Logo Daihatsu
Menu

4 Penyebab Mobil Diesel Tidak Mau Hidup dan Cara Mengatasinya

Otomotif

2023-08-02

Penyebab Mobil Diesel Tidak Mau Hidup dan Cara Mengatasinya

Ada berbagai macam faktor penyebab mobil diesel tidak mau hidup. Masing-masing memiliki cara menyelesaikan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, Anda wajib mengetahui penyebab tersebut terlebih dahulu yang akan dijelaskan pada pembahasan berikut ini.

Penyebab Mobil Diesel Tidak Mau Hidup

Berikut ini adalah beberapa penyebab yang paling sering mengakibatkan mobil diesel sulit atau tidak mau hidup.

1. Terjebaknya udara

Penyebab paling sering adalah terjebaknya udara pada saluran bahan bakar. Biasanya hal ini terjadi ketika mobil pertama kali dihidupkan di pagi hari. Meskipun bisa hidup, akan ada udara yang masih terjebak di ruang pembakaran dan menyebabkan masalah lain.

Ketika ini terjadi, bukan tidak mungkin performa mesin kendaraan menjadi menurun seperti kompresi yang berkurang. Selain itu, tarikan mobil juga terasa menjadi lebih berat sehingga bahan bakar menjadi boros, bahkan dapat menyebabkan kendaraan mogok secara tiba-tiba saat digunakan.

Baca Juga : 10 Komponen Mesin Diesel, Cara Kerja dan Fungsinya

2. Adanya indikasi masuk angin

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, hal paling sering terjadi adalah sisa udara masuk ke dalam sistem bahan bakar. Kondisi tersebut kerap disebut dengan istilah masuk angin pada kendaraan, khususnya mobil.

Alasan kenapa udara dapat masuk ke ruang bahan bakar adalah saat melakukan penggantian filter solar. Saat penggantian dilakukan, maka udara akan terkompresi saat pompa bahan bakar bekerja. Tekanan untuk bahan bakar menjadi menurun dan menjadi tidak keluar sehingga mesin sulit dihidupkan.

Ketika udara terperangkap, tekanan yang akan dihasilkan oleh mesin hanya mengeluarkan udara yang terjebak saja. Selain karena penggantian filter, kondisi bahan bakar kosong juga mampu membuat udara tersedot ke injeksi sehingga bahan bakar tidak dapat keluar.

3. Turbocharger bermasalah

Ketika udara atau under boost mulai menurun akibat tertutupnya turbo vane, hal tersebut memang bisa menimbulkan beberapa masalah. Salah satu masalah tersebut adalah menjadikan tekanan udara tidak stabil. Kondisi ini kerap dialami mobil diesel dengan teknologi turbo atau SUV.

4. Kompresi cenderung rendah

Perlu diketahui bahwa dalam mobil diesel, proses pembakaran merupakan sesuatu yang paling penting. Apabila pembakaran yang terjadi tidak sempurna seperti disebabkan menurunnya tekanan kompresi, hal tersebut akan menyebabkan mobil sulit hidup.

Cara Mengatasi Mobil Diesel Tidak Mau Hidup

Setelah memahami beberapa penyebab di atas, kini Anda bisa mempelajari bagaimana cara mengatasinya. 

1. Melakukan bleeding udara

Cara ini perlu dilakukan apabila permasalahan terjadi karena udara yang terjebak, yakni dengan melakukan bleeding. Pada proses ini, Anda akan membuang udara dari saluran bahan bakar secara manual dengan cara pemompaan.

Saat dipompa, nantinya udara akan bergerak ke bagian injektor. Setelah itu, ketika mesin dihidupkan, udara akan keluar saat injektor terbuka. Proses ini bisa dilakukan secara mandiri, namun Anda perlu mencari terlebih dahulu di mana letak filter solar.

2. Mengecek kondisi aki

Selanjutnya, Anda bisa mencoba untuk memeriksa kondisi aki ketika mobil diesel dirasa susah dihidupkan. Apabila aki masih dalam kondisi bagus namun voltase berkurang, Anda perlu mengisi ulang baterai hingga voltase mencapai 12 volt.

Sementara itu, ketika permukaan aki terlihat menggelembung, hal tersebut biasanya menandakan daya tampung mulai berkurang. Hal tersebut dapat mempengaruhi kinerja dan menyebabkan mobil sulit dihidupkan.

Baca Juga : Keuntungan dan Kerugian Mesin Diesel

Setelah mengetahui penyebab mobil diesel tidak mau hidup serta solusinya, kini Anda bisa lebih tenang ketika mengalami permasalahan tersebut. Namun, jika dirasa kondisinya cukup parah, silakan segera bawa ke bengkel resmi Daihatsu terdekat sebelum menjadi lebih parah.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Berapa Standar Tekanan Freon AC Mobil? Ini Cara Ceknya

2022-11-22

Mengemudikan mobil akan terasa nyaman, bila suhu dalam kabin terasa dingin dan sejuk. Agar kenyamanan tersebut tetap terjaga, Anda wajib memperhatikan kondisi

thumbnail

7 Rekomendasi Pembersih Interior Mobil Terbaik dan Ampuh

2022-08-04

Bingung mencari pembersih interior mobil yang ampuh dan terbaik? Anda tidak perlu bingung, kami ada 7 rekomendasi yang bisa dipilih untuk membersihkan bagian interior mobil.

thumbnail

Cara Cek Pajak Kendaraan Kaltim Secara Online, Mudah!

2024-01-31

Warga Kalimantan Timur sudah seharusnya mengetahui bagaimana cara cek pajak kendaraan Kaltim secara online. Sebab cara tersebut dapat membuat waktu Anda lebih efisie

thumbnail

Penyebab dan Cara Menghilangkan Bau AC pada Mobil, Yuk Simak!

2023-10-03

AC mobil bisa dibilang salah satu komponen yang berperan penting dalam menambah kenyamanan berkendara. Dengan adanya AC, suhu panas dalam kabin hingga rasa gerah dap