Logo Daihatsu
Menu

Tips Mendidik Anak Perempuan Secara Islami

Family

2020-12-11

Tips Mendidik Anak Perempuan Secara Islami

Tips mendidik anak perempuan mungkin akan diperlukan, mengingat perempuan dan laki-laki memiliki kondisi fisik dan psikis yang berbeda. Anak perempuan lebih sensitif ketimbang anak laki-laki. Dan para orang tua yang memiliki anak perempuan mungkin akan butuh lebih bersabar dengan sifat anak perempuan yang manja.

Mendidik anak perempuan dalam Islam tidak berbeda jauh dengan mendidik anak laki-laki. Mengajarkan tauhid, beribadah dan juga mengenal ilmu agama lainnya, sama seperti pada anak laki-laki. Perbedaan yang sangat mencolok terlihat pada hukum-hukum yang berkaitan dengan wanita.

Berikut ini adalah tips mendidik anak perempuan.

Mengajarkan Tauhid

Tauhid merupakan hal pertama yang harus diajarkan, baik pada anak laki-laki maupun perempuan. Jika tauhid seorang muslim benar maka akan benar pula agamanya.

Cara mengajarkan tauhid dapat dengan mengajak anak untuk mengucapkan dan mengulang-ulang kalimat “Laa ilaha illallah”. Ajak anak mengucapkan kalimat tersebut dan jelaskan artinya. Sahabat juga dapat mengajak anak berdialog mengenai siapa yang menciptakan manusia dan seisinya. Arahkan anak agar mengetahui bahwa hanya Allah Subhanahu wa Ta’ala yang berhak diibadahi, disembah, dan pencipta seluruh alam.

Saat anak meminta sesuatu, Sahabat juga dapat mengarahkannya untuk berdoa alih-alih langsung meminta kepada orang tua. Hal ini untuk membiasakan anak agar bergantung hanya kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Mengajarkan Fiqih yang Berkaitan dengan Perempuan

Secara fisik perempuan berbeda dengan laki-laki. Sehingga dalam Islam ada hukum-hukum khusus bagi wanita, seperti menutup aurat dan hukum mengenai darah haid. Ajari anak perempuan untuk mengetahui batasan-batasan auratnya di depan mahrom atau pun nonmahrom.

Biasakan anak perempuan untuk memiliki rasa malu jika auratnya terlihat oleh orang yang tidak seharusnya melihatnya. Sahabat juga dapat membiasakan anak perempuan untuk memakai jilbab. Meski sesekali akan dilepas oleh anak, tidak mengapa. Karena anak kecil belum dibebani syariat untuk menutup aurat. Tetapi sebagai orang tua tetap harus mengenalkan dan membiasakannya sejak kecil, agar saat besar sudah terbiasa.

Sahabat juga dapat mengenalkan pada anak perempuan apa itu haid. Karena hal ini merupakan perkara penting yang akan dilalui seorang anak perempuan. Mengenalkan ibadah apa saja yang tidak boleh dilakukan oleh seorang perempuan yang haid dan fiqih lainnya mengenai perempuan yang sedang haid.

Membiasakan Berakhlak yang Baik

Anak perempuan maupun laki-laki harus dibiasakan memiliki akhlak yang baik. Karena akhlak yang baik adalah cermin orang yang beriman. Akhlak baik ini dapat diterapkan pada diri orang tua terlebih dahulu. Karena anak-anak akan mencontoh orang tuanya. Sehingga tidak mengherankan jika ada yang mengatakan jika anak adalah cerminan orang tuanya.

Akhlak baik dapat dimulai dari berbicara yang baik. Tidak berkata kasar dan membentak kepada orang. Senantiasa berkata jujur juga merupakan salah satu bentuk akhlak baik yang harus ditanamkan sejak kecil.

Mengenalkan Pekerjaan Rumah Tangga

Tidak dapat dipungkiri, setelah besar nanti seorang anak perempuan akan menjadi seorang ibu dan istri. Salah satu tips mendidik anak perempuan adalah dengan mengenalkannya pada pekerjaan rumah tangga. Sehingga anak perempuan kelak memiliki keterampilan dasar mengurus rumah.

Sejak masih kecil, Sahabat dapat mengenalkan anak perempuan dengan pekerjaan rumah. Hal yang paling mudah adalah membiasakan anak untuk membereskan sendiri mainan atau tempat tidurnya setelah dipakai. Kebiasaan ini juga akan membuat anak terlatih agar bertanggung jawab pada hal yang menyangkut dirinya sendiri. Sahabat tidak perlu khawatir jika anak belum bisa membereskan mainan atau tempat tidurnya sebersih yang Sahabat harapkan.

Kalaupun dibutuhkan untuk bermain game, maka berikanlah permainan anak perempuan yang edukatif. Sahabat cukup memberikan pujian saat anak selesai mengerjakan tugasnya. Suatu saat kemampuan anak dalam mengerjakan pekerjaan rumah akan terus berkembang.

Penulis: Iskael


Tag

Family

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Tips Makan Sehat untuk Anak yang Bisa Diterapkan di Rumah

2021-02-11

Agar anak terbiasa makan sehat di rumah, Sahabat mesti menerapkan tips makan sehat untuk anak. Selain bikin anak terbiasa

thumbnail

Mengetahui Jenis Komet dan Ciri-ciri Umumnya

2021-02-08

Benda langit terdiri dari berbagai bentuk, ukuran, dan jenis yang berbeda-beda. Meskipun banyak sinar yang terpancar di langit saat malam hari, tidak semuanya bintang, l

thumbnail

11 Dongeng Fabel Aesop untuk Pengantar Tidur Anak, Penuh Makna Kebaikan Loh!

2021-02-05

Fabel adalah cerita karangan dengan hewan-hewan sebagai tokoh utamanya. Mereka bisa tertawa, berbicara, dan melakukan hal-hal sebagaimana yang biasa dilakukan manusia. S

thumbnail

Jenis Sertifikat Tanah, Cara Membuat, dan Syaratnya

2021-01-22

Sertifikat tanah adalah tanda bukti yang kuat kepemilikan seseorang terhadap sebuah lahan. Banyak sekali macam lahan yang belum diurus sertifikatnya oleh masyarakat, sep