Logo Daihatsu
EN | ID

Tips Sahabat

Bagikan
Tipe Daihatsu Charade yang Masuk Pasar Indonesia
15 Maret 2021
tipe charade

Mobil klasik dengan spek menarik dan cerita unik tentu diburu oleh para kolektor. Tipe Daihatsu Charade adalah mobil mungil keluaran Daihatsu yang pernah menjadi primadona di Indonesia.

Daihatsu Charade hadir pertama kali sekitar tahun 1977. Mobil ini sebenarnya sudah menarik perhatian dengan tampilan pipihnya. Seri pertama ini dianggap sebagai sesepuhnya mobil hatchback di Indonesia. Seiring berjalannya waktu, Daihatsu mulai sedikit demi sedikit mengubah tampilan dari mobil ini. Namun, bodi kecilnya masih dipertahankan.

Daihatsu merilis beberapa tipe Daihatsu Charade di Indonesia. Beberapa dari mobil tersebut masih bisa dijumpai sekarang. Namun, mungkin beberapa tampilannya sudah tidak sesempurna kala pertama kali dirilis. Simak deretan tipe mobil mungil milik Daihatsu ini.

Daihatsu Charade G10

Ini adalah generasi pertama yang dipasarkan tahun 70-an silam. Bentuknya sangat pipih seperti kebanyakan mobil yang dipasarkan pada masa itu. Tampilan khas yang paling diingat dari mobil ini adalah dua lampu bulat di bagian depan.

Bukan hanya itu, spion mobil ini pun masih mengikuti gaya kala itu yang hanya tersedia satu di sisi kiri. Sebenarnya mobil ini dirilis dengan dua varian jumlah pintu, tapi hanya satu yang masuk ke Indonesia.

Daihatsu Charade G10 yang dipasarkan di Indonesia memiliki empat pintu penumpang (dua di kanan dan dua lainnya di sebelah kiri). Lalu, satu pintu bagasi di bagian belakang. Berbeda dengan versi yang dipasarkan di negara Asia lain yang hanya memiliki dua pintu penumpang dan satu pintu bagasi.

Mobil ini menggunakan mesin 993 cc dengan konfigurasi 3 silinder yang berkode CB-10. Daihatsu Charade generasi pertama memiliki tenaga mencapai 55 Ps pada 55 rpm dan torsi 77 Nm @ 2800 rpm. Konon, mobil ini sangat ringan untuk dikendarai dan tetap kuat di tanjakan dengan kondisi terisi penuh penumpang.

 Daihatsu Charade G20

Generasi selanjutnya datang pada sekitar 1983. Mobil ini masih membawa mesin yang sama dengan generasi sebelumnya. Bedanya, mobil ini memiliki tampilan yang lebih segar, biarpun Daihatsu hanya menambahkan sedikit sentuhan. Bodi mobil ini masih terkesan serupa.

Namun, penggantian lampu depan mobil ini dirasa sudah membuat pembaruan yang luar biasa. Selain itu, spion pun sudah bertambah, di bagian kanan dan kiri, dan membuat mobil ini jadi lebih sempurna.

Terlebih lagi, mobil ini masih banyak dipasarkan di Indonesia. Harganya pun sudah sangat terjangkau, mulai dari Rp20 jutaan.

Daihatsu Charade G11/CS

Tipe Daihatsu Charade yang satu ini sudah sangat berbeda dengan seri-seri sebelumnya. Bodi yang dibawanya lebih gemuk dengan tampilan depan yang sudah sangat modern. Lampu kotak di bagian depan sudah disandingkan dengan griller sarang lebah khas mobil tahun itu

Mobil ini pun memiliki beberapa versi facelift. Daihatsu Charade seri ini pun sempat jadi mobil idolanya anak muda pada era 90-an silam. Mesin yang dipakai pun berkode CB23 yang bisa menghasilkan tenaga 52 Ps @5600 rpm dan torsi 75 Nm @3200.

Terlebih lagi, mobil ini masih sangat mudah dicari. Namun, harganya masih terbilang tinggi, khususnya untuk tahun yang lebih muda. Mobil ini pun lebih mudah dirawat.

Daihatsu Charade Turbo

Satu lagi tipe yang dipasarkan di Indonesia adalah Daihatsu Charade Turbo. Sebenarnya, tampilan mobil ini tidak jauh berbeda dengan seri G11. Hanya saja ada mesin tambahan yang dibawa di dalam mobil ini.

Daihatsu Charade Turbo menggunakan mesin CB23 dengan turbo IHI. Tentunya, kekuatan yang dimiliki mobil ini lebih besar dibandingkan “saudaranya”. Namun, butuh usaha keras untuk mendapatkan mobil ini karena sudah sangat jarang di pasaran.

Nah, kalau sahabat beruntung, beberapa tipe mobil klasik yang ikonik ini bisa didapatkan menjadi salah satu koleksi. Kira-kira tipe mana yang memikat perhatian?

Penulis : Rizkita Darajat

Tips Sahabat Lainnya
Awali Dengan Membaca Doa Perjalanan, Ini Manfaat dan Sunnah Bepergian
Awali Dengan Membaca Doa Perjalanan, Ini Manfaat dan Sunnah Bepergian
Seberapa sering Sahabat bepergian dalam setahun? Apakah kamu tergolong individu yang sering melakukan perjalanan atau yang paling sering diam di rumah? Tahukah kamu, melakukan perjalanan atau
Tips Mengenali Gejala Busi Mobil Rusak
Tips Mengenali Gejala Busi Mobil Rusak
Busi memegang peranan penting sebagai salah satu komponen suku cadang kendaraan otomotif termasuk mobil. Busi mobil yang bermasalah dapat menyebabkan mesin mobil tidak dapat bekerja secara seimbang ak
Cara Kerja Karburator Mobil
Cara Kerja Karburator Mobil
Cara Kerja Karburator Mobil - Sekarang ini memiliki mobil memang sangatlah mudah. Apalagi dengan banyaknya yang menawarkan pembelian mobil dengan DP rendah atau bahkan tanpa DP. Bagi orang membutuhka
Adab Bepergian, Membaca Doa Naik Kendaraan Darat
Adab Bepergian, Membaca Doa Naik Kendaraan Darat
Apa yang Sahabat lakukan ketika hendak bepergian? Banyak orang yang akan menjawabnya dengan jawaban membaca doa. Namun tahukah kamu, selain membaca doa perjalanan atau doa naik kendaraan darat, m

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor