Logo Daihatsu
EN | ID

Tips Sahabat

Bagikan
Yuk Mengenal Komponen Kopling Mobil Beserta Fungsinya
08 Januari 2021
komponen kopling mobil

Sudah tidak dapat diragukan lagi, jika kopling memegang peranan penting bagi suatu kendaraan roda empat. Termasuk ke dalam bagian chasis mobil, clutch atau kopling mengemban sebuah tugas sebagai pemisah antara putaran mesin dan transmisi. Tatkala menjalankan kerjanya, kopling dibantu dengan beberapa komponen. Penasaran apa saja komponen kopling mobil? Berikut ulasannya.

1. Pedal Kopling (Clutch Pedal)

Komponen pertama yang dimiliki kopling ini bernama pedal kopling atau clutch pedal. Terletak di dalam kabin mobil, keberadaan komponen satu ini lengkap dengan pedal gas dan pedal rem. 

Normalnya, pedal kopling berada di sebelah paling kiri dari pedal gas dan pedal rem. Pengaturannya tersebut guna memudahkan kaki kiri pengemudi untuk mengoperasikannya.

Uniknya, pedal kopling ini hanya bisa dijumpai pada kendaraan roda empat yang dibekali dengan sistem transmisi manual semata. Fungsinya sendiri yaitu untuk meneruskan tenaga tekan kaki pengemudi ke komponen kopling lainnya bernama master clutch

Kinerja yang dilakukan oleh komponen kopling mobil ini, menyebabkan perputaran dari mesin menuju transmisi terputus.

2. Master Silinder Kopling Atas

Memiliki nama lain yaitu master clutch, komponen ini terletak di bagian atas dan berdekatan dengan engine room

Master silinder kopling atas ini diembankan tugas, guna meneruskan tekanan secara perlahan dari pedal kopling ke bagian master kopling silinder bawah melalui median cairan atau fluida. Di mana tekanan hidrolik tersebut akan diteruskan kembali menuju power clutch.

Bukan sekedar itu saja, komponen kopling satu ini juga berfungsi untuk memperbesar tenaga pengemudi dikala menekan pedal kopling. Silinder dari komponen ini terhubung menuju pedal kopling melalui push rod atau batang pendorong. 

Pada bagian komponen kopling mobil bernama master silinder ini terdapat reservoir tank yang dimanfaatkan untuk penampungan.

Baca Juga: Mengenal Cara Kerja dan Keunggulan Kopling Hidrolik

3. Master Silinder Kopling Bawah

Usai membahas mengenai komponen atasnya, selanjutnya master silinder kopling bawah. Bila dilihat dari fungsi yang dimilikinya, sebetulnya tidak jauh berbeda yakni sebagai penerus tekanan dari master silinder atas. 

Kemudian tekanan tersebut akan dilanjutkan sebagai media pendorong bagi komponen lainnya, yaitu garpu pembebas atau disebut pula fork kopling.

Dikenal juga dengan sebutan power clutch, komponen ini berada di bagian bawah dekat dengan transmisi. Perlu Anda ketahui, jika power clutch merupakan komponen hidrolik kopling yang mampu mengubah tekanan hidrolik menjadi tekanan mekanis menuju bagian release fork. 

Nantinya pipa hidroliknya tersebut akan digunakan sebagai penghubung antara bagian atas dan bawah kopling.

4. Release Fork

Sesuai dengan namanya, komponen kopling mobil ini memang memiliki bentuk layaknya garpu. Release fork atau garpu pembebas memiliki fungsi sebagai pendorong release bearing supaya memberi tekanan terhadap clutch cover

Jadi saat Anda menekan pedal kopling, maka release fork atau garpu pembebas nantinya akan mendorong dengan gerakan teratur maju mundur yang bertujuan agar putaran dari mesin terputus.

Dalam sebuah kendaraan roda empat, memang terdiri dari beberapa komponen yang memiliki tugas beragam. Dimana setiap komponennya tersebut memiliki peranan penting masing masing, misalnya saja kopling. 

Jika komponen bernama kopling tiada, maka bisa saja kendaraan ini tidak bisa digunakan sebagaimana biasanya. Mengingat pentingnya itu, alangkah baiknya jika Anda selalu merawatnya.

Baca Juga: Cara Menghasilkan Setelan Kopling Mobil yang Benar

Tips Sahabat Lainnya
Di Tengah Isu Virus Corona, Daihatsu Tetap Luncurkan Ayla dan Sirion Terbaru
Di Tengah Isu Virus Corona, Daihatsu Tetap Luncurkan Ayla dan Sirion Terbaru
Tidak ada yang pernah mengira sebelumnya bahwa virus Corona ini akan berdampak pada banyak hal di dunia. Termasuk di Indonesia sendiri pada saat awal isu virus Corona di Wuhan, masyarakat Indonesia ma
Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin
Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin
Zaman terus bergulir dan perkembangan di dunia otomotif terus melaju. Beberapa dekade ke depan, perdebatan antara perbedaan mesin diesel dan mesin bensin akan dikalahkan dengan tren baru yang akan mun
Keuntungan dan Kerugian Mesin Diesel
Keuntungan dan Kerugian Mesin Diesel
Di dunia otomotif, kita mengenal dua jenis mesin. Yang pertama adalah mesin diesel dan yang kedua adalah mesin bensin. Di Indonesia sendiri kebanyakan mobil pribadi menggunakan mesin bensin. Sangat be
Air Radiator Mobil yang Bagus
Air Radiator Mobil yang Bagus
Memilih air radiator untuk mesin mobil yang bagus sangat penting untuk menjaga suhu mesin mobil agar tetap ideal. Penggunaan air radiator mobil yang tidak tepat dapat berimbas kepada mesin mobil yang

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor