Logo Daihatsu
Menu

Tips Membuat Garasi Mobil

Otomotif

2021-02-22

membuat garasi

Garasi mobil merupakan tempat yang wajib Sahabat siapkan sebelum Sahabat membeli mobil. Jangan sampai memakan jalan umum untuk menempatkan mobil Sahabat. Hal ini akan mengganggu kepentingan banyak orang yang memakai jalan tersebut.

Sebelum membuat garasi pun, Sahabat harus memperhatikan beberapa poin agar tidak salah langkah. Jangan sampai sudah membuat garasi ternyata kurang nyaman saat digunakan atau ternyata susah saat memasukkan mobil karena letaknya yang kurang pas.

Tentu, Sahabat tidak ingin mengalami hal-hal tidak menyenangkan itu kan? Oleh karena itu, berikut adalah tips membuat garasi mobil yang bisa Sahabat pelajari sebelum membuat garasinya.

Tentukan Lokasi yang Paling Baik

Lokasi menentukan prestasi. Ungkapan itu memang ada benarnya. Jika Sahabat salah menentukan lokasi, akan ada hal-hal yang kurang menyenangkan, misal: susah memasukkan mobilnya atau rumah terkesan jadi sempit padahal jika diubah sedikit maka bisa terkesan luas.

Lokasi untuk garasi mobil yang baik adalah lokasi yang Sahabat bisa memasang ventilasi untuk garasinya. Tujuannya tentu agar ada sirkulasi udara dan garasi tidak lembab. Selain itu, lokasi garasi sebisa mungkin tempat yang agak lebih tinggi dari jalanan agar tidak ada genangan air yang tersisa misal saat Sahabat sehabis mencuci mobil dan memasukkannya pada garasi.

Hitung Luas Lahan

Setelah Sahabat menemukan kira-kira lokasi yang cocok, saatnya Sahabat menghitung apakah lokasi tersebut luasnya cukup untuk menaruh mobil? Karena lokasi yang bagus, terkadang terkendala untuk luas lahannya. Jika luas lahan tidak cukup, maka Sahabat bisa memikirkan lokasi lainnya yang memungkinkan.

Luas lahan untuk garasi mobil kecil rata-rata adalah 2,4 x 4,8 meter persegi. Sedangkan untuk mobil yang cukup besar rata-rata membutuhkan luas lahan sekitar 3 x 6 meter persegi. Jika rumah Sahabat tergolong rumah yang kecil dan lahan terbatas, Sahabat bisa membuat garasi terbuka atau bergabung dengan teras depan dan tanpa pagar.

Tentukan Atap Garasi

Garasi terbuka memang bukan ide yang bagus. Idealnya memang setiap garasi mempunyai atap. Tujuannya tentu saja agar tidak kehujanan maupun kepanasan yang bisa merusak warna cat mobil.

Sahabat bisa mulai menanyakan dan mencari info mengenai atap yang cocok dan bagus untuk garasi mobil ke tukang bangunan atau forum yang membahas mobil. Yang paling bagus memang bentuk kanopi membran, namun harganya kurang ramah di kantong. Sahabat bisa memilih jenis UPVC, spandek, galvalum, atau polikarbonat untuk harga yang lebih terjangkau.

Tentukan Material Lantai Garasi

Memilih material lantai garasi tidak bisa sembarangan. Lantai tidak boleh licin karena ban mobil bisa selip dan menabrak. Gunakan lantai yang berbahan dari granit atau yang memiliki pori-pori kecil. Lantai dari granit lebih banyak dipilih karena tidak mudah kotor dan mudah dibersihkan.

Cocokkan dengan Desain Rumah Secara Keseluruhan

Terkadang memang membangung rumah duluan daripada memiliki garasi mobil. Ini yang membuat garasi kadang tidak setema dengan desain rumah. Jika Sahabat ingin membuat garasi yang bagus, Sahabat sebisa mungkin membuat garasi yang desainnya cocok dengan rumah secara keseluruhan.

Desain garasi yang cocok bisa mulai dari warna garasi dan atapnya, bentuk garasinya, atau elemen garasi lainnya yang bisa disepadankan dengan desain rumah Sahabat. Hal itu bisa Sahabat pertimbangkan dengan mengumpulkan referensi desain garasi yang ada di internet dan mencocokkannya dengan desain rumah Sahabat.

Itulah beberapa tips membuat garasi mobil yang bisa Sahabat terapkan. Semoga poin-poin di atas bisa membantu Sahabat untuk memiliki garasi mobil impian dan berfungsi optimal.

Penulis: Iskael


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Bisakah Klaim Asuransi Mobil Baru Yang Tiba-tiba Berkarat?

2021-12-20

Apakah bisa mobil baru berkarat klaim asuransi. Bila Anda ingin mengetahui informasi tentang hal ini maka jangan alihkan perhatian pada hal lain. Anda harus menyimak inf

thumbnail

Kenali Penyebab Rusaknya AC Mobil

2020-12-04

Apakah kini ada Sahabat yang mau berpanas-panasan di dalam mobil? Bermandikan keringat akibat udara yang membuat gerah. Apalagi kalau jalanan sedang macet.

thumbnail

Bahaya Pecah Ban dan Tips Menghindarinya

2022-06-23

Kecelakaan lalu lintas saat ini memang menjadi suatu hal yang menakutkan, apalagi hingga berujung kematian. Hal ini biasanya terjadi akibat kelalaian pengemudi atau kond