Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Syarat Kredit Mobil dan Aturan yang Perlu Dipahami
25 Oktober 2022
Syarat Kredit Mobil dan Aturan yang Perlu Dipahami

Sekarang ini, syarat kredit mobil semakin lama menjadi semakin ketat. Dengan meningkatnya pasar mobil yang berada di Indonesia, kebutuhan serta daya beli juga semakin tumbuh. Lebih-lebih sekarang ini terdapat lembaga pembiayaan yang memberikan fasilitas pembelian mobil dengan menggunakan sistem cicilan. 

Agar perusahaan pembiayaan menyetujui pengajuan kredit Anda. Terdapat sejumlah syarat yang harus dipenuhi. Meskipun perusahaan pembiayaan mempunyai syarat yang cukup bervariasi. Terdapat garis besar syarat yang harus dipenuhi. 

Syarat Kredit Mobil

Berikut sejumlah syarat pengajuan kredit mobil, antara lain:

1. Kelengkapan Dokumen

Ketika melakukan pengajuan kredit mobil, pastikan kembali bila sudah menyiapkan sejumlah dokumen pribadi yang diperlukan untuk kebutuhan administrasi. Dokumen ini menjadi hal penting agar bisa memuluskan proses pinjaman serta meyakinkan lembaga leasing agar menerima kredit yang Anda ajukan. 

Sejumlah dokumen yang umumnya diminta antara lain :

  • KTP (Kartu Tanda Penduduk)
  • Kartu Keluarga
  • NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)
  • Rekening listrik
  • Slip gaji
  • Fotocopy SIUP/TDP untuk wiraswasta
  • Rekening Koran
  • Surat keterangan domisili. 

Baca Juga : Butuh Jual Mobil Saat Masih Kredit? Begini Tipsnya!

2. Penghasilan Sesuai Dengan Cicilan Kredit

Bila dokumen sudah lengkap, persyaratan penghasilan menjadi hal lain yang tidak boleh diabaikan. Bila penghasilan yang Anda miliki tidak cukup untuk melakukan pembayaran cicilan kredit, tentu pengajuan kredit akan mengalami penolakan. 

Bukan hanya itu, jangan lupa menghitung seluruh pengeluaran Anda yang lain. Jangan sampai, penghasilan hanya cukup untuk membayar cicilan mobil dan akhirnya berujung pada gagal bayar bila terdapat keperluan mendesak. 

Lantas, berapa gaji minimal agar bisa melakukan pengajuan kredit mobil? pada dasarnya tidak hanya tentang seberapa besar gaji yang Anda miliki, tetapi berapa persen gaji yang nantinya dibayarkan untuk cicilan setiap bulan. 

Tentu saja pemberi pinjaman nantinya akan melihat apakah cash flow yang Anda miliki sehat untuk memenuhi pembayaran bulanan tersebut. Besarnya pendapatan yang bisa dikatakan aman untuk membeli mobil adalah pengeluaran cicilan 30% dari pendapatan

Sehingga, bila Anda memiliki penghasilan Rp20 juta, maksimal cicilan mobil tidak boleh lebih dari Rp6 juta. 

3. Persiapan Uang Muka

Hal lain yang harus dipenuhi adalah DP atau uang muka. DP yang diberikan sebenarnya cukup variatif, mulai dari 0% sampai 50%. Namun, nominal yang umum ialah 20% hingga 30%. Semua bergantung dari pilihan yang Anda miliki serta kebijakan pemberi kredit. 

Sebenarnya, apakah pembayaran DP besar membuat pengajuan kredit menjadi mudah disetujui? Sebenarnya, walaupun tidak selalu menjamin, tetapi pembayaran DP yang besar menunjukkan komitmen dan tanggungjawab finansial yang besar. Sehingga, kemungkinan disetujui menjadi semakin besar. Maka dari itu penting untuk mengetahui rincian perhitungan simulasi kredit mobil tersebut.

Baca Juga : Take Over Kredit Mobil Syariah? Ini Langkahnya

4. Skor Kredit

Syarat kredit mobil lainnya yang tidak boleh dilupakan adalah skor kredit. Di Indonesia, sistem pengecekan ini memiliki nama BI checking. Pada dasarnya, Bank Indonesia mempunyai sistem pendataan otomatis yang menggunakan fasilitas leasing atau kredit bank.

Oleh sebab itu, pastikan kembali Anda tidak mempunyai kredit bermasalah serta mempunyai skor kredit yang baik. Skor kredit berada di angka 300 hingga 850. Skor kredit ini bisa dikatakan bagus bila berada di atas angka 720. Hasil tersebut dibagi dalam angka 1 hingga 5. 

Untuk membuat skor kredit bagus, pastikan cicilan yang dimiliki saat ini sudah dibayar tepat waktu, selain itu pastikan sudah melunasi hutang atas nama Anda. 

Saat syarat kredit mobil sudah dipenuhi dan Anda sudah memiliki mobil impian, jangan lupa melakukan perawatan secara teratur ya. Anda dapat melakukan perawatan di bengkel resmi Daihatsu. Memiliki sistem pendaftaran service secara online, Anda tidak perlu menunggu antrian dalam waktu lama hanya untuk melakukan service berkala. 

Tips Sahabat Lainnya
Di Tengah Isu Virus Corona, Daihatsu Tetap Luncurkan Ayla dan Sirion Terbaru
Di Tengah Isu Virus Corona, Daihatsu Tetap Luncurkan Ayla dan Sirion Terbaru
Tidak ada yang pernah mengira sebelumnya bahwa virus Corona ini akan berdampak pada banyak hal di dunia. Termasuk di Indonesia sendiri pada saat awal isu virus Corona di Wuhan, masyarakat Indonesia ma
7 Rekomendasi Pembersih Kaca Mobil Terbaik
7 Rekomendasi Pembersih Kaca Mobil Terbaik
Di musim penghujan seperti ini, semua kendaraan yang beroperasi di jalanan tentu tidak luput dari yang namanya kena hujan. Hujan yang hampir mengguyur setiap hari, membuat kendaraan menjadi cepat koto
Cara Kerja Karburator Mobil
Cara Kerja Karburator Mobil
Cara Kerja Karburator Mobil - Sekarang ini memiliki mobil memang sangatlah mudah. Apalagi dengan banyaknya yang menawarkan pembelian mobil dengan DP rendah atau bahkan tanpa DP. Bagi orang membutuhka
Adab Bepergian, Membaca Doa Naik Kendaraan Darat
Adab Bepergian, Membaca Doa Naik Kendaraan Darat
Apa yang Sahabat lakukan ketika hendak bepergian? Banyak orang yang akan menjawabnya dengan jawaban membaca doa. Namun tahukah kamu, selain membaca doa perjalanan atau doa naik kendaraan darat, m

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor