Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Tips Merawat Rem Mobil Agar Tetap Pakem
06 Juli 2022
Tips Merawat Rem Mobil Agar Tetap Pakem

Kendaraan mobil merupakan salah satu kendaraan yang sering digunakan oleh masyarakat saat ini untuk kebutuhan pribadinya. Namun, saat Anda memiliki sebuah mobil, tentu Anda perlu mengetahui cara merawat mobil dengan benar seperti mengetahui tips merawat rem agar tetap pakem.

Salah satu bagian yang perlu diperhatikan adalah rem pada mobil. Apabila rem mobil mengalami masalah, tentu hal tersebut akan berbahaya bagi pengendara maupun penumpang mobil tersebut. Berikut ini merupakan tips merawat rem agar tetap pakem sehingga kegiatan berkendara Anda akan lebih aman. 

Tips Merawat Rem Agar Tetap Pakem dan Aman Saat Berkendara

Rem merupakan salah satu komponen penting pada suatu kendaraan. Terdapat beberapa komponen penting yang membantu menekan laju kendaraan, seperti pedal rem, booster rem, selang rem dan masih banyak lagi. 

Dengan banyaknya komponen-komponen tersebut, perlu adanya perawatan yang harus Anda lakukan secara rutin agar semua komponen pada rem dapat berjalan dengan baik dan lancar tanpa adanya kerusakan atau kemacetan. Di bawah ini akan kami rangkumkan tips merawat rem agar tetap pakem yang dapat Anda lakukan dengan mudah :

1. Mengganti minyak rem secara rem

Minyak rem merupakan salah satu komponen pada rem yang berguna untuk dapat memaksimalkan daya pengereman pada rem. Maka dari itu, Anda perlu untuk mengganti minyak pada rem secara rutin, setidaknya setiap kendaraan telah mencapai 40.000 km atau setiap 2 tahun sekali.

Terdapat beberapa tanda bahwa minyak rem harus segera diganti, yaitu ketika injakan pada pedal rem mobil Anda sudah tidak lagi konsisten. Tips merawat rem agar tetap pakem dengan mengganti minyak dapat dilakukan dengan pergi ke bengkel terdekat untuk mengganti minyak rem pada rem mobil Anda.

2. Mengganti kanvas rem yang telah tipis

Kampas rem berfungsi untuk mengurangi laju pada kendaraan. Kampas rem juga perlu diganti apabila kampas rem pada mobil Anda sudah menipis. Jika kampas rem yang telah tipis tetap dibiarkan dan tidak diganti, daya pengereman tidak akan bekerja secara maksimal. Tips merawat rem agar tetap pakem yang satu ini sangat penting karena  dapat membahayakan keselamatan Anda.

Anda dapat melakukan pemeriksaan dengan melepaskan roda dengan kunci. Bagi sebagian orang, hal tersebut agak sulit untuk dilakukan maka dari itu Anda bisa pergi ke bengkel terdekat dan meminta kepada teknisi untuk memeriksakan kampas rem Anda.

1. Periksa cek booster rem

Salah satu hal terjadinya kebocoran pada rem, biasanya disebabkan oleh booster rem pada komponen rem mobil Anda. Tanda booster rem Anda sedang bermasalah adalah pedal rem sulit untuk diinjak.

2. Brake shoe

Brake shoe berguna sebagai dudukan kampas rem untuk model tromol dan berfungsi untuk memperlambat laju pada kendaraan Anda. Komponen brake shoe pada rem mobil Anda merupakan komponen yang paling rentang apabila terkena air, maka dari itu pastikan bahwa pengereman dapat menekan kanvas rem dengan baik.

3. Menggunakan cairan pembersih cakram

Cakram terbuat dari logam sehingga rentan terkena karat, kotoran bahkan debu. Anda bisa menggunakan cairan pembersih cakram dengan cairan khusus sebagai salah satu cara merawat cakram pada rem Anda.

Lakukan Servis Secara Rutin

Kerusakan pada rem merupakan salah satu hal yang harus segera diperbaiki. Alangkah baiknya untuk melakukan servis mobil secara berkala untuk menghindari kerusakan pada rem Anda. 

Baca Juga: Tips Aman Saat Rem Mobil Mendadak Blong

Bagi Anda yang memiliki kendaraan mobil Daihatsu, Anda dapat secara mudah melakukan servis mobil secara berkala di bengkel Daihatsu terdekat di kota Anda. Itulah beberapa tips merawat rem agar tetap pakem.

Tips Sahabat Lainnya
Penyebab Rusaknya Power Steering Mobil
Penyebab Rusaknya Power Steering Mobil
Bagi pecinta mobil tentu tak asing dengan istilah power steering. Power steering yang notabene merupakan teknologi yang sudah diaplikasikan di mobil terbaru memiliki segudang manfaat. Ada banyak sekal
Arti Dari Kode Ukuran Ban Mobil
Arti Dari Kode Ukuran Ban Mobil
Untuk dapat memilih ban bagi kendaraan otomotif seperti mobil, hal pertama yang harus dipahami adalah spesifikasi dari ban tersebut. Spesifikasi dari ban sebenarnya dapat dipahami apabila seseorang ma
Cara Kerja Karburator Mobil
Cara Kerja Karburator Mobil
Cara Kerja Karburator Mobil - Sekarang ini memiliki mobil memang sangatlah mudah. Apalagi dengan banyaknya yang menawarkan pembelian mobil dengan DP rendah atau bahkan tanpa DP. Bagi orang membutuhka
20 Rekomendasi Parfum Mobil Terbaik & Wangi Tahan Lama
20 Rekomendasi Parfum Mobil Terbaik & Wangi Tahan Lama
Selera wangi parfum mobil itu tergantung masing-masing individu. Cocok untuk orang lain belum tentu cocok untuk kita. Daripada bingung, di bawah ini ada 20 terbaik dengan berbagai rentang harga dan v

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku