Logo Daihatsu
EN | ID

Tips Sahabat

Bagikan
Tanda Oli Kompresor AC Mobil Habis, Ini Cara Cek & Mengatasinya
10 Oktober 2023
Tanda Oli Kompresor AC Mobil Habis, Ini Cara Cek & Mengatasinya

Mengenali tanda oli kompresor AC mobil habis bisa mencegah peningkatan suhu pada kabin mobil agar tidak terlalu panas. Seperti diketahui, oli kompresor AC berfungsi sebagai pelumas kompresor AC sehingga komponen AC tersebut bisa bekerja secara optimal dalam mendinginkan suhu di dalam kabin. 

Setelah ini akan diulas secara mendalam mengenai tanda-tanda yang bisa Anda kenali apabila oli kompresor AC mobil habis beserta cara cek dan mengatasinya. Berikut ulasan selengkapnya.

Tanda-Tanda Oli Kompresor AC Mobil Habis

Ada beberapa tanda-tanda yang bisa Anda kenali ketika oli kompresor AC mobil habis. Berikut tanda selengkapnya.

1. Timbul getaran dan bunyi yang kuat saat kompresor bekerja

Ketika oli kompresor AC mobil habis, akan muncul tanda seperti munculnya getaran dan bunyi bising ketika kompresor bekerja. Kondisi ini dikarenakan komponen AC kurang mendapatkan pelumas sehingga daya gesek antar komponen terlalu besar.

2. Suhu kompresor mudah panas

Oli kompresor yang habis juga dapat menimbulkan suhu komposer berubah menjadi cepat panas. Hal tersebut terjadi karena kinerja kompresor dipaksa bekerja lebih keras dari biasanya.

3. Sistem AC tidak menghasilkan udara dingin bahkan mengeluarkan bau yang tak sedap

Oli kompresor yang habis dapat membuat sistem pendingin AC tidak dapat bekerja dengan baik. Kondisi ini dapat menyebabkan sistem AC tidak dapat menghasilkan udara dingin nan sejuk. Jika dibiarkan, akan muncul bau tak sedap saat AC dihidupkan. Hal tersebut terjadi, karena suhu kompresor kian panas dan gesekan antar komponen AC terlalu besar, serta sirkulasi udara dalam kabin yang terhambat.

4. Performa mobil loyo

Oli kompresor AC yang habis juga berdampak pada performa mobil sehingga mobil menjadi kurang bertenaga dan loyo. 

Cara Cek Oli Kompresor AC Mobil

Untuk mengetahui kondisi oli kompresor AC mobil Anda apakah sudah habis atau belum, Anda bisa memperhatikan langkah-langkah berikut.

1. Lakukan pengosongan freon

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan ketika mengecek kondisi oli kompresor AC, Anda bisa melakukan pengosongan freon dengan cara mengangkat bagian kompresor. Jangan lupa untuk membalikkan atau memutar oli kompresor agar oli tersebut bisa tumpah dengan mudah. 

2. Menggunakan Manifold AC

Langkah kedua, Anda perlu menyiapkan manifold AC sebagai alat ukur tekanan bawah AC apabila Anda hendak melakukan penggantian oli kompresor. Manifold AC akan membantu Anda untuk mengetahui kondisi oli kompresor apakah masih layak digunakan atau tidak. 

Baca Juga : Cara Melakukan Perawatan Freon AC Mobil yang Aman dan Praktis!

Cara Mengatasi Oli Kompresor AC Mobil yang Habis

Ketika oli kompresor AC mobil habis, Anda bisa melakukan beberapa cara berikut untuk mengatasi permasalahan tersebut. Berikut cara selengkapnya.

1. Lakukan pengisian oli kompresor AC

Solusi yang tepat mengatasi oli kompresor AC yang habis adalah dengan melakukan pengisian ulang oli kompresor. Adapun cara-caranya sebagai berikut.

  • Cara pertama, Anda bisa mengisi ulang oli kompresor AC yang habis melalui lubang inlet.
  • Cara kedua, Anda bisa memanfaatkan manifold gauge untuk melakukan pengisian ulang oli kompresor. Pastikan bahwa proses vakum sudah selesai sebelum Anda melakukan pengisian ulang. Langkah selanjutnya, Anda buka bagian tutup (seal) dan selang manifold, kemudian dilanjutkan dengan proses pengisian ulang oli. Setelah di isi, tutup kembali bagian selang dan seal manifold agar tidak terkontaminasi dengan debu dan kotoran. 
  • Cara ketiga, Anda bisa memanfaatkan alat AC R3 sebagai pengisap oli kompresor.

2. Kunjungi bengkel Daihatsu terdekat

Jika Anda merasa kurang ahli dalam melakukan pengecekan dan pengisian ulang oli kompresor AC secara mandiri, Anda bisa mengunjungi bengkel Daihatsu terdekat untuk melakukan servis. Di bengkel Daihatsu, semua permasalahan mobil Anda bisa diatasi dengan baik. Sebab, oli kompresor AC yang digunakan asli dan berkualitas dan ditangani oleh tenaga ahli yang profesional. 

Tips Sahabat Lainnya
Memilih Cover Mobil Anti Air yang Bagus dan Aman
Memilih Cover Mobil Anti Air yang Bagus dan Aman
Perawatan mobil tentu harus menyeluruh dari mulai mesin hingga body luarnya. Membiarkan penampilan bodi luar mobil yang rusak akan berpengaruh juga terhadap nilai mobil tersebut seperti cat yang kusam
Tips Mengenali Gejala Busi Mobil Rusak
Tips Mengenali Gejala Busi Mobil Rusak
Busi memegang peranan penting sebagai salah satu komponen suku cadang kendaraan otomotif termasuk mobil. Busi mobil yang bermasalah dapat menyebabkan mesin mobil tidak dapat bekerja secara seimbang ak
Penyebab Rusaknya Power Steering Mobil
Penyebab Rusaknya Power Steering Mobil
Bagi pecinta mobil tentu tak asing dengan istilah power steering. Power steering yang notabene merupakan teknologi yang sudah diaplikasikan di mobil terbaru memiliki segudang manfaat. Ada banyak sekal
AC Mobil Serta Cara Kerjanya
AC Mobil Serta Cara Kerjanya
AC Mobil yang menjadi solusi saat berada di cuaca di Ibu Kota yang sangat terik. Indonesia merupakan negara tropis dengan suhu udara yang cukup panas terlebih saat musim kemarau tiba. Di saat seperti

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor