Logo Daihatsu
Menu

Syarat Kredit Mobil dan Aturan yang Perlu Dipahami

Tips & Trick

2022-10-25

Syarat Kredit Mobil dan Aturan yang Perlu Dipahami

Sekarang ini, syarat kredit mobil semakin lama menjadi semakin ketat. Dengan meningkatnya pasar mobil yang berada di Indonesia, kebutuhan serta daya beli juga semakin tumbuh. Lebih-lebih sekarang ini terdapat lembaga pembiayaan yang memberikan fasilitas pembelian mobil dengan menggunakan sistem cicilan. 

Agar perusahaan pembiayaan menyetujui pengajuan kredit Anda. Terdapat sejumlah syarat yang harus dipenuhi. Meskipun perusahaan pembiayaan mempunyai syarat yang cukup bervariasi. Terdapat garis besar syarat yang harus dipenuhi. 

Syarat Kredit Mobil

Berikut sejumlah syarat pengajuan kredit mobil, antara lain:

1. Kelengkapan Dokumen

Ketika melakukan pengajuan kredit mobil, pastikan kembali bila sudah menyiapkan sejumlah dokumen pribadi yang diperlukan untuk kebutuhan administrasi. Dokumen ini menjadi hal penting agar bisa memuluskan proses pinjaman serta meyakinkan lembaga leasing agar menerima kredit yang Anda ajukan. 

Sejumlah dokumen yang umumnya diminta antara lain :

  • KTP (Kartu Tanda Penduduk)
  • Kartu Keluarga
  • NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)
  • Rekening listrik
  • Slip gaji
  • Fotocopy SIUP/TDP untuk wiraswasta
  • Rekening Koran
  • Surat keterangan domisili. 

Baca Juga : Butuh Jual Mobil Saat Masih Kredit? Begini Tipsnya!

2. Penghasilan Sesuai Dengan Cicilan Kredit

Bila dokumen sudah lengkap, persyaratan penghasilan menjadi hal lain yang tidak boleh diabaikan. Bila penghasilan yang Anda miliki tidak cukup untuk melakukan pembayaran cicilan kredit, tentu pengajuan kredit akan mengalami penolakan. 

Bukan hanya itu, jangan lupa menghitung seluruh pengeluaran Anda yang lain. Jangan sampai, penghasilan hanya cukup untuk membayar cicilan mobil dan akhirnya berujung pada gagal bayar bila terdapat keperluan mendesak. 

Lantas, berapa gaji minimal agar bisa melakukan pengajuan kredit mobil? pada dasarnya tidak hanya tentang seberapa besar gaji yang Anda miliki, tetapi berapa persen gaji yang nantinya dibayarkan untuk cicilan setiap bulan. 

Tentu saja pemberi pinjaman nantinya akan melihat apakah cash flow yang Anda miliki sehat untuk memenuhi pembayaran bulanan tersebut. Besarnya pendapatan yang bisa dikatakan aman untuk membeli mobil adalah pengeluaran cicilan 30% dari pendapatan

Sehingga, bila Anda memiliki penghasilan Rp20 juta, maksimal cicilan mobil tidak boleh lebih dari Rp6 juta. 

3. Persiapan Uang Muka

Hal lain yang harus dipenuhi adalah DP atau uang muka. DP yang diberikan sebenarnya cukup variatif, mulai dari 0% sampai 50%. Namun, nominal yang umum ialah 20% hingga 30%. Semua bergantung dari pilihan yang Anda miliki serta kebijakan pemberi kredit. 

Sebenarnya, apakah pembayaran DP besar membuat pengajuan kredit menjadi mudah disetujui? Sebenarnya, walaupun tidak selalu menjamin, tetapi pembayaran DP yang besar menunjukkan komitmen dan tanggungjawab finansial yang besar. Sehingga, kemungkinan disetujui menjadi semakin besar. Maka dari itu penting untuk mengetahui rincian perhitungan simulasi kredit mobil tersebut.

Baca Juga : Take Over Kredit Mobil Syariah? Ini Langkahnya

4. Skor Kredit

Syarat kredit mobil lainnya yang tidak boleh dilupakan adalah skor kredit. Di Indonesia, sistem pengecekan ini memiliki nama BI checking. Pada dasarnya, Bank Indonesia mempunyai sistem pendataan otomatis yang menggunakan fasilitas leasing atau kredit bank.

Oleh sebab itu, pastikan kembali Anda tidak mempunyai kredit bermasalah serta mempunyai skor kredit yang baik. Skor kredit berada di angka 300 hingga 850. Skor kredit ini bisa dikatakan bagus bila berada di atas angka 720. Hasil tersebut dibagi dalam angka 1 hingga 5. 

Untuk membuat skor kredit bagus, pastikan cicilan yang dimiliki saat ini sudah dibayar tepat waktu, selain itu pastikan sudah melunasi hutang atas nama Anda. 

Saat syarat kredit mobil sudah dipenuhi dan Anda sudah memiliki mobil impian, jangan lupa melakukan perawatan secara teratur ya. Anda dapat melakukan perawatan di bengkel resmi Daihatsu. Memiliki sistem pendaftaran service secara online, Anda tidak perlu menunggu antrian dalam waktu lama hanya untuk melakukan service berkala. 


Tag

Tips & Trick

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

10 Tips Menabung yang Mudah dan Bisa Dilakukan Siapa Saja

2020-11-13

Pepatah “Hemat Pangkal Kaya” mungkin sudah tidak asing. Namun, berhemat ternyata tidak semudah mengucapkan pepatahnya. Saat mendapatkan uang, lebih ingin menyimpan atau menggunakannya? Sering kali,

thumbnail

Sejarah Kerajaan Pajajaran, Kerajaan Hindu Terakhir di Jawa

2021-03-31

Kerajaan Pajajaran merupakan awal mula keberadaan orang sunda di Pulau Jawa. Keteguhan dalam mempertahankan adat dan budaya yang enggan tunduk terhadap Kerajaan Majapahi

thumbnail

Musim Hujan Tiba, Pastikan Kaca Mobil Tetap Jernih dengan Tips Ini

2020-09-15

Indonesia sudah memasuki musim pancaroba dimana curah hujan sedang tinggi-tingginya. Hampir seluruh wilayah Indonesia terguyur hujar. Bila hujan turun dengan intensitas

thumbnail

5 Tips Membawa Bekal Makanan Selama Mudik

2020-11-24

Tidak terasa ya Sahabat kita akan kembali memasuki masa mudik dalam waktu dekat ini. Buat Sahabat yang ingin melakukan perjalanan mudik, tentunya kamu perlu mempersiapka