Logo Daihatsu
EN | ID

Tips Sahabat

Bagikan
4 Jenis Sitem Penggerak pada Mobil, Apa Saja Sih?
29 September 2023
4 Jenis Sitem Penggerak pada Mobil, Apa Saja Sih?

Perkembangan sistem penggerak mobil terbilang pesat seiring perkembangan zaman. Hal tersebut dilakukan demi meningkatkan kenyamanan berkendara. Dengan begitu, pengguna mobil dapat memilih mobil dengan sistem penggerak yang sesuai dengan kebutuhan. Setiap sistem penggerak tersebut memiliki keunggulan masing-masing dalam melibas medan jalanan. Daripada penasaran, yuk ketahui jenis-jenis sistem penggerak pada mobil selengkapnya seperti berikut.

Jenis-Jenis Sistem Penggerak pada Mobil

Saat ini, sistem penggerak pada mobil terbagi atas beberapa jenis. Berikut jenis selengkapnya.

1. Sistem penggerak roda depan (FWD)

Jenis pertama, ada sistem penggerak roda depan atau yang lebih dikenal dengan sebutan FWD (Front Wheel Drive). Sesuai dengan artinya, jenis sistem penggerak ini menggunakan dua roda bagian depan mobil sebagai motor penggerak utama. Teknologi sistem FWD tersebut, akan digabungkan dengan mesin mobil yang melintang pada bagian depan mobil. Sistem penggerak ini, biasanya mudah Anda temukan pada mobil jenis sedan, city car, hatchback, SUV hingga MPV.

Sistem FWD tersebut, sudah digunakan sejak tahun 1934. Hingga saat ini, sistem FWD juga masih digunakan oleh mobil-mobil keluaran terbaru, seperti Daihatsu Sigra. Keunggulan dari sistem FWD, yakni mampu melewati jalanan yang licin dengan traksi dan daya cengkeram maksimal. Selain itu, sistem FWD juga mampu menghemat konsumsi bahan bakar karena memiliki bobot yang lebih ringan. 

2. Sistem penggerak roda belakang (RWD)

Jenis kedua, ada sistem penggerak roda belakang atau RWD (Rear Wheel Drive). Sesuai dengan namanya, sistem RWD menggunakan roda belakang mobil untuk menggerakkan mobil. Penggunaan sistem RWD pada kendaraan roda empat sendiri, sudah digunakan jauh sebelum sistem FWD ditemukan. Di zaman sekarang, penggunaan sistem EWD juga masih digunakan di beberapa mobil, seperti Daihatsu Xenia, dan Daihatsu Terios. Keunggulan sistem RWD ini, mampu melibas tanjakan tanpa mengurangi daya cengkeram. 

3. Sistem penggerak empat roda (4WD)

Jenis selanjutnya, ada sistem penggerak empat roda atau 4WD. Sistem 4WD ini memiliki mekanisme kerja yang berbeda dari sistem FWD ataupun RWD. Untuk penyaluran tenaga sendiri, sistem 4WD menyalurkan tenaga pada keempat roda mobil. Sistem 4WD memiliki beberapa mekanisme kerja seperti AWD, full time, hingga part time. Dengan begitu Anda bisa mengatur sistem penggerak sesuai kebutuhan ketika melewati jalanan yang lurus dan datar, berlumpur, atau terjal. 

4. Sistem penggerak semua roda (AWD)

Jenis terakhir, ada sistem penggerak semua roda atau dikenal dengan AWD (All Wheels Drive). Sistem AWD memiliki mekanisme kerja yang sangat kompleks karena tenaga yang disalurkan harus dibagi rata ke semua roda. Pembagian tenaga tersebut terjadi karena pada sistem AWD terdapat gardan tengah. Komponen tersebut bertugas menjaga keseimbangan gerak antar setiap roda sehingga nyaman dan aman ketika mobil melaju pesat. 

Selain itu, sistem ini akan bekerja terus menerus secara otomatis, sehingga tidak dapat di kontrol secara manual layaknya sistem 4WD. Oleh karena itu, sistem AWD hanya digunakan untuk mobil-mobil jenis sport. 

Baca Juga : Perbedaan FWD, RWD, dan AWD: Pilihlah yang Sesuai Kebutuhan

Demikian beberapa jenis sistem penggerak pada mobil yang perlu Anda ketahui. Dengan mengetahui jenis-jenis tersebut, Anda bisa membeli mobil dengan sistem penggerak yang sesuai dengan kebutuhan perjalanan Anda. 

Jika Anda berniat mencari mobil untuk keperluan off-road, Anda bisa membeli mobil dengan sistem 4WD. Untuk keperluan road trip di medan tanjakan, Anda bisa membeli mobil dengan sistem RWD. Sedangkan untuk keperluan harian di perkotaan, Anda bisa membeli mobil dengan sistem FWD. 

Tips Sahabat Lainnya
Memilih Cover Mobil Anti Air yang Bagus dan Aman
Memilih Cover Mobil Anti Air yang Bagus dan Aman
Perawatan mobil tentu harus menyeluruh dari mulai mesin hingga body luarnya. Membiarkan penampilan bodi luar mobil yang rusak akan berpengaruh juga terhadap nilai mobil tersebut seperti cat yang kusam
Tips Mengenali Gejala Busi Mobil Rusak
Tips Mengenali Gejala Busi Mobil Rusak
Busi memegang peranan penting sebagai salah satu komponen suku cadang kendaraan otomotif termasuk mobil. Busi mobil yang bermasalah dapat menyebabkan mesin mobil tidak dapat bekerja secara seimbang ak
Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin
Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin
Zaman terus bergulir dan perkembangan di dunia otomotif terus melaju. Beberapa dekade ke depan, perdebatan antara perbedaan mesin diesel dan mesin bensin akan dikalahkan dengan tren baru yang akan mun
AC Mobil Serta Cara Kerjanya
AC Mobil Serta Cara Kerjanya
AC Mobil yang menjadi solusi saat berada di cuaca di Ibu Kota yang sangat terik. Indonesia merupakan negara tropis dengan suhu udara yang cukup panas terlebih saat musim kemarau tiba. Di saat seperti

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor