Logo Daihatsu
Menu

Penyebab Speedometer Mobil Matic Mati & Cara Memperbaikinya

Otomotif

2022-10-12

Penyebab Speedometer Mobil Matic Mati & Cara Memperbaikinya

Ada beberapa penyebab speedometer mobil mati yang perlu diketahui. Jika tidak segera diatasi, speedometer mati dapat membahayakan keselamatan pengemudi dan penumpang mobil.

Seperti yang diketahui, speedometer memiliki peran sebagai pengukur laju kecepatan mobil.

Sehingga pengemudi mobil dapat mengendarai mobil dengan kecepatan normal, tidak melebihi ambang batas. Berikut beberapa penyebabnya dan solusi untuk mengatasinya.

Penyebab Speedometer Mobil Matic Mati

Apa penyebab speedometer mobil tidak berfungsi hingga mati? Berikut 3 penyebab umum yang sering terjadi :

1. Sistem Kelistrikan Mobil Bermasalah

Penyebab speedometer bisa mati disebabkan oleh adanya masalah pada sistem kelistrikan mobil.

Speedometer dapat menyala karena adanya aliran listrik yang dialirkan pada sistem kelistrikan mobil ke kabel speedometer. Sehingga apabila terjadi korsleting pada sistem kelistrikan mobil otomatis speedometer mobil matic juga akan mati. 

2. Panel Speedometer Bermasalah

Penyebab speedometer mobil matic tidak berfungsi selanjutnya, disebabkan oleh bagian panel speedometer error atau bermasalah. Biasanya kerusakan panel ditandai dengan jarum speedometer mobil tidak stabil tidak akurat. Apabila tidak segera diatasi maka membuat panel speedometer mati secara total.

3. Bagian Sensor Speedometer Bermasalah

Adanya kerusakan pada bagian sensor speedometer dapat menyebabkan speedometer tidak menyala. Kerusakan tersebut biasanya ditandai dengan bagian transduser gear sudah aus, bagian soket sudah longgar atau lepas.

Sensor speedometer memiliki peran penting untuk mendeteksi laju kecepatan mobil secara akurat. Kerusakan sensor speedometer juga dapat menimbulkan masalah lain pada mobil, seperti lampu check Electronic Fuel Injection (EFI) menyala dan merusak sistem rem ABS pada mobil dengan rem ABS.

Jika kondisi terjadi pada mobil Anda, usahakan jangan langsung panik. Anda bisa mempraktikkan cara mengatasi speedometer mobil matic mati seperti di bawah ini. 

Baca Juga : Inilah Perbedaan Speedometer, Odometer, & Tachometer Mobil

Cara Memperbaiki Speedometer Mobil Matic Mati

Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan ketika speedometer mobil matic Anda mati dan tidak berfungsi lagi

1. Cek Bagian Sekring Mobil

Ketika Anda mengalami speedometer mati, Anda bisa mengecek terlebih dahulu bagian sekring mobil. Anda bisa meminjam ECU (Engine Control Unit) mobil lain untuk memeriksa apakah lampu check engine masih berfungsi normal atau tidak. Pastikan Anda membeli sekring dengan ukuran yang sama karena setiap mobil memiliki ukuran sekring yang berbeda.

2. Cek Bagian Aki Mobil

Langkah kedua, Anda bisa mengecek bagian aki mobil, apakah kinerja aki masih optimal atau tidak. Seperti yang diketahui, aki merupakan komponen mobil yang berperan sebagai penyimpan dan penyuplai listrik.

Listrik dari aki akan disalurkan pada sistem kelistrikan mobil. Sehingga kabel speedometer yang tersambung pada bagian sistem kelistrikan dapat dialiri listrik dan membuat speedometer menyala. 

Pastikan aki mobil Anda tidak soak, agar listrik yang dialirkan maksimal. Bila kinerja aki kurang maksimal, Anda bisa segera ganti aki dengan yang baru. 

Baca Juga : Tips Mengetahui Tanda-tanda Odometer Reset Pada Mobil Bekas

3. Melakukan Perawatan Speedometer

Jika Anda menggunakan speedometer analog, Anda bisa memberikan pelumas pada bagian transmisi saja.

Namun, jika Anda menggunakan speedometer digital, Anda harus rutin mengecek aki mobil, apakah arus tegangan aki yang dialirkan maksimal atau tidak. 

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi speedometer mobil matic mati yang bisa Anda praktikkan.

Jika Anda merasa kurang ahli, Anda bisa meminta bantuan teknisi ahli dengan mengunjungi dealer Daihatsu terdekat. Anda juga bisa mengunjungi bengkel resmi Daihatsu untuk mendapatkan penanganan dan perawatan speedometer mobil yang tepat sehingga keamanan dan kenyamanan berkendara selalu terjaga. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Catat! Inilah Daftar Tipe Daihatsu Taruna yang Bagus dan Layak Dibeli!

2021-03-17

Seperti halnya mobil keluaran Daihatsu lainnya, Daihatsu Taruna juga punya banyak tipe yang bisa dipilih. Sahabat bisa memilih salah satunya yang sekiranya cocok. Pada a

thumbnail

Mandalika Racing Team Indonesia Siap Bikin Industri Otomotif Maju

2020-11-03

Sambut kemeriahan MotoGP 2021, Indonesia tak mau jadi penonton di rumah sendiri. Untuk itu dibentuk Mandalika Racing Team Indonesia yang merupakan tim balap asal Indonesia yang siap unjuk gigi di k

thumbnail

Begini Cara Pasang Kabel Dinamo Ampere dengan Mudah

2021-01-13

Dinamo ampere atau yang disebut dengan alternator merupakan salah satu komponen mobil yang berfungsi sebagai generator yang menghasilkan arus listrik. 

thumbnail

Efek Buruk Ketika Pulley CVT Tergerus

2022-05-27

Gejala ketika pulley CVT tergerus akan terasa adanya lompatan gerak kendaraan yang tidak stabil dan getaran yang tinggi. Hal ini tentu memicu kerja ekstra dari komponen