi suhu udara atau temperatur yang berada di dalam mobil.

Baca Juga : Penyebab Speedometer Mobil Matic Mati & Cara Memperbaikinya

Bagian-Bagian Speedometer Mobil

Berikut beberapa bagian-bagian speedometer yang perlu Anda ketahui:

1. Jarum Penunjuk dan Angka

Pertama kali Anda melihat speedometer pada mobil, pasti mata Anda tertuju pada bagian jarum penunjuk dan angka yang tertera pada speedometer. Kedua bagian ini berperan sebagai indikator laju kecepatan mobil dan indikator bahan bakar mobil.

2. Roda Penggerak Jarum

Sesuai dengan namanya, roda penggerak jarum pada speedometer berfungsi menggerakkan jarum penunjuk dan angka sesuai kondisi kecepatan mobil dan kondisi bahan bakar mobil dalam kondisi penuh atau berkurang.

3. Sistem Kabel

Bagian sistem kabel yang tertera pada speedometer berfungsi menerima aliran arus listrik yang disalurkan oleh aki lewat kabel speedometer yang menempel pada sistem kelistrikan mobil. 

4. Cover atau Kaca Speedometer

Bagian ini berfungsi melindungi bagian dalam speedometer dari debu, kotoran, atau cipratan air yang berpotensi merusak kinerja speedometer.

5. Dudukan Speedometer

Bagian ini tidak kalah penting dari bagian speedometer lainnya. Bagian ini berfungsi sebagai rumah atau tempat terpasangnya kaca atau cover speedometer sehingga speedometer tetap stabil ketika mobil sedang berjalan. 

Baca Juga : Inilah Perbedaan Speedometer, Odometer, & Tachometer Mobil

Cara Kerja Speedometer Mobil

Cara kerja speedometer dapat dibedakan berdasarkan jenisnya:

1. Speedometer Analog

Speedometer Analog

Pada speedometer jenis analog, indikator penunjuk kecepatan dan penunjuk bahan bakar menggunakan jarum penunjuk dan angka.

Mekanisme speedometer ini menggunakan poros roda yang terhubung dengan roda gigi yang juga terhubung dengan jarum penunjuk. Jarum tersebut akan menunjukkan kecepatan mulai dari 0 hingga angka maksimum kecepatan mobil. 

2. Speedometer Digital

Speedometer Digital

Jika Anda ingin merasakan sensasi speedometer dengan hasil yang begitu detail, Anda bisa menggunakan speedometer digital.

Cara kerja speedometer ini menggunakan sistem magnet dan pulser roda yang terhubung dengan cluster mobil. Hal tersebut membuat kawat kopel berputar sehingga sinyal dapat dikirimkan dengan baik dan hasil kecepatan mobil bisa dibaca.

Demikian cara kerja speedometer mobil berdasarkan jenisnya. Pastikan Anda selalu rutin membersihkan speedometer ini agar terhindar dari debu, cipratan air, dan paparan sinar matahari langsung. 

Jika terjadi masalah, segera bawa mobil Anda ke bengkel resmi atau dealer Daihatsu terdekat untuk mendapatkan penanganan tepat. Karena apabila speedometer Anda rusak, dapat menimbulkan masalah seperti Anda tidak bisa memantau kondisi bahan bakar dan kecepatan mobil Anda. Hal tersebut dapat berpotensi mengancam keselamatan Anda ketika berkendara. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Mengapa BBM Diesel Rendah Sulfur Bisa Membuat Oli Mesin Lebih Awet?

2022-04-12

Semua orang pastinya lebih menyukai kendaraan yang tidak boros bahan bakar. Namun tahukah Anda bahwa bahan bakar dengan rendah sulfur ternyata bisa membuat oli mesin men

thumbnail

Ciri-Ciri Aki Kering Rusak Beserta Cara Menanganinya

2021-01-06

Ciri-ciri aki kering rusak adalah modal yang mesti Sahabat ketahui, jika Sahabat memakai aki kering pada mobil. Mengetahui hal tersebut bisa bikin Sahabat melakukan lang

thumbnail

Rem Tangan Mobil untuk Roda Depan atau Belakang? Ketahui Disini!

2023-07-31

Rem tangan mobil untuk roda depan atau belakang? pertanyaan tersebut kerap kali mewarnai forum otomotif di media sosial. Banyaknya pertanyaan mengenai rem tangan tid

thumbnail

Ciri-Ciri Matahari Mobil Rusak dan Cara Mengatasinya

2023-11-21

Sudahkan tahu apa sajakah ciri ciri matahari mobil rusak? Jika belum maka ini waktunya bagi Anda mengetahuinya. Seperti sudah diketahui bahwa hampir semua komponen y