Logo Daihatsu
Menu

3 Penyebab Lampu Alarm Mobil Tidak Berkedip & Solusinya

Otomotif

2023-07-10

3 Penyebab Lampu Alarm Mobil Tidak Berkedip & Solusinya

Aksesoris mobil seperti alarm keberadaannya sangat diperlukan para pemilik kendaraan. Namun permasalahan alarm seperti penyebab lampu alarm mobil tidak berkedip kerap ditemui, sehingga perlu dicari solusi mengapa hal ini terjadi.

3 Penyebab Lampu Alarm Mobil Tidak Berkedip

Berikut ini beberapa penyebab lampu alarm mobil tidak berkedip, antara lain :

Sistem Alarm Rusak

Penyebab pertama adalah terjadi kerusakan pada sistem alarm. Hal ini dapat terjadi akibat bagian module mengalami kerusakan, sehingga tidak terdapat arus yang mengalir agar dapat mengatur kerja alarm. 

Selain bagian module, sekring dan rangkaian listrik yang terputus juga bisa mengakibatkan kerusakan sistem. Pasalnya meskipun hanya satu komponen saja yang mengalami kerusakan, maka sensor untuk menyalakan lampu indikator serta suara tidak dapat berfungsi.

Sehingga ketika permasalahan ini terjadi, solusinya adalah membawa mobil ke bengkel untuk melakukan perbaikan seluruh sistem. Karena permasalahan ini hanya bisa diatasi oleh mekanik. 

Berada dalam Mode Valet

Alarm mobil rupanya dapat diubah ke dalam mode valet. Ketika alarm diubah dalam mode ini, seluruh fungsi pengamanan mobil akan berubah menjadi kondisi non aktif. 

Pasalnya mode ini digunakan ketika Anda menggunakan fasilitas valet parking di mall, hotel, atau tempat lainnya. Mode ini pada umumnya benar-benar dapat menonaktifkan seluruh fitur pengamanan pada mobil, sehingga periksa apakah alarm dalam kondisi valet atau tidak.

Sensor Pintu Tidak Berfungsi

Selain itu penyebab lampu alarm kendaraan tidak berkedip adalah karena sensor pada bagian pintu mobil tidak berfungsi. Pasalnya apabila sensor ini mati, maka bagian lampu indikator serta bunyi pun menjadi tidak menyala.

Ketika sensor mati, sensitivitas kendaraan akan meningkat sehingga dapat membuat bunyi sirine serta lampu indikator terus menyala. Namun bukan tak mungkin alarm justru tidak menyala dan mati, sehingga Anda perlu membawa kendaraan ke bengkel guna pemeriksaan lebih lanjut. 

Baca Juga : Penyebab Alarm Mobil Tidak Bunyi Saat Dikunci & Solusinya

Penyebab Alarm Mobil Menyala Terus Menerus

Selain lampu tidak berkedip, alarm juga dapat menyala terus menerus bahkan tidak dapat berhenti sehingga mengganggu kenyamanan. Mengapa hal ini terjadi? Berikut penyebabnya:

Kap Mesin Tidak Tertutup Rapat

Jika suara sirine alarm terus menerus berbunyi dan tidak dapat berhenti, coba periksa bagian kap mesin apakah masih terbuka atau tidak tertutup rapat. 

Pasalnya kap mesin yang belum tertutup rapat dapat menyebabkan suara alarm tidak berhenti dan akan terus berbunyi. Cara memperbaikinya pun mudah, buka lalu tutup kembali kap mesin. 

Setelah itu kunci bagian kap menggunakan remot kendaraan. Namun apabila kondisi kap mobil sudah tertutup rapat, bukan tak mungkin terjadi kerusakan pada sensor kap mobil. 

Pintu Belum Tertutup Rapat

Penyebab paling umum terjadi ketika suara alarm terus menerus berbunyi adalah pintu yang belum tertutup rapat. Kondisi ini dapat terjadi ketika pemilik dalam kondisi terburu-buru ketika masuk atau keluar mobil, sehingga tidak menyadari ketika pintu belum tertutup rapat.

Baterai Remote Central Lock Habis

Kerap menggunakan mobil rupanya juga dapat membuat baterai remote central lock habis, terlebih mobil modern saat ini sudah menggunakan kunci mobil otomatis. Jika baterai central lock habis, umumnya pemilik harus membuka pintu secara manual melewati lubang kunci. 

Jenis Alarm Mobil

Terdapat beberapa jenis alarm kendaraan yang mudah ditemukan di pasaran, diantaranya:

  1. Auto Lock / Unlock
  2. Remote Controlled Sensor Bypass
  3. Starter Disable Output / Automatic Disable Sensor
  4. Anti Grab Prevention / Anti Scan / Anti Code Grabbing
  5. LED System Status Indicator
  6. Dual Zone Shock Sensor / Two Stage Shock Sensor
  7. GPS Car Alarm

Ringkasnya, dapat disimpulkan bahwa penyebab lampu alarm mobil tidak berkedip mulai dari kerusakan sistem, berada dalam mode valet, hingga sensor pintu tidak berfungsi.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Dampak Buruk Merokok di Dalam Mobil bagi Interior

2021-11-10

Merokok adalah aktivitas yang biasa dilakukan oleh seorang perokok dalam kesehariannya, namun bagaimana dampaknya jika Anda merokok dalam mobil?Sebagai seorang perokok aktif, sebaiknya Anda

thumbnail

Ciri-Ciri Shockbreaker Depan Mobil Rusak dan Cara Memperbaikinya

2023-10-30

Shockbreaker merupakan komponen mobil yang berperan penting dalam meredam guncangan ketika mobil berjalan di jalanan rusak atau tidak rata. Dengan adanya komponen in

thumbnail

Mengetahui Penyebab Asap Mobil Bau Bensin dan Cara Mengatasinya

2021-03-01

Saat menggunakan kendaraan, hal yang paling mudah diidentifikasi dari mesin adalah aroma. Ya, komponen mesin yang tertutup bodi sulit terlihat secara kasat mata sehingga

thumbnail

Velg Mobil Percantik Visual Mobil

2020-12-03

Salah satu komponen dari kendaraan bermotor khususnya mobil yang dapat mempercantik tampilan adalah velg mobil. Komponen ini juga sering dan mudah dimodifikasi sesuai ke