Logo Daihatsu
Menu

Washer Mobil : Fungsi & Tips Mengisi Washer yang Benar

Otomotif

2022-08-11

Washer Mobil : Fungsi & Tips Mengisi Washer yang Benar

Washer mobil adalah komponen yang membantu visibilitas pengemudi mobil jadi lebih baik, dan saling terhubung dengan komponen lainnya yaitu wiper yang secara umum berkolaborasi untuk menjaga kebersihan kaca mobil.

Ketika mengendarai mobil seringkali kaca mobil kotor entah karena jalanan yang terlalu berdeb, banyak polusi, terkena percikan lumpur atau tanah ketika hujan lebat dari kendaraan lain. Sehingga Anda harus segera menekan tombol washer untuk menyemprotkan air ke kaca yang kotor.

Lalu apa fungsi washer selain sebagai pembersih kaca mobil dan bagaimana cara mengisi washer yang benar. Berikut tips selengkapnya.

Fungsi Washer Mobil

Seperti dijelaskan sebelumnya, fungsi washer secara umum adalah berkolaborasi dengan wiper untuk menjaga kebersihan kaca mobil.

Washer berfungsi menyemprotkan air ke area kaca mobil yang kotor sedangkan wiper berfungsi menyapu kotoran tersebut.

Untuk mengetahui fungsi washer lebih jauh, sebaiknya Anda perlu mengetahui masing-masing komponen dari washer, karena setiap komponen memiliki fungsi yang berbeda-beda.

1. Washer Tank

Merupakan komponen dari washer yang berfungsi sebagai tangki fluida atau penampung cairan fluida pembersih kaca pada kendaraan. 

2. Motor Washer

Komponen ini berfungsi sebagai motor atau penggerak pompa sehingga mampu mendorong larutan pembersih atau fluida yang berada pada washer tank untuk keluar melewati selang.

3. Nozzle

Merupakan komponen washer yang berfungsi menyemprotkan fluida ke kaca mobil yang kotor. Komponen ini memiliki bentuk pipa kecil dan terbuat dari logam atau resin memiliki satu lubang berdiameter kurang lebih 0,88 mm hingga 1,0 mm.

4. Selang

Komponen selanjutnya adalah selang. Selang berfungsi sebagai penghubung washer tank ke bagian nozzle. Selain itu juga sebagai penyalur air washer.

5. Fluida (Cairan Pembersih)

Merupakan zat cair yang memiliki sifat anti beku dan dicampur dengan deterjen khusus dan zat anti korosi.

Nah, setelah mengetahui fungsi washer secara detail. Berikut ada beberapa langkah yang wajib Anda perhatikan ketika melakukan proses pengisian washer.

Baca Juga : 3 Jenis Cairan Pembersih Mesin Mobil dan Fungsinya yang Wajib Kamu Tahu

Tips Mengisi Washer yang Benar

Bagi Anda yang bingung cara mengisi air washer mobil, bisa simak langkah-langkah dibawah ini.

1. Buka Kap Mesin Mobil

Pertama-tama Anda buka kap mesin mobil guna mengetahui letak tangki air wiper.

2. Cari Tabung Air Wiper (Washer Tank)

Setelah kap mesin mobil terbuka, selanjutnya cari tabung air wiper. Perlu diperhatikan juga jangan sampai tertukar antara tabung air wiper dengan tabung air radiator.

Untuk membedakannya Anda bisa melihat logo bergambar wiper pada tangki air wiper. Biasanya tangki air wiper berada di sebelah kanan. 

3. Siapkan Cairan Pembersih Wiper dan Air Mineral

Banyak yang bertanya-tanya isi air wiper mobil pakai air apa? Padahal hanya cukup menyiapkan cairan pembersih wiper dan air mineral.

Siapkan cairan pembersih atau wiper fluid terlebih dahulu. Anda bisa membelinya di bengkel atau marketplace yang menjual peralatan mobil. Takaran penggunaan cairan pembersih pada wiper bisa Anda lihat pada kemasannya. 

Setelah itu siapkan air mineral sebagai bahan campuran wiper fluid. Air mineral yang dicampurkan dengan wiper fluid diklaim sebagai cairan yang paling aman untuk mengisi tangki air wiper.

Baca Juga : Pelajari Manfaat dan Tips Merawat Wiper Mobil Agar Selalu Awet

4. Campurkan Wiper Fluid dengan Air Mineral

Selanjutnya campur wiper fluid dengan air mineral. Dengan komparasi perbandingan wiper fluid 30 ml dicampur dengan satu liter air.

Selain menggunakan wiper fluid dan air mineral, Anda dapat menggunakan air suling sebagai pembersih kaca. 

Air suling merupakan air penambah aki yang bersifat steril. Namun, harus dipastikan bahwa air aki yang di masukan adalah air aki dengan botol kemasan berwarna biru. 

5. Masukan Wiper Fluid dengan Hati-Hati

Jika kedua cairan tersebut sudah tercampur, masukan ke dalam tangki air wiper secara perlahan dan hati-hati dengan menggunakan corong. 

6. Tutup Tangki dengan Rapat

Setelah wiper fluid di masukan ke dalam tangki, sebaiknya segera tutup tangki wiper dengan rapat. 

Demikian tips dan cara mengisi washer mobil yang benar. Sangat mudah, bukan? Hindari penggunaan sampo atau sabun cuci piring karena mengandung zat yang dapat merusak kaca mobil.

Jika Anda kesulitan untuk mengisi air washer, Anda bisa langsung ke bengkel atau dealer Daihatsu terdekat untuk segera ditangani oleh teknisi yang profesional.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Catat! Inilah Beberapa Jenis Ban untuk Jalan Aspal yang Bisa Dipakai

2021-02-25

Tak semua ban cocok dipakai untuk jalanan aspal. Untuk itulah, Sahabat jangan sampai asal memilih dalam memilih ban mobil. Jika Sahabat sedang mencari ban yang cocok unt

thumbnail

Mengenal Apa Saja Spare Part Mobil yang Wajib Diganti Secara Rutin

2020-11-14

Setiap pemilik mobil memiliki kewajiban untuk merawat kendaraannya agar tetap prima, terutama jika Anda mengandalkannya untuk menunjang aktivitas harian.  

thumbnail

Keuntungan Memilih Mobil dengan Fitur Airbag

2020-12-04

Airbag adalah salah satu fitur penting dalam berkendara. Komponen ini merupakan fitur keselamatan pada mobil untuk melindungi pengemudi dan penumpang saat terjadi kecela

thumbnail

7 Cara Pasang Power Window Sendiri pada Mobil

2021-08-06

Kebanyakan mobil yang dirilis beberapa waktu belakangan dilengkapi dengan mekanisme power window yang cukup canggih. Komponen mobil yang satu ini membuat jendela kendara