Logo Daihatsu
Menu

Ternyata, Begini Cara Kerja Rem Tromol Mobil

Otomotif

2020-12-01

cara kerja rem tromol

Tidak dapat dipungkiri, sebuah kendaraan tidak akan berfungsi dengan sempurna tanpa adanya sebuah rem. Menjadi salah satu komponen yang memegang peranan penting, rem memang bertugas untuk menekan laju sebuah kendaraan. 

Sistem kerja rem di setiap kendaraan memiliki perbedaan satu sama lain menyesuaikan jenisnya, misalnya saja cara kerja rem tromol. Berikut ulasannya.

Sistem Kerja pada Rem Tromol

Mungkin sebagian orang masih belum mengetahui apa itu rem tromol? Rem yang melekat pada kendaraan bermotor ini, merupakan sistem pengereman yang memanfaatkan metode gesekan antara kampas dengan sebuah elemen menyerupai mangkuk. Desain pada rem tromol ini diusung berkat adanya beberapa komponen penting.

Komponen tersebut diantaranya sepatu rem atau brake shoe, dudukan rem tromol atau backplate, pegas pengembali atau return springs, tromol atau drum, tuas penggerak atau lever, dan cam atau nok penggerak. 

Berbagai elemen penyusun rem tromol ini memiliki fungsi tersendiri demi menciptakan adanya gesekan antara ban dengan permukaan jalan.

Dikala pengendara menginjak pedal untuk memulai cara kerja rem tromol, secara otomatis akan menekan elemen pushrod serta piston master silinder dengan bersamaan. 

Baca juga: Mengungkap Perbedaan Rem Cakram dan Rem Tromol

Penekanan tersebut menyebabkan piston beranjak maju, sehingga volume depannya menyempit. Volume berisikan cairan minyak rem terdorong keluar melewati outlet valve menuju outlet house pada master rem.

Sama halnya dengan rem hidrolik, rem tromol juga menerapkan hukum pascal. Dimana tekanan zat cair yang ditimbulkan tersebut diteruskan ke berbagai arah dengan besar tekanan yang sama. 

Fluida yang terdorong tersebut melewati selang hidrolik dan diteruskan ke dalam Wheel Cylinder. Cairan dalam silinder roda akan diubah sebagai energi mekanis oleh piston.

Usai menjadi energi mekanis, piston yang terletak di silinder roda akan bergerak keluar untuk menekan kanvas rem yang berakibat brake shoe mengembang dan menimbulkan gaya penekanan antara brake shoe dengan drum brake

Adanya penekanan pada cara kerja rem tromol tersebut menimbulkan gesekan serta panas pada putaran tromol rem. Putaran drum brake pun akan secara perlahan berkurang dan menekan kecepatan laju kendaraan untuk berhenti. 

Tatkala penekanan pedal rem dilepaskan oleh pengendara, maka pegas yang berada di sekeliling pedal rem akan menariknya kembali ke posisi awal. Begitupun dengan piston dalam master silinder juga akan ikut tertarik ke posisi semula.

Baca juga: Memahami Prinsip dan Cara Kerja Rem Mobil

Tips Perawatan Rem Tromol

Perlu Anda ketahui, bahwa rem tromol disebut juga dengan nama internal expansion lining brake. Agar rem tromol pada kendaraan kesayangan Anda bisa bekerja dengan optimal setiap kali digunakan. 

Ada baiknya jika Anda selalu melakukan perawatan secara rutin. Tips merawat rem tromol dengan tepat yaitu melepas dan membongkar semua unit rem tromol.

Setelah dilepas, perhatikan keadaan permukaan kampas rem apakah sudah licin atau belum. Bila permukaan rem halus, maka hal tersebut akan mempengaruhi cara kerja rem tromol sehingga Anda harus mengamplasnya. 

Selanjutnya periksa ketebalan kampas rem, jika kampas menipis maka Anda perlu menggantinya dengan menggunakan satu set lengkap.

Memiliki sebuah kendaraan tak hanya sekedar untuk dikendarai saja. Akan tetapi ada baiknya bila Anda memperhatikan setiap komponen pentingnya secara mendetail, salah satunya rem. 

Menjadi elemen yang paling urgent, rem berperan penting untuk meminimalisir laju kendaraan demi keselamatan dan keamanan pengendara.

Baca juga: Tips Memilih Kampas Rem Mobil Terbaik


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

6 Cara Pegang Setir Mobil Ini Bisa Ungkap Sifat Seseorang

2021-02-19

Setiap orang yang bisa menyetir mobil, pasti akan berbeda-beda cara memegang setir mobil saat berkendara. Posisi yang dipegang pun beragam, ada yang menggunakan kedua ta

thumbnail

Mobil Mogok di Perjalanan? Jangan Panik dan Lakukan Ini!

2021-01-25

Menggunakan kendaraan pribadi memang menjadi pilihan bagi masyarakat yang mempunyai mobilitas super tinggi. Baik motor atau mobil, menggunakan kendaraan pribadi memang l

thumbnail

Penyebab Elektroda Busi Mobil Jadi Hitam

2022-04-12

Kendaraan bisa digunakan normal apabila businya dalam kondisi terbaik. Busi pada kendaraan memiliki fungsi penting sebagai pemantik api pada ruang bakar. Akibat busi bek

thumbnail

10 Macam-Macam Alat Ukur Mekanik dan Fungsinya

2022-11-08

Alat ukur mekanik merupakan alat yang digunakan untuk mengukur dimensi sebuah benda. Hal tersebut mencakup panjang, lebar, kedalaman, dan diameter benda. Disebut mek